6 Rekomendasi Merek Vitamin untuk Ibu Hamil Muda Beserta Harganya

Demi meningkatkan kesehatan dan perkembangan janin, beberapa suplemen vitamin dibutuhkan ibu hamil

16 September 2019

6 Rekomendasi Merek Vitamin Ibu Hamil Muda Beserta Harganya
healthharvard.edu

Saat trimester pertama kehamilan, ibu hamil perlu menjaga segala asupan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi selama 9 bulan masa kehamilan.

Meningkatkan pola makanan sehat dan mengurangi makanan instan pun perlu diperlu mendapat perhatian lebih agar kondisi perkembangan janin tetap optimal. 

Tak hanya itu, komponen nutrisi yang diperlukan selama masa-masa kehamilan pun bisa didapat dari berbagai jenis suplemen vitamin. Konsumsi vitamin sangat penting dan bisa menjadi pendukung sebagai penambah nutrisi di luar asupan makanan sehari-hari. 

Jika Mama sedang masuk awal-awal kehamilan, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa suplemen vitamin yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester pertama.

1. Blackmores Pregnancy 

1. Blackmores Pregnancy 
Tokopedia.com/moermer

Ibu hamil bisa mudah mengalami pendarahan selama masa-masa kehamilan apalagi bila kondisi tubuhnya kelelahan. Sebelum kondisi tubuh yang mudah lelah dan sakit menganggu kesehatan serta janin di dalam kandungan, maka sebaiknya asupan makanan bisa dibantu dengan suplemen vitamin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

Blackmores Pregnancy sebagai suplemen vitamin mengandung kandungan B6 dan asam folat yang bisa membantu kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Perlu Mama ketahui bahwa suplemen yang satu ini sangat penting untuk mengoptimalkan kecerdasan janin walau masih di dalam perut. 

Blackmores Pregnancy yang mengandung banyak kandungan nutrisi untuk ibu hamil dapat dibeli dengan harga Rp 155.000 - Rp 165.000. 

2. Elkana 

2. Elkana 
goapotik.com/Apotek Melia

Saat menjalani fase-fase kehamilan di trimester pertama, tak jarang ibu hamil seringkali memilih asupan makanan yang ingin dikonsumsinya. Padahal segala asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat membantu perkembangan janin lebih optimal. 

Untuk memenuhi asupan ibu hamil tertinggal, ada baiknya mengonsumsi suplemen tambahan. Elkana bisa menjadi salah satu alternatif karena memiliki kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D3 dan mineral. 

Elkana tidak hanya menjadi suplemen penambah nafsu makan, namun vitamin ini juga membantu pertumbuhan otot dan tulang janin walau masih berada di dalam kandungan. 

Jika ada reaksi setelah beberapa saat setelah mengonsumsi Elkana seperti sakit lambung, mual atau muntah hebat, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter. 

Sebagai suplemen ibu hamil, Elkana bisa dikonsumsi sehabis makan agar perut tidak mengalami iritasi. Hindari juga makanan yang pedas, asam dan berlemak selama mengonsumsi suplemen ini agar tidak memicu reaksi buruk dan menganggu kesehatan janin di dalam kandungan. 

Elkana bisa ditemukan di beberapa tempat dengan harga sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000. 

3. Natavit

3. Natavit
bukalapak.com

Suplemen vitamin lain yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester awal yaitu Natavit. Suplemen berbentuk tablet ini mengandung asam folat, vitamin B kompleks hingga DHA mampu menjaga kesehatan janin dan kecerdasan otak. 

Natavit yang mampu membantu proses pembentukan sel-sel tubuh ini juga bisa mencegah terjadinya cacat pada bayi. Natavit yang mengandung banyak kandungan nutrisi untuk ibu hamil dapat dibeli dengan harga Rp 90.000 - Rp 120.000. 

Baca juga: 

Editors' Picks

4. Osfit DHA 

4. Osfit DHA 
kalbestore.com

Osfit DHA termasuk salah satu suplemen vitamin yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil di awal-awal kehamilan. Perlu Mama ketahui bahwa suplemen Osfit DHA mengandung vitamin D3, kalsium dan minyak ikan tuna. 

Osfit DHA dipercaya memiliki banyak manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Kandungan DHA dan EPA dalam suplemen vitamin ini pun dapat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak bayi di dalam perut. 

Suplemen vitamin Osfit DHA yang mampu menunjang perkembangan bayi ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dengan saran dari dokter. Usahakan untuk tetap berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya ya, Ma. 

Osfit DHA berisi 30 kapsul bisa dibeli di toko-toko terpercaya dengan harga Rp 140.000 - Rp 150.000. 

5. Prolacta DHA for mother

5. Prolacta DHA for mother
halodoc.com

Prolacta DHA for mother termasuk salah satu suplemen vitamin yang sering sekali dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki beragam manfaat positif. Di dalamnya Prolacta DHA for mother terdapat kandungan DHA, EPA, kalsium dan vitamin E yang berguna selama masa-masa kehamilan. 

Selain mampu menambah energi yang dapat disalurkan ke seluruh bagian tubuh, perlu Mama ketahui bahwa DHA di dalam suplemen ini mampu membantu perkembangan otak janin menjadi lebih sehat dan optimal. Di sisi lain, DHA pun dapat bermanfaat untuk kinerja sistem saraf pusat dan mata. 

Sebelum dikonsumsi di trimester pertama, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan. Ini semua demi kesehatan janin di dalam kandungan agar keadaannya bisa terus terjaga serta mengetahui dosisn yang sesuai. 

Prolacta DHA for mother bisa dibeli dengan harga Rp 60.000 - Rp 65.000. 

6. Promavit

6. Promavit
Blibli.com/ALBIER MUKHTAR

Di trimester pertama kehamilan, ibu hamil seringkali mengalami keluhan kurang darah atau anemia. Kondisi ini perlu diperhatikan secara bijak karena jika dibiarkan, maka dapat mengalami berbagai komplikasi buruk terhadap kehamilan hingga mengalami keguguran. 

Promavit bisa menjadi salah satu asupan suplemen vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena memiliki kandungan seperti DHA, EPA, asam folat, omega 3, mineral. Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam Promavit, maka dapat meningkatkan tumbuh dan kembang janin. 

Tak hanya itu, Promavit yang memiliki kandungan nutrisi lengkap dapat memberikan manfaat lain seperti: 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh 
  • Mencegah anemia selama masa-masa kehamilan
  • Meningkatkan perkembangan otak dan kecerdasan janin
  • Mencegah sakit gigi dan tulang keropos pada ibu hamil 

Promavit dapat Mama beli dengan harga sekitar Rp 35.000 - Rp 45.000. 

Nah, itulah beberapa merek suplemen vitamin ibu hamil yang bisa direkomendasikan untuk trimester pertama kehamilan. Demi keamanan serta mengutamakan kesehatan, ada baiknya berbagai suplemen di atas bisa dikonsumsi atas saran dokter. 

Berusahalah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan karena kebutuhan masing-masing ibu hamil berbeda.  

Semoga beberapa rekomendasi kali ini bisa bermanfaat ya, Ma! 

Baca juga: Agar Tidak Lemas Saat Hamil, Konsumsi 7 Suplemen Ini!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!