Kehamilan Minggu Ke-20

Jaga pola makan Mama selama kehamilan, inilah perubahan yang akan terjadi pada Mama dan janin

22 Januari 2018

Kehamilan Minggu Ke-20
Freepik

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-20

Berat bayi dalam kandungan saat ini hampir 300 gram dan panjangnya mencapai 24 cm dari kepala hingga bawah. Panjangnya hampir seperti pisang import yang masih segar. Alat kelaminnya semakin terbentuk sempurna dan ia terus berputar menggerakan tubuhnya.

Perkembangan janin pada minggu ke-20 terjadi begitu cepat. Janin terus berlatih untuk napas pertamanya di luar rahim. Ia mencoba menggerakkan dadanya ke atas dan ke bawah seolah-olah ia bisa bernapas melalui hidung.

Bayi di dalam perut bisa menerima asupan nutrisi lebih banyak sekarang. Ini sangat bagus untuk melatih sistem pencernaannya. Ia akan memproduksi mekonium, yang akan terus tertumpuk dalam perutnya. Nantinya ini menjadi sesuatu yang lengket seperti kotoran manusia berwarna hitam.

Kamu akan melihat ini pada popok sesaat bayi dilahirkan. Sebagain bayi membuang mekonium saat proses persalinan.

Beginilah Kehamilan Minggu Ke-20 Mengubah Kehidupan Mama

Lihat perut Mama sekarang, selamat kehamilan di minggu ke-20 telah membuat perubahan pada tubuh kamu. Semua orang dapat melihatnya. Rahim sekarang berbentuk oval, hampir rata dengan pusar kamu dan terus bertumbuh sekitar 1 cm setiap minggunya.

Tanpa menggunakan doppel untuk mendengarkan detak jantung bayi dalam kandungan, biasanya dokter sudah bisa menggunakan stetoskop. Ini memudahkan bagi dokter atau bidan kamu.

Perbanyak konsumsi zat besi minggu ini. Makanlah daging merah, bayam, kacang polong, dan sereal lebih banyak. Kamu juga bisa jadikan kismis sebagai cemilan untuk menambah nutrisi zat besi.

Jika kamu mengalami sembelit, jangan takut karena jus prune bisa membantu kamu mengatasinya secara alami. Kandungan zat besi dari jus prune juga cukup bagus untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Editors' Picks

Ini yang perlu Dilakukan pada Kehamilan Minggu ke-20

Bayi di dalam kandungan sangat membutuhkan kalsium untuk pembentukan gigi dan tulang di minggu ini. Makanlah keju dan perbanyak minum susu kedelai. Kebanyakn ibu hamil tidak merasa mual karena keju dan susu kedelai. Mungkin kamu juga bisa merasa cocok untuk menyediakan ini lebih banyak di lemari makan kamu.

Hubungan dengan Suami

Ajaklah pasangan untuk menemani kamu kontrol kehamilan rutin. Biarkan suami kamu ikut mendengar detak jantung bayi yang ada di dalam kandungan. Ia harus merasa lebih dekat dengan bayinya. Suami kamu juga perlu mendengarkan informasi berharga yang dijelaskan oleh dokter kandungan.

Kehamilan Kembar

Jika kamu sedang hamil janin kembar, kamu perlu makanan tambahan sekitar 450 sampai 600 kalori setiap hari. Perbanyak asam folat, zat besi, protein dan vitamin C jika sedang mengandung janin kembar.

Nutrisi yang cukup baik untuk mendukung perkembangan janin pada minggu ke-20. Beberapa makanan atau minuman yang bisa jadi pilihan antara lain yogurt rendah lemak, alpukat, keju, atau smoothies buah berbahan susu skim. Kamu juga bisa mencoba buat sendiri di rumah. Persiapan seperti ini bisa membangun keterikatan yang kuat antara Mama dan bayi yang ada di dalam kandungan.