5 Tips Sukses Program Hamil untuk Perempuan dengan Haid Tidak Teratur

Jangan salah langkah, ketahui cara promil yang tepat saat haid mu tidak teratur!

20 Februari 2019

5 Tips Sukses Program Hamil Perempuan Haid Tidak Teratur
Freepik/yanalya

Bagi perempuan yang memiliki siklus haid yang teratur tentunya akan mengalami masa menstruasi sebanyak 11 hingga 13 kali dalam satu tahun kalender.

Sedangkan untuk perempuan yang mengalami haid tidak teratur akan mengalami siklus mentruasi kurang dari atau lebih dari 13 kali kesempatan.

Meskipun memang kamu termasuk ke dalam salah satu perempuan yang mengalami haid tidak teratur, bukan berarti kamu tidak bisa hamil.

Namun, tentunya kamu harus melakukan sedikit cara dan juga usaha untuk mendapatkan peluang kehamilan. Salah satunya adalah dengan menghitung masa subur dengan tepat. 

Untuk menghitung masa subur sejak periode terakhir setelah menstruasi mungkin akan sulit, oleh karena itu Mama harus mencari tanda-tanda ovulasi lainnya. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan memerhatikan tanda-tanda ovulasi seperti payudara lebih lunak, kenaikan suhu basal tubuh, dan keluarnya cairan keputihan normal. 

Selain mengetahui masa ovulasi, berikut Popmama.com juga telah merangkum 5 tips sukses melakukan promil untuk perempuan dengan haid tidak teratur.

1. Melakukan hubungan seksual secara rutin 3-4 kali per minggu

1. Melakukan hubungan seksual secara rutin 3-4 kali per minggu
sheknows.com

Untuk mengoptimalkan program kehamilan yang sedang kamu jalani, sebaiknya lakukanlah hubungan seksual secara rutin setiap 3-4 kali per minggu. Sekali berhubungan sebaiknya cukup hanya sekali saja, tidak perlu berulang dalam waktu yang bersamaan.

Untuk mendapatkan kualitas sperma yang baik, usahakan untuk tidak melakukan hubungan seksual setiap hari, kira-kira 2 hari setelah ejakulasi yang terakhir, agar kualitas sperma baik.

2. Mengonsumsi suplemen asam folat dan vitamin E

2. Mengonsumsi suplemen asam folat vitamin E
Pixabay/Ulleo

Ketika kamu berusaha untuk hamil tentunya perempuan juga harus mengonsumsi vitamin prenatal sebagai salah satu upaya dalam memastikan adanya asupan gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan untuk mendapatkan peluang kehamilan.

Untuk itu, lengkapilah menu harian mu dengan mengonsumsi suplemen penambah kesuburan sehingga bisa mengembalikan siklus menstruasi menjadi teratur kembali.

Salah satu suplemen yang direkomendasikan adalah suplemen asam folat dan vitamin E tambahan.

Editors' Picks

3. Menjaga berat badan

3. Menjaga berat badan

Berat badan di sini tentunya dengan mengurangi diet rendah kalori dan juga berolahraga terutama jika kamu mengidap PCOS.

Menjaga berat badan memang berat kaitannya dengan perubahan hormon yang terjadi pada perempuan. Berat badan yang kamu miliki saat promil tidak boleh terlalu berat atau terlalu ringan.

Bagi kamu yang memiliki kekurangan berat badan, cobalah untuk menambahnya dengan mengonsumsi karbohidrat dan juga protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kadar lemak di dalam tubuh yang rendah tentunya bisa membuat tingkat estrogen juga menjadi cukup rendah sehingga bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

4. Konsumsi makanan yang sehat

4. Konsumsi makanan sehat
Freepik/Senivpetro

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengonsumsi makanan sehat agar kualitas sperma semakin baik.

Bagi kamu penggemar junk food, tentunya kamu harus menjauhinya sekarang juga!

Perbanyaklah untuk mengonsumsi sayuran dan juga buah-buahan serta hindari makanan yang memiliki karbohidrat dengan olahan lemak.

5. Periksakan ke dokter kandungan

5. Periksakan ke dokter kandungan
Freepik/Javier Sánchez Mingorance

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan ialah dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengetahui masalah apa yang ada pada dirimu sehingga kamu mengalami haid yang tidak teratur.

Dengan memeriksakan diri ke dokter, tentunya kamu bisa sedikitnya mengetahui akan apa yang terjadi dengan dirimu.

Nah, itulah beberapa tips sukses melakukan program kehamilan untuk perempuan dengan haid tidak teratur. 

Tak hanya melakukan usaha, agar program kehamilan berjalan lancar, Mama dan Papa juga harus senantiasa opitimis dan bahagia dalam menjalaninya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!