Ini 7 Buah yang Aman bagi Ibu Hamil Penderita Diabetes

Tidak semua buah baik dikonsumsi penderita diabetes

3 Februari 2020

Ini 7 Buah Aman bagi Ibu Hamil Penderita Diabetes
Unsplash/Raychan

Apabila Mama menderita diabetes dan sedang dalam masa kehamilan, mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama mengenai asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh.

Selain penting sebagai pertumbuhan janin, asupan yang masuk juga tidak boleh sembarangan.

Terutama memerhatikan kadar gula dan makanan kaya lemak. Hal ini karena diabetes merupakan penyakit yang terjadi saat kadar gula (glukosa) dalam darah terlalu tinggi sehingga menganggu kesehatan.

Kondisi diabetes selama kehamilan ini juga dapat memengaruhi kadar glukosa yang diberikan pada janin.

Agar nutrisi tetap sesuai kebutuhan, Mama bisa menggantinya dengan buah-buahan. Namun, tidak semua buah dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Ukuran atau porsi yang dimakan pun perlu disesuaikan agar tidak berlebihan. Secara lebih lanjut, berikut Popmama.com berikan rekomendasi buah-buahan yang dapat Mama konsumsi.

1. Pisang

1. Pisang
Unsplash/Louis Hansel

Apabila Mama menderita diabetes selama kehamilan, buah pisang dapat menjadi pilihan nutrisi. Pisang mengandung vitamin, mineral, dan serat yang bisa memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Dengan catatan, tidak dikonsumsi dalam porsi yang belebihan.

Dilansir dari MedicalNewsToday, 250-500 gram pisang sebagai sarapan dapat mengontrol kadar glukosa dalam darah. Mama dapat mengonsumsi pisang ini satu buah untuk porsi besar atau setengah potong pisang sebagai porsi yang lebih kecil.

Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi pisang yang telah diolah, seperti sebagai keripik karena disertai bahan pengawet dan pemanis tambahan.

Jadi, Mama disarankan untuk mengonsumsi pisang secara langsung dalam bentuk buah segar karena risiko glukosanya cenderung lebih rendah.

2. Aneka buah beri

2. Aneka buah beri
Unsplash/Jamie Street

Aneka buah beri, seperti strawberry, blueberry, dan blackberry merupakan buah yang cocok bagi penderita diabetes. Hal ini karena aneka buah beri dikemas dengan antioksidan, vitamin, dan serat sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Selain itu, aneka buah beri tersebut juga kaya akan serat yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tak heran jika banyak orang yang memilih aneka buah beri sebagai makanan ketika menjalani program diet.

Mama dapat mengolah aneka buah beri tersebut menjadi jus tanpa tambahan gula dan terasa menyegarkan.

Mama juga bisa mengonsumsi potongan aneka buah beri segar dengan plain yoghurt sehingga akan lebih mengenyangkan.

Editors' Picks

3. Apel

3. Apel
Unsplash/Priscilla Du Preez

Apel memang mengandung cukup gula, akan tetapi kandungan gula dalam buah apel ini merupakan fruktosa. Ketika fruktosa dikonsumsi pada buah utuh, hal ini memiliki efek yang sangat kecil pada kadar gula darah.

Kandungan serat dalam apel juga dapat memperlambat penyerapan gula sehingga kadar gula dalam aliran darah tidak meningkat cepat.

Tal hanya itu, apel juga mengandung polifenol, senyawa yang dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Konsumsi buah apel dapat mengurangi resistensi insulin yang seharusnya mengarah pada penurunan kadar gula dalam darah.

Dengan demikian, apel memiliki efek cenderung kecil pada gula darah sehingga tidak menyebabkan lonjakan cepat dalam gula darah. Baik dan aman untuk dikonsumsi Mama sebagai penderita diabetes selama kehamilan.

Apel dapat dikonsumsi sebagai sarapan atau makanan ringan di siang hari karena memiliki efek mengenyangan dari kandungan karbohidratnya.

4. Anggur

4. Anggur
Unsplash/Amor Bar-Zeev

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim di Universitas Michigan, anggur menjadi salah satu buah rekomendasi untuk penderita diabetes. Hal ini karena anggur mengandung serat dan karbohidrat yang cukup sehingga tidak memicu kadar gula dalam darah.

Anggur mengandung banyak antioksidan sehingga melindungi tubuh dari diabetes dan penyakit komplikasi lain, seperti penyakit jantung.

Satu cangkir jus anggur tanpa gula atau dikonsumsi langsung dalam buah segar anggur dapat memenuhi kebutuhan serat, vitamin C, dan vitamin K dalam tubuh Mama. Anggur bisa menjadi pilihan makan siang yang sehat selama masa kehamilan.

5. Jeruk

5. Jeruk
Unsplash/Monika Grabkowska

Buah jeruk, seperti jeruk bali atau lemon penuh dengan serat, vitamin C, folat dan kalium sehingga dapat menjadi pilihan untuk penderita diabetes. Dikarenakan jeruk kaya akan serat yang lama untuk diurai dan dicerna.

Membuat pelepasan gula lebih lambat pada gula darah sehingga kadar glukosa stabil. Jadi, konsumsi buah jeruk baik untuk menjaga kadar gula darah.

Pastikan untuk mengonsumsi jeruk dalam bentuk utuh, tanpa diolah menjadi jus dengan tambahan gula. Hal ini karena selama proses mengolah jeruk menjadi jeruk bisa saja menghilangkan serat sehat yang terkandung dan bahkan meningkatkan kadar gula dalam darah. Jadi, sebaiknya lebih berhati-hati ya, Ma.

6. Ceri

6. Ceri
Unsplash/Thomas Q

Buah ceri ini merupakan sumber nutrisi yang tepat dan aman bagi Mama penderita diabetes. Satu cangkir buah ceri mengandung 78 kalori dan 19 gram karbohidrat sehingga tidak memiliki kadar gula berlebih. Buah ceri juga baik dalam mengurangi peradangan.

Tak hanya itu, buah ceri juga mengandung antioksidan yang dapat bantu melawan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Mama bisa mengonsumsi buah ceri dengan berbagai pilihan. Dikonsumsi langsung atau dipotong-potong dengan campuran plain yoghurt atau oatmeal yang mengenyangkan.

Sebaiknya, hindari konsumsi buah ceri beku atau kemasan kaleng karena biasanya memiliki gula tambahan di dalamnya. Pastikan terlebih dahulu dengan memeriksa label kemasannya ya, Ma.

7. Alpukat

7. Alpukat
Unsplash/Arlina Karpenko

Buah hijau dengan daging buah yang padat dan lembut ini menjadi salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Kaya akan vitamin, nutrisi, dan lemak baik yang menyehatkan tubuh. Konsumsi alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan bantu menurunkan berat badan.

Dikarenakan alpukat mengandung karbohidrat yang rendah, hal ini berarti memiliki efek yang cenderung kecil pada gula darah.

Meskipun demikian, kandungan serat dalam alpukat termasuk tinggi sehingga mengenyangkan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Mama dapat mengonsumsi alpukat sebagai isian dalam roti, diolah menjadi campuran salad, atau memakannya langsung dengan tambahan ekstrak lemon dan sedikit rempah untuk mendapatkan rasa segar dan gurih.

Hindari untuk mengonsumsi alpukat bersamaan dengan susu kental manis karena tambahan gula yang berlebihan justru memicu peningkatan kadar gula darah, Ma.

Itu lah beberapa pilihan buah-buahan yang dapat Mama konsumsi selama kehamilan jika menderita diabetes. Jangan lupa untuk menambahkan sayur-sayuran dan mengonsumsi air putih yang cukup agar nutrisi dalam tubuh seimbang, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.