TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Cara Aman dan Alami Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki

Yuk lakukan perubahan pola hidup, agar peluang kehamilan untuk kamu dan pasangan semakin meningkat

16 Agustus 2021

10 Cara Aman Alami Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki
Freepik/drobotdean

Seperti yang kita ketahui, kesuburan menjadi faktor penting bagi setiap pasangan untuk bisa cepat hamil. Jika tingkat kesuburan kita kurang optimal tentu peluang kehamilan akan rendah, begitu juga sebaliknya.

Tak hanya perempuan, masalah kesuburan juga banyak dialami oleh laki-laki lho.  

Biasanya sebagian besar orang akan melakukan banyak cara untuk mengatasinya. Diantaranya dengan melakukan konsultasi medis, sehingga dokter bisa memberikan terapi hormon serta pemberian obat dan vitamin yang disesuikan dengan kondisi tubuh.

Tapi kamu tak perlu khawatir ya! Karena selain dengan bantuan medis, ternyata ada cara lain lho yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesuburan.  Kira-kira apa saja caranya?

Berikut ini Popmama.com telah merangkum 10 cara aman dan alami yang bisa membantu meningkatkan kesuburan laki-laki, dilansir dari Verywell Family. Yuk disimak!

1. Konsumsi lebih banyak antioksidan

1. Konsumsi lebih banyak antioksidan
Pixabay/WikimediaImages

Antioksidan selain membantu tubuh menangkal radikal bebas, ternyata bisa membantu meningkatkan kesuburan laki-laki.

Para peneliti menemukan bahwa, laki-laki yang mengonsumsi antioksidan dalam bentuk suplemen, lebih sedikit mengalami kerusakan sperma dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi antioksidan. Selain itu, antioksidan juga memperbesar peluang kehamilan bagi kamu dan pasangan.

Untuk mengonsumsi suplemen antioksidan, kamu dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda.

Tapi tenang saja, kamu bisa memenuhi asupan antioksidan dengan mengonsumsi bahan makanan alami seperti bayam, paprika, kacang merah, stroberi dan jeruk.

2. Konsumsi lebih banyak makanan sehat

2. Konsumsi lebih banyak makanan sehat
Pexels/Jane D.

Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat sangat bermanfaat bagi kesuburan. Makanan sehat dan bernutrisi akan meningkatkan kualitas sel sperma yang diproduksi.

Pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin dan mineral. Kamu juga bisa mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

3. Perhatikan asupan kedelai yang dikonsumsi

3. Perhatikan asupan kedelai dikonsumsi
Pixabay/Waichi2021

Kedelai biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan tahu. Tapi tak hanya itu, ada beberapa jenis makanan dan minuman lain yang menggunakan kedelai sebagai bahan utamanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak kedelai dapat memberikan efek negatif terhadap kesuburan. Dilansir dari International Journal of Andrology, fitoestrogen yang ditemukan dalam kedelai dan produk turunannya dapat memengaruhi reproduksi laki-laki maupun perempuan.

Jika kamu mengkhawatirkan efek tersebut, sebaiknya mulai sekarang batasi atau hindari mengonsumsi kedelai ya.

4. Rutin melakukan hubungan seks

4. Rutin melakukan hubungan seks
Freepik/Lookstudio

Berhubungan seks secara rutin selain memberikan peluang kehamilan untuk kamu dan pasangan, juga bisa meningkatkan kesuburan lho. Ini karena gerak dan bentuk sperma dipengaruhi oleh jadwal rutin berhubungan seksual.

Biasanya ada jeda satu atau dua hari dimana kita sama sekali tidak melakukan hubungan seksual. Nah, waktu jeda tersebut sangat bermanfaat untuk sperma memperbaiki kualitasnya. Sehingga pada saat berhubungan seksual di hari berikutnya, sperma berada pada kualitas terbaiknya.

Maka dari itu, kamu disarankan untuk berhubungan seksual dua sampai tiga kali dalam seminggu. Tapi jangan lupa untuk perhatikan masa subur pasangan kamu ya, agar peluang kehamilan semakin besar.

Editors' Picks

5. Hentikan kebiasaan merokok

5. Hentikan kebiasaan merokok
Freepik

Sebenarnya ada banyak alasan kesehatan yang mengharuskan kamu berhenti merokok, salah satunya untuk meningkatkan kesuburan.

Penelitian mengenai rokok dan kualitas sel sperma menemukan bahwa, merokok bisa memengaruhi banyak aspek kesehatan sperma. Diantaranya penurunan jumlah dan bentuk sperma serta penurunan kemampuan sperma untuk berenang menuju sel telur.

Tak hanya itu, kebiasan merokok pada laki-laki juga bisa memengaruhi kesuburan perempuan lho.  Ini karena paparan asap rokok yang berbahaya bisa menyebabkan terjadinya keguguran dan bisa menurunkan peluang keberhasilan program hamil.

Jadi untuk membantu meningkatkan kesuburan, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok. Terutama jika kamu dan pasangan sedang menjalankan program hamil.

6. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol

6. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol
pexels/isabella mender

Jika kamu dan pasangan sedang berusaha untuk hamil, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman beralkohol.

Dilansir dari Healthline, alkohol dapat memengaruhi kesuburan laki-laki dengan mengubah jumlah, ukuran, bentuk dan motilitas sperma.

Studi lain menunjukkan bahwa, orang yang mengonsumsi minuman beralkohol memiliki sel sperma yang tidak sehat dan cenderung lebih sedikit daripada mereka yang tidak minum alkohol.

7. Hindari paparan bahan kimia berbahaya di tempat kerja

7. Hindari paparan bahan kimia berbahaya tempat kerja
Unsplash/clemono

Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa memengaruhi kesuburan laki-laki. Misalnya saja pekerjaan yang berhubungan langsung dengan bahan kimia seperti pekerja pabrik dan pekerja logam. Ini karena jenis pekerjaan tersebut berisiko tinggi terpapar bahan kimia berbahaya.

Menurut hasil penelitian, bahan kimia berbahaya di tempat kerja bisa merusak kualitas sel sperma. Selain itu, suhu panas yang ekstrim di tempat kerja juga bisa menurunkan jumlah sel sperma pada laki-laki.

Jika kamu bekerja dilingkungan tersebut, sebaiknya gunakan masker dan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan bahan kimia berbahaya.

8. Menjaga suhu tubuh tetap normal

8. Menjaga suhu tubuh tetap normal
Freepik/drobotdean

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan laki-laki adalah menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Hal ini dilakukan karena kualitas sel sperma sangat mudah berubah akibat suhu panas.

Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menjaga suhu tubuh tetap normal.

  • Hindari mandi dan berendam air panas dalam waktu yang lama.
  • Kurangi kebiasaan duduk terlalu lama.
  • Jangan terlalu lama bekerja sambil memangku laptop.

9. Menjaga berat badan ideal

9. Menjaga berat badan ideal
Freepik/senivpetro

Dalam menjaga kesuburan, pastikan kamu memiliki berat badan yang sehat. Karena menurut penelitian, kelebihan atau kekurangan berat badan dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, yang bisa menyebabkan jumlah sel sperma berkurang.

Untuk memastikan berat badan yang ideal, kamu bisa memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) atau dengan melakukan konsultasi dokter.

10. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

10. Menjaga kebersihan gigi mulut
Pexels/evelina-zhu

Kebersihan gigi dan mulut bisa memengaruhi kesuburan pada laki-laki.

Penelitian menemukan bahwa, masalah pada gigi dan mulut yang tidak diobati dapat menyebabkan munculnya bakteri pada sel sperma bernama Bacteriospermia. Bakteri ini kemudian dikaitkan dengan infertilitas pada laki-laki yang dapat memengaruhi kualitas sel sperma.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan gigi dan mulut setidaknya dua kali dalam setahun ya, untuk mencegah gangguan kesuburan akibat bakteri. Selain itu, jika kamu mengalami masalah pada gigi dan mulut, pastikan pengobatan dilakukan sampai benar-benar sembuh.

Nah itulah 10 cara aman dan alami yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesuburan.

Yuk mulai sekarang terapkan cara-cara tersebut, agar tingkat kesuburan menjadi lebih optimal serta peluang kehamilan untuk kamu dan pasangan bisa lebih besar!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk