Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips agar Cepat Hamil dengan Kondisi Rahim Terbalik, Wajib Dicoba!

Kondisi rahim terbalik ialah posisi rahim lurus ke belakang menghadap tulang belakang atau anus

4 Desember 2022

5 Tips agar Cepat Hamil Kondisi Rahim Terbalik, Wajib Dicoba
Freepik/4045

Kebanyakan perempuan umumnya memiliki posisi rahim antefleksi, yakni lurus dan vertikal serta menghadap ke depan mendekati perut.

Sementara itu, melansir laman U.S. National Library of Medicine, sekitar 1 dari 5 perempuan memiliki rahim retrofleksi. Kondisi ini disebut juga dengan tilted uterus atau rahim terbalik.

Pada perempuan dengan kondisi ini, posisi rahimnya menjauhi perut, yakni menghadap ke belakang ke arah panggul atau anus. Hal ini diketahui melalui USG.

Pada beberapa kasus di mana alasan ketidaksuburan lain tak ditemukan, terkadang rahim terbalik bisa menjadi penyebabnya. Meski kondisi ini pada dasarnya bukan sebuah penyakit.

Oleh karena itu, berikut Popmama.com telah rangkum 5 tips agar cepat hamil dengan kondisi rahim terbalik yang bisa kamu coba. Apa saja tipsnya? Yuk, langsung saja disimak selengkapnya! 

1. Ganti posisi seks

1. Ganti posisi seks
Freepik

Meskipun belum ada riset lanjutan mengenai hal ini, namun para ahli menyarankan sejumlah posisi seks tertentu untuk membantu pasangan yang tak kunjung memiliki momongan.

Salah satu posisi seks yang disarankan untuk perempuan dengan posisi rahim terbalik ialah doggy style atau seks yang mengarahkan perempuan dalam posisi merangkak, sementara penetrasi dilakukan dari belakang sambil berlutut.

Posisi ini dipercaya dapat mempermudah sel sperma pasangan untuk berhasil masuk dengan mudah sebagaimana pada posisi rahim antefleksi.

Editors' Picks

2. Berhubungan seksual dengan rileks

2. Berhubungan seksual rileks
Freepik/jcomp

Setelah memeriksakan diri ke dokter dan dinyatakan memiliki rahim yang terbalik, terkadang perempuan dan pasangannya memiliki kekhawatiran tersendiri akan kondisi ini.

Sehingga, kecemasan ini dapat memengaruhi usaha yang dilakukan secara tidak langsung. Misalnya, berkurangnya rasa rileks saat berhubungan seks karena terlalu berfokus pada keberhasilan proses pembuahan.

Menurut Dr. Seth Plancher, seorang dokter kandungan di Garden City, New York, kondisi rahim terbalik pada dasarnya tak perlu dikhawatirkan berlebihan, karena hanya merupakan sebuah variasi bentuk rahim

3. Rajin senam kegel

3. Rajin senam kegel
Freepik/katemangostar

Melansir laman Live Strong, senam kegel dipercaya dapat membantu menguatkan otot-otot panggul pada perempuan dan membantu mengoreksi posisi rahim yang terbalik.

Senam ini dilakukan dengan cara meregangkan otot dasar panggul selama beberapa saat sebelum merilekskannya lagi. Hal ini dilakukan dalam beberapa kali repetisi.

Menurut Mayo Clinic, perempuan dianjurkan untuk mengulang gerakan ini sebanyak sekitar 3 kali repetisi untuk hasil yang lebih maksimal. Senam ini bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

4. Latihan bicycle crunch

4. Latihan bicycle crunch
Piterest/GymCompanyEspana

Memiliki manfaat yang hampir sama seperti senam kegel, latihan bicycle crunch dapat memperkuat otot panggul dan juga inti tubuh yang penting dalam mengoreksi posisi rahim terbalik.

Latihan ini dilakukan dengan cara berbaring telentang di lantai dengan posisi tangan di belakang kepala, saling mengunci. Lalu, tekuk lutut dan luruskan telapak kaki di lantai.

Angkat lutu kiri sambil mengangkat kepala dan tangan di saat bersamaan. Putar badan saat naik sehingga siku bertemu dengan lutut. Ulangi gerakan ini selama minimal 10 kali untuk hasil terbaik. 

5. Hindari pelumas yang tidak sperm-friendly

5. Hindari pelumas tidak sperm-friendly
Unsplash/Dainis Graveris

Dengan posisi rahim terbalik, kamu juga perlu memerhatikan motilitas sperma (kecepatan pergerakan sperma) pasangan dalam mencapai saluran tuba falopi.

Untuk itu, selama dan setelah berhubungan seks, ada baiknya bagi perempuan untuk mengangkat panggul untuk membantu sel sperma mencapai leher rahim.

Namun, hal ini saja terkadang tak cukup. Penggunaan pelumas yang tidak sperm-friendly diklaim justru dapat memperlambat gerakan sperma. 

Untuk itu, hindari penggunaannya selama berhubungan seks dan beralih ke pelumas alami atau yang lebih aman bagi motilitas sperma.

Nah, itulah tadi tips agar cepat hamil dengan kondisi rahim terbalik. Jangan lupa untuk konsultasi langsung dengan dokter jika mengalami kendala konsepsi untuk diagnosis yang lebih akurat dan penanganan terbaik.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk