7 Cara Mengatasi Ketiak dan Leher yang Hitam saat Hamil

Sering terjadi di trimester kedua, begini cara mengatasinya, Ma

7 April 2021

7 Cara Mengatasi Ketiak Leher Hitam saat Hamil
Freepik/user18526052

Ketika sedang hamil, selain perut yang kian membesar, berbagai perubahan pun akan dialami banyak ibu hamil. Mulai dari rambut yang rontok, kaki bengkak, hingga perubahan warna kulit yang menghitam pada beberapa bagian tertentu.

Kondisi kulit menghitam saat hamil disebut melasma. Umumnya kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon semasa kehamilan yang merangsang produksi melanin dalam tubuh mama. 

Melasma sendiri umumnya terjadi dengan munculnya bercak menghitam pada area tertentu yang sebelumnya memang sudah menghitam. Misalnya seperti ketiak dan leher.

Meski umum terjadi pada ibu hamil trimester kedua, kondisi tersebut sering membuat ibu hamil tidak percaya diri.

Untuk itu, ketahui cara mengatasi ketiak dan leher hitam saat hamil dengan benar yuk, Ma! Berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya yang bisa Mama lakukan.

1. Menghindari waxing

1. Menghindari waxing
Freepik/nensuria

Bulu-bulu halus yang ada pada ketiak sering kali membuat penampilan mama merasa terganggu, sehingga cara yang mudah dan banyak dilakukan untuk menghilangkannya adalah dengan melakukan waxing.

Namun, saat hamil sebaiknya kegiatan waxingdihindari ya, Ma. Sebab dengan melakukan waxing, justru ini akan memperparah kondisi melasma yang akan membuat bagian kulit ketiak menjadi semakin menghitam.

2. Menggunakan tabir surya

2. Menggunakan tabir surya
Pexels/Moose Photos

Tak hanya wajah, Mama juga bisa mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen pada bagian leher, Ma. Hal ini berguna agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung.

Mama juga disarankan untuk tidak melakukan kegiatan di luar ruangan pada pukul 10 hingga 3 siang, sebab di jam tersebut paparan sinar matahari sangat kuat dan bisa merusak kulit dan menimbulkan kehitaman, Ma.

Namun jika memang kondisi mengharuskan Mama ke luar rumah pada jam tersebut, Mama bisa mengenakan pakaian panjang dan topi saat sedang melakukan kegiatan di luar ruangan. 

Editors' Picks

3. Hindari kandungan skincare yang dapat memperburuk melasma

3. Hindari kandungan skincare dapat memperburuk melasma
Pexels/rodnae-prod

Melasma sendiri juga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan iritasi atau memperburuknya, Ma. Salah satu cara adalah dengan memerhatikan kandungan skincare yang Mama gunakan selama kehamilan. 

Meski saat ini sudah banyak kandungan skincareyang aman digunakan oleh ibu hamil, Mama juga perlu menghindari kandungan yang dapat mengiritasi dan memperburuk melasma. Misalnya seperti kandungan kedelai.

4. Hentikan penggunaan deodorant yang membuat iritasi

4. Hentikan penggunaan deodorant membuat iritasi
Freepik/gpointstudio

Penggunaan deodorant memang masih menjadi primadona bagi banyak orang. Selain untuk mengatasi bau badan, juga untuk membantu mencerahkan kulit ketiak. 

Namun, penggunaan deodorantsendiri juga perlu diperhatikan, Ma. Jika membuat kulit terasa gatal, panas terbakar, atau membuat kulit menjadi semakin menghitam secara drastis, sebaiknya hentikan penggunaan deodoranttersebut ya, Ma.

Mama bisa menggantinya dengan deodorantlain yang jauh lebih aman untuk kulit mama.

5. Menggunakan lidah buaya

5. Menggunakan lidah buaya
Freepik

Cara alami yang bisa Mama gunakan adalah menggunakan lidah buaya. Penggunaan lidah buaya dikatakan cukup efektif untuk mengatasi ketiak dan leher yang hitam saat hamil.

Mama bisa mengoleskan gel lidah buaya, lalu biarkan selama kurang lebih satu jam sambil diberikan pijatan lembut dan perlahan. Setelah itu, bersihkan sisa gel dengan air bersih. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal ya, Ma.

6. Menggunakan air lemon dan olive oil

6. Menggunakan air lemon olive oil
Freepik/master1305

Lemon menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Mama bisa memanfaatkan air lemon yang berguna untuk mencerahkan, dengan campuran olive oil agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Perpaduan keduanya bisa Mama gunakan untuk mengatasi permasalahan ketiak dan leher yang menghitam saat hamil. Gunakan keduanya secara teratur guna mendapat hasil yang maksimal ya, Ma.

Namun, tetap perhatikan kondisi kulit juga ya, Ma. Jika terjadi iritasi atau membuat rasa tidak nyaman setelah pemakaian keduanya, Mama bisa menghentikan penggunaannya ya!

7. Mencukupi kebutuhan asam folat

7. Mencukupi kebutuhan asam folat
Freepik

Ibu hamil memang sangat dianjurkan untuk mencukupi keutuhan asam folat harian. Selain berguna untuk kesehatan janin yang dikandung, asam folat juga berguna untuk mencegah pigmentasi dan komplikasi lainnya selama kehamilan, Ma.

Menurut beberapa ahli, perubahan warna kulit juga bisa disebabkan karena ibu hamil kurang memenuhi asupan asam folat dalam tubuhnya. Itulah mengapa penting bagi ibu hamil untuk mencukupi nutrisi harian, salah satunya yaitu asam folat.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk membantu mengatasi ketiak dan leher yang hitam saat hamil. Semoga bermanfaat dan bisa dicoba di rumah ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.