TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Cepat Hamil dalam Kaidah Islam, Rutin Baca Istighfar Ma!

Menahan emosi dan perbanyak istighfar bisa jadi kuncinya

19 September 2021

Tips Cepat Hamil dalam Kaidah Islam, Rutin Baca Istighfar Ma
Pexels/Monstera

Sudah menikah bertahun-tahun, namun Mama dan Papa belum kunjung dikaruniai seorang anak. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan program agar cepat hamil.

Program hamil tidak hanya berlaku yang sudah menikah bertahun-tahun tetapi belum mendapatkan keturunan, tetapi juga bisa untuk Mama yang baru saja menikah dan ingin langsung memiliki anak. 

Status kondisi orangtua sebenarnya juga mempengaruhi bagaimana proses agar cepat hamil. Mulai dari kondisi kesehatan, bagaimana pola makannya apakah sudah makan dengan makanan yang bergizi, memenuhi asupan vitamin, berolahraga dan istirahat yang teratur. 

Menurut dokter Zaidul Akbar, program hamil dapat dilakukan dengan mengikuti panduan agama yang ada di Al Quran, kemudian ia juga menambahkan bagaimana program hamil sesuai kaidah Islam. 

Untuk lebih detailnya, berikut Popmama.com telah merangkum informasinya. Di simak yuk, Ma!

Program Hamil dalam Surah di Al Quran

Program Hamil dalam Surah Al Quran
Unsplash/Syed Aoun Abbas

Dalam akun YouTube dr. Zaidul Akbar Official yang berjudul "Promil : Antara BIBIT dan LADANG" telah menjelaskan mengenai program hamil yang sesuai kaidah Islam.

Dokter Zaidul Akbar kemudian memberi tahu surah yang menjelaskan tentang program agar cepat hamil, yaitu dalam surah Al-Baqarah ayat 223 yang menyebutkan, "Allah katakan bahwa istrimu adalah ladang bagimu, tempat bercocok tanam yang bisa didatangi kapan saja," 

Selanjutnya, di dalam surah Al-Muminun, "dan kami ciptakan manusia dari tanah"

Sehingga ada dua kata yang diumpamakan yaitu ladang dan tanah, dokter Zaidul Akbar mengatakan, "manusia itu konsistensinya tanah dan istri adalah ladang untuk bercocok tanam suaminya. Dua konsep atau pesan ini dirangkum dengan bagaimana program hamil sesuai kaidah Islam yang diajarkan Allah SWT dan disunahkan oleh Nabi, dan itu ternyata simpel sekali," 

Lantai, bagaimana caranya untuk melakukan program hamil sesuai kaidah Islam menurut dokter Zaidul Akbar?

Editors' Picks

1. Tidak mudah marah dan mengeluarkan kata kasar 

1. Tidak mudah marah mengeluarkan kata kasar 
Unsplash/engin akyurt

Sebelumnya, dokter Zaidul Akbar sudah menjelaskan bahwa ada dua perumpamaan suami dan istri dalam Al Quran yaitu ladang dan tanah.

Kemudian ia menambahkan, "di dalam tanah, akan ada bibit yang akan ditanam, bibit yang akan ditanam di tanah ini tidak akan bisa ditanam di dalam suatu ladang atau lahan jika lahannya nggak siap," 

Selain itu, Dokter Zaidul melanjutkan kalau bibitnya tidak bagus maka juga tidak bisa ditanam, baik itu bibitnya maupun itu ladangnya dan yang menanamnya, "katakanlah yang menanam itu si pemilik ladangnya orangnya marah-marah terus dan yang nanam bibit ini juga ngomel-ngomel terus, nggak bakal tumbuh itu tanaman." 

2. Rutin membaca istighfar

2. Rutin membaca istighfar
Unsplash/Lexi T

Ma, perlu diketahui setiap kali membaca istighfar itu banyak sekali manfaatnya. Jika dalam situasi yang disulitkan, kemudian membaca istigfar, Mama akan terasa dibawa keluar oleh kecemasan dan kemudian ditempatkan dalam situasi yang damai dan diberikan kebahagiaan. 

Seperti halnya yang disampaikan oleh dokter Zaidul Akbar, jika terus-terusan marah maka "tidak akan tumbuh tanaman itu," dengan membaca istighfar adalah jalan untuk meredamkan emosi atau meredam perasaan-perasaan yang tidak baik dalam tubuh seseorang. 

Nah, Mama jangan lupa rutin untuk membaca istighfar ya, ini bisa salah satu cara untuk melakukan program hamil sesuai kaidah islam. 

3. Memohon ampunan untuk menenangkan pikiran

3. Memohon ampunan menenangkan pikiran
Unsplash/Jeremy Yap

Selain untuk meredamkan emosi, dengan membaca istighfar juga bisa memohon ampunan untuk mendapatkan pikiran yang lebih tenang lagi.

Hal ini dijelaskan pada surah Al-Muzzammil ayat 20 yang menyebutkan, "..dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." 
 

4. Stres jadi salah satu penyebab sulit hamil

4. Stres jadi salah satu penyebab sulit hamil
Unsplash/Thought Catalog

Menurut pandangan Islam, salah satu penyebab sulitnya hamil adalah stres. Maka dari itu, untuk calon Mama khususnya sebisa mungkin untuk menghindari terjadinya stres. 

Tony Weschler selaku pendiri Fertility Awareness Counseling and Training Seminars (FACTS), mengatakan bahwa stres bisa mempengaruhi fungsi hipotalamus, bagian di otak yang berfungsi mengatur emosi, tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh dan perilaku konsumsi.

Bagian otak ini juga mengatur hormon yang memerintahkan ovarium untuk melepaskan sel telur. Salah satu cara untuk menghindari stres yaitu dengan melakukan hal-hal yang positif dan hidup bahagia. 

Itulah dia Ma, bagaimana untuk melakukan program hamil sesuai kaidah Islam. Tentunya juga harus banyak berdoa untuk calon Mama dan calon Papa. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk