Kehamilan Minggu Ke-17

Beginilah perkembangan janin di minggu ini

19 Januari 2018

Kehamilan Minggu Ke-17
Freepik

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-17

Bayangkanlah bayi yang sedang menghisap ibu jarinya, mungil dan menggemaskan. Itulah yang bisa dilakukan janin pada kehamilan minggu ke-17. Dari kepala hingga bawah, ukurannya bisa mencapai 19,5 cm. Lemak mulai mengisi tubuhnya, ini membuatnya merasa tetap hangat. Saat dia lahir nanti, lemak akan mencapai 2/3 berat tubuhnya.

Sekarang bulu matanya mulai tumbuh. Kerangka tubuhnya yang semula hanya tulang rawan berubah menjadi tulang. Tali pusar, jalur hidupnya ke plasenta menjadi lebih tebal dan lebih kuat. Minggu ini kelenjar keringatnya mulai berkembang.

Seperti Ini Kehamilan Minggu ke-17 Mengubah Kehidupan Mama

Rahim kamu saat ini kira-kira berada 5 Cm di bawah pusar kamu. Saat rahim mengisi panggul, ini akan mendorong ke usus kamu dan menggesernya ke samping. Perut bagian bawah akan membengkak. Plasenta terus berusaha memberi makan janin kamu, jaringan pembuluh darah terus mengantarkan nutrisi dan membuang kotoran yang tidak diperlukan.

Kalau kamu merasa mata kamu kering, kamu bisa konsultasikan obat apa yang aman untuk jadi pelumas bagi mata kamu. Perbanyak minum air mineral. Jika lensa kontak jadi tidak nyaman dipakai, ganti atau coba pakai ulang. Teteskan cairan khusus untuk mata kamu. Hindari pemakaian lensa kontak dalam rentang waktu yang terlalu lama.

Editors' Picks

Lakukan dan Larangan

Untuk mengurangi gangguan pencernaan dan meminimalisir keluhan heartburn, kamu bisa atur pola makan menjadi 6 porsi kecil dalam sehari. Ini lebih baik dibanding 3 porsi besar dalam sehari. Kamu bisa saja mengalami gangguan pencernaan karena hormon kehamilan yang memperlambat proses kerja pencernaan. Dengan porsi kecil yang lebih sering bisa membantu kamu menghindari rasa mual.

Jika biasanya kamu tidak pernah mengalami migrain, pada kehamilan minggu ke-17 mungkin kamu akan mengalaminya untuk pertama kali. Ini bisa disebabkan hormon estrogen yang berfluktuasi. Migrain tidak bisa diredam dengan minum obat, kamu hanya perlu menghindari pemicunya seperti kafein, coklat dan MSG.

Jika pekerjaan kamu terlibat dalam pelayanan terhadap klien, beri tahu mereka jika kamu sedang hamil. Mulai cari pengganti, dan yakinkan pada klien kamu bahwa pengganti kamu adalah orang yang tetap untuk menggantikan kamu selama kamu tidak bisa bertugas.

Bagaimana Membuat Hubungan dengan Mertua Semakin Asyik

Pada kehamilan minggu ke-17, kamu bisa melakukan pemeriksaan rutin. Kirimkan hasil tes USG ke mertua kamu melalui email atau chat WhatsApp. Kirimkan foto dan berikan penjelasan tentang keadaan bayi mungil yang ada dalam kandungan kamu. Ceritakan tentang perasaan kamu kepada mertua, rasa senang, penasaran, tidak sabar yang menyatu. Mungkin mertua kamu juga merasakan hal yang serupa.

Lakukan Jika Ini Bukan Anak Pertama

Beritahu juga perkembangan janin yang ada di kandungan kamu pada si kakak. Buat kakak merasa penasaran. Mungkin akan ada pertanyaan bagaimana caranya agar ia bisa melihat adiknya yang ada di dalam perut mama? Ceritakan tentang alasan Mama melakukan USG dan perlihatkan hasil foto setelah cek kehamilan.