Konsumsi Vitamin Kesuburan Pria, Apakah Aman?

Kenali dulu kandungan pada suplemen agar tidak berbahaya

2 September 2019

Konsumsi Vitamin Kesuburan Pria, Apakah Aman
Freepik/Chatchawan39

Memiliki kendala dalam memiliki keturunan, tidak hanya faktor dari kesuburan perempuan saja yang harus diperhatikan, faktor kesuburan laki-laki juga harus diperhatikan dengan baik. Berbagai cara bisa dilakukan pasangan suami istri untuk memiliki keturunan.

Seperti mengikuti program kehamilan, mengonsumsi minuman herbal, serta mengonsumsi suplemen vitamin untuk kesuburan pria.

Ada beberapa cara yang alami untuk meningkatkan kesuburan, namun saat ini banyak suplemen-suplemen yang beredar dipasaran yang berfungsi sebagai nutrisi untuk kesuburan.

Namun, akan lebih baik jika calon papa mengetahui kandungan baik apa saja yang terkandung dalam suplemen sebelum mengonsumsinya, jika kurang yakin sebaiknya konsultasi dan minta rekomendasi dari dokter yang terpercaya.

Kali ini Popmama.com akan membahas mengenai suplemen kesuburan laki-laki serta kandungan apa saja yang dapat memberikan manfaat untuk kesuburan.

1. Kandungan yang harus ada dalam suplemen kesuburan laki-laki

1. Kandungan harus ada dalam suplemen kesuburan laki-laki
Freepik/Poringdown

Agar lebih hati-hati dalam pemilihan suplemen kesuburan, kamu harus memerhatikan kandungan apa saja yang berada didalamnya. Hal ini untuk mengetahui kandungan apa yang aman untuk meningkatkan kualitas sperma.

Berikut ini adalah jenis-jenis kandungan yang sebaiknya ada di suplemen kesuburan:

  • Asam alfa-lipoat (ALA)
  • Antosianin
  • Astaxanthin
  • Beta karoten
  • Inositol
  • Biotin
  • Cobalamin
  • Co-enzyime Q10
  • Glutathione
  • Arginine
  • L-asetil karnitin
  • L-karnitin
  • Likopen
  • Magnesium
  • Vitamin A, C, D dan E

Editors' Picks

2. Manfaat yang kamu dapatkan saat mengkonsumsi suplemen kesuburan

2. Manfaat kamu dapatkan saat mengkonsumsi suplemen kesuburan
Freepik/Maksymiv-yura

Walaupun beberapa suplemen tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda, namun secara umum kamu akan mendapatkan beberapa manfaat dari suplemen kesuburan pria.

Manfaat dari suplemen kesuburan pria antara lain seperti memiliki manfaat berikut:

  • Memperbanyak jumlah sperma,
  • meningkatkan kesuburan sperma,
  • membantu untuk meningkatkan kualitas sperma.

Mengkonsumsi suplemen kesuburan juga membantu dalam meningkatkan kinerja seksual, menjadikan durasi seks lebih lama,dan juga meningkatkan gairah seks.

Selain itu, beberapa suplemen juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan, seperti kesehatan secara seksual dan juga tingkat kebugaran tubuh kamu.

3. Cara mengkonsumsi suplemen kesuburan laki-laki yang aman

3. Cara mengkonsumsi suplemen kesuburan laki-laki aman
Freepik

Setiap obat suplemen tentunya memiliki dosis yang berbeda-beda sehingga memiliki cara konsumsi yang berbeda. Namun sebaiknya kamu meminum 1 atau 2 kapsul suplemen 2x sehari sebelum makan.

Pada awal penggunaan lebih baik untuk meminumnya 1 kapsul 2x sehari terlebih dahulu. Jika menurutmu kurang memberikan hasil yang terbaik, kamu dapat menambah dosis menjadi 2 kapsul 2x sehari.

Namun, kamu dapat berkonsultasi pada dokter yang terpercaya untuk diberikan dosis obat yang tepat agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Untuk hasil yang lebih baik, konsumsi suplemen dengan segelas air putih hangat.

4. Tingkat keampuhan suplemen kesuburan yang telah dibuktikan penelitian

4. Tingkat keampuhan suplemen kesuburan telah dibuktikan penelitian
Freepik/Eva058929

Beberapa penelitian sudah menunjukan dan memperlihatkan tingkat efektivitas dari suplemen kesuburan. Suplemen yang mengandung Asam Folat dan Zinc dapat membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Suatu penelitian menuliskan laki-laki yang mengonsumsi suplemen selama 26 minggu, dapat meningkatkan 74 persen sperma.

Selain Asam Folat dan Zinc, zat L-Carnitine juga dapat membuat sperma bergerak lebih cepat dan gesit. Mengkonsumsi 2 gram L-Carnitine yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen terbukti dapat memberikan pergerakan sperma menjadi lebih baik

5. Faktor lain yang dapat meningkatkan kualitas kesuburan pada laki-laki

5. Faktor lain dapat meningkatkan kualitas kesuburan laki-laki
Freepik/Jcomp

Jika kamu ingin memiliki anak dengan meminum suplemen kesuburan, akan lebih baik jika kamu juga melakukan kegiatan dibawah ini sebagai dukungan agar suplemen dapat bekerja lebih baik:

Mengonsumsi makanan sehat seperti apel, pisang, jeruk, brokoli, asparagus, tomat, ubi merah dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan anti-oksidan untuk memperbaiki kualitas sperma
Menjaga berat badan ideal bahwa berat badan dapat mempengaruhi jumlah dan pergerakan sperma. Kamu dapat menjaga berat badan dengan olahraga yang rutin. Olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme dan anti-oksidan yang dapat melindungi kualitas sperma.

Mengelola stres karena jika kamu stres, dapat menurunkan fungsi seksual dan mengganggu kerja produksi hormon reproduksi.

Mencegah infeksi menular seksual (IMS) Hindarilah melakukan perilaku seksual yang memiliki risiko seperi klamidia dan gonore, penyakit ini disebabkan akibat bergonta-ganti pasangan atau tidak menggunakan kondom sebagai pengaman.

Tidur yang cukup selama 6 hingga 8 jam perhari untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan membantu kamu dalam memelihara kualitas pada sperma

Hindari merokok dan minum alkohol karena dapat mengurangi kualitas dan kuantitas pada sperma, merokok dan alkohol menjadi penyebab kemandulan pada laki-laki, karena dapat menurunkan produksi testosteron, mengurangi produksi sperma dan melemahkan pergerakan pada sperma, bahkan juga dapat menyebabkan impotensi.

Kini kamu dapat mengetahui tentang suplemen kesuburan laki-laki, namun pastikan suplemen yang kamu konsumsi adalah suplemen yang aman dan sudah terdaftar pada BPOM. Selain itu penting juga untuk kamu berkonsultasi pada dokter sebelum mulai mengkonsumsi suplemen.

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.