Ternyata, Ini Penyebab Mulut Pahit saat Hamil!

Ada berbagai macam penyebab mulut pahit saat hamil yang harus Mama ketahui

11 Oktober 2018

Ternyata, Ini Penyebab Mulut Pahit saat Hamil
foodandnutrition.org

Saat hamil, Mama memang akan merasakan berbagai macam perubahan dalam tubuh yang terkadang menyebabkan ketidaknyamanan. Mulut terasa pahit menjadi salah satu keluhan yang dialami ibu hamil, terutama pada awal kehamilan.

Mama yang mengalami hal ini sebenarnya tidak perlu khawatir berlebih karena umumnya mulut pahit saat hamil disebabkan karena adanya perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.

Namun, tak hanya perubahan hormon saja yang menjadi penyebabnya. Ada hal lain juga yang bisa menyebabkan mulut pahit saat hamil. Ingin tahu apa saja? Berikut diantaranya:

1. Kepekaan indera penciuman dan perasa

1. Kepekaan indera penciuman perasa
checkpregnancy.com

Ini memang ada kaitannya dengan perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan Ma. Ya,  perubahan hormon kehamilan juga membuat indera penciuman Mama menjadi lebih peka. Penciuman ibu hamil yang semakin sensitif juga akan berdampak pada indera perasa.

Tak heran, saat Mama mencium maknaan tertentu dengan aroma yang tidak menyenangkan, maka mulut terasa pahit bisa saja Mama alami.

2. Pengaruh morning sickness

2. Pengaruh morning sickness
clevelandclinic.org

Penyebab mulut pahit saat hamil berikutnya dikaitkan dengan morning sickness yang Mama alami selama kehamilan, terutama pada awal kehamilan.

Kaitan antara mulut terasa pahit saat hamil dengan morning sickness memang belum bisa diketahui dengan pasti.

Namun diduga, hal ini masih terkait perubahan hormon kehamilan yang Mama alami sehingga membuat adanya gangguan pengecapan pada lidah.

Selain hal itu ada pula yang mengaitkannya dengan rasa yang Mama alami. Hal tersebut kabarnya memicu mulut menjadi terasa pahit karena Mama sering memuntahkan makanan yang telah dicerna dilambung. Apalagi jika kondosi perut Mama dalam keadaan kosong.

Editors' Picks

3. Menderita penyakit diabetes

3. Menderita penyakit diabetes
Freepik

Penyakit diabetes juga dikaitkan sebagai penyebab mulut pahit saat hamil. Jika disebabkan karena diabetes, tak hanya terasa pahit saja, mulut juga akan terasa kering. 

Sebaiknya, Mama dapat melakukan pengecekkan rutin diabetes sebelum hamil ya, Ma.

4. Gigi bermasalah

4. Gigi bermasalah
Freepik/Senivpetro

Mama yang malas menggosok gigi rentan untuk mengalami mulut pahit saat hamil. Hal ini karena bakteri akan menumpuk di mulut dan masalah gigi seperti radang gusi dan infeksi gigi rentan untuk terjadi. Hal inilah yang mungkin  memicu mulut pahit saat hamil Mama rasakan.

5. Pengaruh asupan vitamin dan mineral

5. Pengaruh asupan vitamin mineral
Freepik/Onlyyouqj

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil, konsumsi suplemen vitamin dan mineral memang biasanya akan disarankan Ma.

Suplemen asam folat dan zat besi menjadi suplemen  biasanya disarankan untuk dikonsumsi guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Namun tahukah Mama, konsumsi suplemen hamil terutama yangmengandung zat besi rupanya juga dapat menyebabkan mulut menjadi terasa pahit.

Nah, itu dia Ma penyebab mulut pahit saat hamil yang bisa saja terjadi. Jadi, jika Mama mengalami mulut pahit saat hamil ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter terkait keluhan yang Mama rasakan terutama jika mulut pahit yang Mama rasakan benar-benar menyebabkan ketidaknyamanan.

Baca juga: Kenali Gejala Dysgeusia Saat Trimester Pertama

Topic: