Tingkatkan Peluang Hamil, 6 Obat Tradisional untuk Penyubur Kandungan

Beberapa orang mengharapkan kehadiran buah hati dalam kehidupan rumah tangga mereka

3 Maret 2021

Tingkatkan Peluang Hamil, 6 Obat Tradisional Penyubur Kandungan
Pexels/Karolina Grabowska

Kehadiran buah hati tentunya sangat diidamkan oleh setiap pasangan yang membina rumah tangga. Ada yang bisa langsung mendapatkan keturunan setelah menikah, namun ada pula yang harus menunggu selama bertahun-tahun.

Bagi yang telah menunggu kehadiran si Kecil selama bertahun-tahun, berbagai cara pun akan dilakukan mulai dari program kehamilan hingga mengonsumsi obat penyubur kandungan. Salah satu obat penyubur kandungan yang dipercaya hingga kini adalah obat tradisional dari rempah-rempah dan teh. 

Berikut Popmama.com merangkum enam obat tradisional penyubur kandungan yang bisa dicoba.

1. Kayu manis

1. Kayu manis
Pixabay/Daria-Yakovleva

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Columbia University Medical Centre menemukan bahwa kayu manis adalah salah satu obat herbal yang mampu menyuburkan kandungan. Mengonsumsi kayu manis dalam bentuk minuman mampu memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur. 

Manfaat lainnya dari kayu manis adalah meningkatkan produksi sel telur. Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit diabetes, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu terkait jumlah kayu manis yang bisa dikonsumsi dalam sehari. 

2. Kunyit

2. Kunyit
Unsplash/FOODISM360

Kunyit adalah salah satu rempah yang cukup sering dijadikan sebagai jamu dan obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit. Kunyit memang mengandung senyawa yang dapat melancarkan menstruasi. Itulah sebabnya, kunyit sering dijadikan jamu untuk meningkatkan kesehatan rahim perempuan. 

Selain itu, kunyit juga mampu menjaga kesehatan organ reproduksi dan meningkatkan kesuburan perempuan. 

Editors' Picks

3. Lengkuas

3. Lengkuas
Pixabay/suanpa

Rempah lainnya yang bisa dijadikan obat tradisional penyubur kandungan adalah lengkuas. Lengkuas memang mudah ditemukan di pasaran karena sering dijadikan bumbu masakan. 

Lengkuas diketahui mampu mengobati infeksi dan peradangan organ reproduksi hingga membantu meningkatkan kesuburan perempuan maupun laki-laki. Kamu bisa membuat obat tradisional dengan mencampur lengkuas, kunyit, dan beberapa rempah lainnya untuk menyuburkan kandungan. 

4. Teh lempuyang

4. Teh lempuyang
Freepik/rawpixel.com

Obat tradisional jenis teh yang bisa digunakan untuk menyuburkan kandungan adalah teh lempuyang. Selama ini teh lempuyang dikenal dengan sebutan bitter ginger karena rasanya yang asam dan pahit. 

Sama seperti obat tradisional lainnya, walaupun rasanya tak enak, kandungan senyawa dalam teh lempuyang mampu mengobati kista dalam rahim.

Seperti diketahui, keberadaan kista dalam rahim bisa menghambat kesuburan perempuan. Apabila kamu ingin mengonsumsi teh lempuyang, kamu bisa menambahkan sedikit madu untuk meminimalkan rasa pahit. 

5. Ginseng

5. Ginseng
Pixabay/whaltns17

Ginseng selama ini dikenal sebagai rempah bernutrisi tinggi. Ginseng mengandung senyawa yang bisa mengobati gangguan rahim sekaligus meningkatkan ukuran sel telur. Apabila kamu memiliki rahim yang sehat, maka potensi untuk hamil juga semakin besar. 

Cara mengonsumsi ginseng juga cukup mudah yakni diseduh dengan air panas. Sebelumnya, jangan lupa untuk membersihkan akar ginseng hingga bersih agar tak ada bakteri dan kuman yang masih menempel. 

6. Teh daun semanggi merah

6. Teh daun semanggi merah
Pixabay/congerdesign

Daun semanggi merah mengandung mineral tunggal yang dibutuhkan sistem kelenjar untuk membuang racun dalam tubuh. Tak hanya itu, daun semanggi merah juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, melancarkan sistem peredaran darah, hingga meningkatkan lendir pada serviks. 

Lendir serviks sangat penting dalam proses pembuahan karena berfungsi untuk melindungi sperma. Semakin banyak sperma yang dilindungi, maka semakin besar sperma bisa membuahi sel telur. 

Selanjutnya, daun semanggi merah juga dapat menyokong jaringan rahim. Apabila kamu memiliki rahim yang sehat, maka potensi kehamilan juga menjadi tinggi. 

Itu dia enam rekomendasi obat tradisional penyubur kandungan yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk rutin konsultasi ke dokter untuk mendapatkan momongan sambil mengonsumsi obat-obatan tradisional tersebut. Selamat mencoba!

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.