Naik Pesawat Saat Hamil Muda, Cherly Juno Usahakan Tak Banyak Riset

Bagi Cherly Juno, banyak riset di internet cenderung membuat parno sendiri

9 Agustus 2019

Naik Pesawat Saat Hamil Muda, Cherly Juno Usahakan Tak Banyak Riset
Popmama.com/Michael Andrew

Cherly Yuliana Anggraini atau yang sering disapa Cherly Cherrybelle kini sudah memiliki satu orang anak bernama Ryu Alexander Panjaitan.

Tepat di tanggal 15 Agustus mendatang, Ryu akan resmi berusia satu tahun mengisi keceriaan Cherly bersama sang Suami. 

Saat hamil Ryu, Cherly memiliki cerita yang unik apalagi dirinya sempat terbang menggunakan pesawat ke Amerika saat usia kehamilannya 2 bulan.

Bahkan cerita traveling saat hamil muda ini sempat diabadikan oleh Cherly melalui sebuah video berjudul "Hamil 2 bulan pergi ke Amerika? Makan Muluk" yang diunggahnya di YouTube Channel keluarganya. 

Untuk Mama yang penasaran mengenai cerita kehamilan pertama dari Cherly Juni sekaligus perjalanannya ke Amerika saat hamil muda, kali ini Popmama.com telah mewawancarai Cherly Juno secara eksklusif disela-sela pemotretan Millennial Mama of the Month edisi Agustus 2019.

Penasaran cerita dari keseruan dari Cherly? Disimak yuk, Ma!

1. Cherly Juno punya cara tersendiri mengatasi cemas naik pesawat saat hamil muda

1. Cherly Juno pu cara tersendiri mengatasi cemas naik pesawat saat hamil muda
Popmama.com/Michael Andrew

Jika Mama perhatikan di media sosial pribadinya, Cherly termasuk orang yang senang sekali melakukan traveling ke tempat-tempat baru. Bahkan ketika sedang hamil pun, Cherly pun memberanikan diri untuk naik pesawat saat menjalani kehamilan pertamanya di trimester awal. 

"Sebenarnya saat naik pesawat sewaktu lagi hamil, saya banyak berdoa dan terus berpikiran positif kalau tidak akan terjadi apa-apa selama perjalanan," kata Cherly 

Untuk mengurangi rasa cemas ketika traveling menggunakan transportasi udara, Cherly pun berusaha tidak meriset sama sekali mengenai informasi tentang bahaya ibu hamil saat naik pesawat. 

"Saya pribadi tidak terlalu banyak riset mengenai bahaya ibu hamil naik pesawat di internet. Semakin banyak membaca yang seperti itu justru membuat saya jadi parno. Apalagi saat menemukan beberapa tulisan dari blog orang di internet belum bisa sepenuhnya dipercaya. Pengalaman hamil setiap orang ketika naik pesawat itu berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamaratakan. Banyak yang mengira kalau tulisan di blog itu sebagai sebuah titik pencerahan saat mencari sebuah jawaban padahal itu hanya pengalaman orang lain saja. Ada baiknya jangan semuanya dibaca dan dipercaya karena masing-masing ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda," jelasnya. 

Kalau Mama sendiri biasanya sering riset dulu mengenai bahaya ibu hamil naik pesawat nggak nih? 

2. Konsultasi dengan dokter sebelum traveling menjadi prioritas Cherly Juno

2. Konsultasi dokter sebelum traveling menjadi prioritas Cherly Juno
Popmama.com/Michael Andrew

Keinginan untuk berlibur bisa saja dimiliki oleh semua orang, termasuk ibu hamil. Kepergian Cherly bersama suaminya ke Amerika juga telah direncanakan sebelum ia mengetahui tengah mengandung anak pertama. 

Ketika berencana traveling menggunakan pesawat, Cherly bersama suami pun memutuskan untuk tetap mengutamakan konsultasi dengan dokter. 

"Perlu diingat juga untuk selalu konsultasikan kesehatan selama masa kehamilan ke dokter. Kalau misalnya dokter sudah melarang untuk pergi, sebaiknya diikuti saja karena ini menyangkut kesehatan," ucap Cherly saat diwawancarai secara eksklusif. 

Selain menggunakan obat penguat kandungan seperti duphaston yang direkomendasikan dokter, Cherly pun semakin memperbanyak asupan air putih. 

"Air putih selama hamil itu penting sekali agar tidak dehidrasi. Apalagi saat hamil udah nggak sendiri lagi dan ada orang lain di dalam tubuh kita. Air putih yang dikonsumsi selama hamil membantu air ketuban menjadi lebih bersih juga, sehingga sangat berguna sekali," ucap Cherly. 

Jika Mama perhatikan salah satu video di YouTube Channel pribadinya bernama Bacin Family, Cherly memperlihatkan suasana yang bahagia dan ceria selama menjalani traveling di kehamilan pertamanya. 

Editors' Picks

3. Peran suami saat traveling membuat Cherly merasa tersanjung

3. Peran suami saat traveling membuat Cherly merasa tersanjung
Popmama.com/Michael Andrew

Influencer mom ini juga sempat menceritakan kepada Popmama.com kalau peran suami ketika traveling selama masa-masa kehamilan membuatnya semakin merasa tersanjung.

"Saya sering diingatkan untuk meminum vitamin dan obat penguat kandungan agar nggak telat. Suami pun menjadi pengarah jalan selama traveling kemarin, jadi saya tinggal ikut dari belakang," ucap Cherly. 

Cherly pun memberikan pesan untuk ibu hamil yang berniat untuk melakukan traveling disela-sela sedang menjalani masa-masa kehamilannya. Ini bertujuan agar kandungannya bisa terus sehat serta perkembangan si Kecil semakin optimal. 

"Kehamilan awal itu sangat riskan, jadi ibu hamil tidak boleh membawa tas yang berat apalagi koper sendiri. Usahakan juga untuk tidak pergi sendiri ketika traveling apalagi saat ke luar negeri, jadi harus didampingi bersama keluarga atau suami," kata Cherly sebagai pesan saat ingin melakukan traveling saat hamil muda. 

Pesan dari Cherly ini bisa menjadi panduan tersendiri untuk ibu hamil sebelum traveling nih, Ma.

3. Cherly Juno tetap mendengarkan sinyal-sinyal tubuhnya saat sudah lelah selama hamil 

3. Cherly Juno tetap mendengarkan sinyal-sinyal tubuh saat sudah lelah selama hamil 
Popmama.com/Michael Andrew

Mungkin banyak yang bertanya mengenai waktu terbaik untuk melakukan traveling saat masa kehamilan.

Menurut sebuah penelitian dari asosiasi profesional dokter yang berspesialisasi dalam kebidanan dan ginekologi di Amerika Serikat mengatakan bahwa waktu yang paling aman untuk melakukan traveling saat hamil dapat dilakukan pada trimester kedua dari 14 hingga 28 minggu. 

Hal ini pun sempat disarankan oleh Cherly untuk semua ibu-ibu hamil yang sedang berencana melakukan sebuah perjalanan saat sedang hamil. 

"Kalau bisa terbang menggunakan pesawat itu saat di trimester kedua. Saya walau tenang-tenang saja selama perjalanan, tetapi tetap yang namanya trimester pertama pasti mengalami mual-mual. Pada akhirnya ini akan membuat perjalanan menjadi kurang menyenangkan," kata Cherly sebagai nasihat untuk para ibu hamil lain. 

Melalui ceritanya kepada Popmama.com secara eksklusif, Cherly mengatakan kalau dirinya tidak mengalami mual selama terbang menggunakan pesawat saat hamil muda. Cherly justru mulai mengalami mual saat sedang berjalan-jalan mengunjungi destinasi tertentu di Amerika. 

"Aku waktu itu diajak jalan sedikit langsung mual. Mungkin karena saat di pesawat menghabiskan waktu dengan tidur," ucap mantan personel Cherrybelle ini. 

Selain menerapkan berbagai saran dari dokter, Cherly pun tetap mendengarkan sinyal-sinyal dari tubuhnya sendiri selama traveling saat hamil.

"Saya tidak membatasi diri ketika sedang traveling selama hamil, tetapi tubuh kita justru yang akan membatasi diri tanpa disadari. Saat sudah mual-mual secara tidak langsung tubuh menjadi kurang enak, sehingga perlu memutuskan untuk beristirahat. Saya seharusnya 14 hari di Amrik, tetapi 7 hari justru hanya ada di dalam kamar hotel saja karena terus mual," ungkapnya. 

Saat traveling ke Amerika, Cherly merasa mual-mualnya meningkat karena makanan di sana kurang cocok dan mulai sensitif dengan berbagai aroma. 

"Biasanya itu pergi hanya ke Asia. Jadi waktu ke negara orang terus makanan nggak cocok karena lidahnya Indonesia banget, sehingga ini yang memicu rasa mual. Apalagi ketika di sana penciuman semakin tajam dan mulai sensitif dengan berbagai aroma yang bisa memicu rasa mual," tutupnya. 

Menurut Cheryl, ketika tubuh sudah mulai terasa kurang sehat ketika traveling sewaktu sedang hamil sebaiknya tidak terlalu memaksakan diri sendiri. Cara seperti ini tentu sangat ampuh sebagai salah satu siasat agar kesehatan bayi dan sang Mama selama liburan terus tetap terjaga.  

Nah, itulah beberapa cerita menarik dari Cherly Juno saat terbang naik pesawat serta traveling ke Amerika di awal-awal kehamilan. Semoga cerita dari Mama satu anak ini bisa memberikan inspirasi tersendiri ya, Ma!

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month Edisi Agustus 2019 – Cherly Juno

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Onic Metheany, Sarrah Ulfah
Asst. Stylist - Jemima Karyssa Rompies
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Ursula Natasha
Art Designer – Rama Rafael
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
Cherly's Wardrobe - COTTONINK
Ryu's Wardrobe - Mothercare
Toys - Early Learning Centre (ELC)
Location - Playparq Bintaro

#MillennialMama of the Month

Cherly Juno
Millennial Mama

Cherly Juno

"Menyusui jadi cara cara terbaik mengasihi anak"

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;