7 Rekomendasi Merek Essential Oil untuk Ibu Hamil beserta Harganya

Cocok digunakan untuk Mama yang tidak ingin mengonsumsi obat selama kehamilan nih, Ma

19 Februari 2021

7 Rekomendasi Merek Essential Oil Ibu Hamil beserta Harganya
Pexels/Crystal Ann

Ibu hamil kerap merasakan mual, pusing, ataupun masalah lainnya. Mengonsumsi obat bisa mengatasi masalah tersebut, namun ibu hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat.

Essential oil adalah jawabannya. Dengan menghirup atau mengoleskan minyak tersebut maka beberapa masalah kesehatan ringan dapat teratasi. Essential oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak tanaman tertentu, seperti akar, daun, bunga, maupun batang.

Essential oil memiliki banyak manfaat lainnya dan bisa digunakan siapa saja termasuk ibu hamil. Setiap jenisnya mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Jadi, Mama bisa menggunakan essential oil sesuai kebutuhan.

Berikut Popmama.com telah merekomendasikan merek essential oil untuk ibu hamil yang bisa Mama gunakan untuk meredakan masalah ringan selama masa kehamilan.


     

1. Bathaholic

1. Bathaholic
Shopee.co.id

Jika Mama mendapatkan masalah bengkak pada saat kehamilan, maka Mama bisa mengatasinya dengan mengoleskan essential oil Bathaholic ke bagian tubuh yang bengkak. Cara lain yang bisa Mama lakukan adalah dengan merendam kaki yang bengkak dengan tetesan minyak Bathaholic.

Mama perlu menyiapkan air hangat pada ember dan menuangkan beberapa tetes minyak. Atau jika Mama hanya ingin menghirup aroma essential oil ini, Mama bisa menggunakan diffuser. Bathaholic dapat dibeli dengan harga Rp150.000 per 15 ml di e-commerce.

    2. Essenzo

    2. Essenzo
    bukalapak.com

    Essential Essenzo mampu mengatasi mual yang kerap dialami oleh ibu hamil. Jadi, Mama tak perlu khawatir akan muntah ketika ingin makan. Sehingga, kebutuhan janin dapat terpenuhi lewat makanan.

    Jika Mama mempunyai diffuser, Mama bisa menggunakan alat tersebut. Caranya dengan menyiapkan satu gelas air matang dan tuang 3-5 tetes essential oil essenzo ke dalam air.

    Jika tidak memiliki diffuser, Mama bisa menyiapkan air hangat dalam gelas dan tuangkan 3-5 tetes minyak. Uap air pun bisa Mama hirup untuk meredakan mual. Mama bisa mendapatkan essential oil ini dengan harga Rp 340.000 berisi 10ml di e-commerce manapun.

      Editors' Picks

      3. Eucalie

      3. Eucalie
      Shopee.co.id

      Perubahan hormon pada ibu hamil bisa memengaruhi tumbuhnya jerawat. Selama masa kehamilan pun, Mama harus menggunakan skincare atau obat jerawat yang aman untuk ibu hamil. Essential oil, dapat mengatasi masalah ini sekaligus aman digunakan.

      Pilihlah jenis essential oil tea tree untuk mengatasi jerawat. Namun, sebelum menggunakannya campurkan dengan minyak zaitun terlebih dahulu. Oleskan pada jerawat dengan tangan yang sudah bersih. Mama bisa mendapatkan minyak ini dengan harga Rp180.000 berisi 10 ml di e-commerce.

        4. Nusaroma

        4. Nusaroma
        Shopee.co.id

        Perubahan hormon pada ibu hamil berpengaruh pada suasana hatinya. Jadi, ibu hamil kerap kali merasakan emosi yang naik turun. Untuk Mama yang tidak ingin merasakan hal tersebut bisa menggunakan essential oil dari Nusaroma jenis lemongrass oil.

        Aroma yang dikeluarkan essential oil ini mampu meredakan emosi dengan cara mengirim sinyal ke otak untuk menjadi lebih tenang. Mama bisa menggunakannya dengan diffuser sembari bersantai. Essensial oil ini bisa didapatkan dengan harga Rp60.000 berisi 10 ml.

          5. Organic Supply Co

          5. Organic Supply Co
          Shopee.co.id

          Merek essential oil kali ini berbentuk roll on atau oles. Mungkin merepotkan menggunakan essential oil dengan diffuser. Jadi, essential oil ini dapat mempermudah dengan cukup mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa tidak nyaman.

          Salah satu jenis essential oil dari Organic Supply Co, yaitu lavender yang bisa memberikan manfaat untuk melancarkan persalinan dan menambah kekuatan rahim saat melahirkan. Mama bisa mendapatkan minyak essensial ini di e-commerce dengan harga Rp110.000 berisi 10 ml.

          6. Sensatia Botanicals

          6. Sensatia Botanicals
          Shopee.co.id

          Salah satu jenis essential oil dari Sensatia Botanicals mengandung banyak bahan, yaitu rosemary, bitter orange, dan lemon. Ketiga bahan ini bisa memberikan manfaat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat selama masa kehamilan.

          Jadi, cocok untuk Mama yang ingin masa kehamilannya berjalan lancar. Bahkan Mama yang menjadi lebih malas dan loyo bisa membangkitkan semangat dengan menggunakan essential oil ini. Produk ini bisa didapatkan dengan harga Rp100.000 berisi 10ml di toko ataupun e-commerce.

            7. Young Living

            7. Young Living
            Shopee.co.id

            Merek ini memang sudah terkenal dengan produk essentialnya. Young Living memiliki banyak jenis yang berbeda manfaatnya. Salah satunya jenis papermint yang cocok untuk merilekskan badan.

            Mama bisa menggunakannya dengan diffuser atau air hangat dalam gelas. Namun, jika ingin merilekskan tubuh, Mama bisa melakukan spa di rumah.

            Caranya tuangkan beberapa tetes minyak ke dalam air hangat di dalam bathtub atau bak mandi. Aroma mentol yang dihasilkan dapat menenangkan saraf-saraf yang tegang. Badan pun jadi nyaman dan bisa beristirahat dengan nyenyak.

            Mama bisa mendapatkan paket young living dengan harga Rp2.000.000 sudah mendapatkan 12 jenis minyak, diffuser, dan bonus lainnya. Jika Mama ingin membeli satu minyak bisa dibeli dengan harga Rp335.000 berisi 15 ml di E-Commerce. Namun pastikan Mama berkonsultasi terlebih dahulu untuk hanya memilih aroma essential oil yang aman untuk ibu hamil. Sebab, ada beberapa aroma essential oil dari merek ini yang memang tidak disarankan untuk ibu hamil.

            Itulah beberapa merek essential oil untuk ibu hamil yang bisa meredakan masalah saat masa kehamilan. Semoga informasi ini dapat membantu Mama memilih essential oil yang cocok dan memberikan kenyamanan. Namun, sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan terkait penggunaan essential oil ya, Ma.

            Baca juga:

            Tanya Ahli

            Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

            Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.