Jika Lupa Minum Pil KB, Apa yang Harus Dilakukan?

Jangan sampai kebablasan Ma!

17 Mei 2019

Jika Lupa Minum Pil KB, Apa Harus Dilakukan
Pixabay/rawpixel

Pil keluarga berencana (KB) merupakan metode kontrasepsi hormonal yang banyak dipilih perempuan usia produktif di berbagai negara untuk mencegah atau mengontrol kehamilan.

Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana jika kita lupa minum pil KB padahal sudah merencanakan untuk mengontrol kehamilan?

Adakah dampak dan cara mengatasinya? Berikut Popmama.com telah merangkum informasi seputar penggunaan pil KB dan bagaimana jika Mama kelupaan minum pil KB.

1. Lupa minum Pil KB

1. Lupa minum Pil KB
meetdoctor.com

Aktivitas yang padat terkadang membuat Mama pulang ke rumah dalam kondisi lelah dan mengantuk hingga lupa mengonsumsi pil KB. Kadang juga lupa minum pil KB bisa terjadi saat Mama dan pasangan sedang traveling. Sangking seru liburannya, sampai lupa membawa pil KB. 

Bagaimana kalau sampai benar-benar lupa?

Misalnya, terlupa minum pil KB di hari Senin maka yang harus kamu lakukan adalah segera minum pil KB ketika teringat.

Jika sudah terbiasa minum pil KB pukul 8 malam namun baru ingat esok harinya (hari Selasa), ketika teringat segera minum pil KB sebagai pengganti lupa minum pil KB semalam atau pil kontrasepsi darurat. 

Sedangkan jadwal minum pil di hari selanjutnya (Selasa) tetap diminum pada jam biasa minum pil KB seperti pada contoh yakni pukul 8 malam.

Editors' Picks

2. Lupa minum dua kapsul Pil KB di waktu yang berdekatan

2. Lupa minum dua kapsul Pil KB waktu berdekatan
Popmama.com/Novy Agrina

Misalnya ada seorang pasien yang terlupa minum pil KB di hari Minggu dan Senin. Yang harus dilakukan juga harus segera minum dua pil ketika teringat.

Misal baru ingat belum minum pil KB di hari Selasa pagi, maka Mama harus segara minum dua pil sekaligus untuk membayar lupa pada hari Minggu dan Senin.

Akan tetapi, pil KB untuk hari Selasa tak boleh diminum lagi karena tidak diperbolehkan minum pil KB sejumlah tiga pil sekaligus dalam satu hari.

Lalu untuk jadwal selanjutnya yakni di hari Rabu, minumlah dua pil KB sesuai jadwal. Kalau biasanya pukul 8 malam, maka minumlah sesuai jadwal minumnya sebanyak dua pil sekaligus untuk hari Selasa dan Rabu.

Sementara itu dalam melakukan hubungan suami istri pada momen tersebut, gunakanlah kondom selama 7 hari berikutnya. Untuk pil KB di hari selanjutnya, diminum seperti biasa sesuai jadwal Mama.

3. Cara agar tidak lupa minum Pil KB

3. Cara agar tidak lupa minum Pil KB
Freepik

Sangat disarankan untuk Mama agar mengatur jadwal minum pil KB di pagi hari, karena di pagi hari kondisi pikiran dan tubuh masih dalam kondisi yang segar. Alternatif lainnya adalah Mama dapat menggunakan aplikasi pengingat di smartphone atau memasang alarm sebagai pengingat.

Mama juga harus meletakkan pil di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau sehingga tak sampai kelupaan. Biasanya tak apa jika langsung mengonsumsi dua butir pil sekaligus, namun mungkin lambung akan merasakan efek sampingnya seperti agak sakit, mual bahkan sampai muntah.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika Mama lupa minum pil KB. Jika Mama membutuhkan informasi lebih lanjut sebaiknya segera hubungi dokter kandungan atau bidan. Semoga bermanfaat ya Ma, dan perencanaan yang telah dibuat bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!