Kehamilan Minggu ke-21

Inilah perkembangan yang terjadi pada kehamilan Mama

17 Februari 2018

Kehamilan Minggu ke-21
Freepik/yanalya

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-21

Setelah memasuki minggu ke-21, berat janin bisa mencapai 330 gram dan panjangnya sekitar 26 cm. Sekarang sistem pencernaannya cukup canggih, bayi dalam kandungan Mama bisa menelan air ketuban.

Meminum cairan bernutrisi bisa membantu janin menjadi semakin gemuk. Sistem pencernaan dilatih untuk bekerja lebih keras sehingga saat ia terlahir nanti sudah siap untuk digunakan sesuai fungsinya.

Dia mulai merasakan apa yang dikecap berkat alat perasa yang telah berkembang di lidahnya. Sel saraf bekerja lebih keras sehingga berkembang lebih cepat untuk lima indra.

Proses perkembangan janin di minggu ke-21 membuat bayi sering bergerak dalam perut mama. Kamu juga akan semakin sering merasakan seperti ada yang sedang latihan bela diri di dalam perut.

Gerakannya bisa mengepakkan tangan ke dua sisi atau membuat tendangan yang hebat ke satu sisi dengan penuh dorongan. Kamu bisa menemukan pola aktivitasnya dan segera mengenalnya lebih baik dari sebelumnya.

Di wajahnya mulai terlihat alis yang semakin menebal dan kelopak matanya sudah terbentuk. Jika kamu sedang mengandung bayi perempuan, vaginanya kini mulai terbentuk.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-21 Mengubah Kehidupan Mama?

Rahim kamu semakin melebar, sekarang posisinya 1,25 cm di atas pusar. Keadaan di trimester dua pasti lebih baik jika dibandingkan trimester pertama. Mual sudah tidak terasa lagi biasanya, pada kehamilan minggu ke-21 ini.

Perubahan bentuk tubuh kamu mulai meyakinkan orang lain bahwa kamu sekarang adalah ibu hamil. Sudah kodratnya kamu mendapat kemudahan dengan diistimewakan dari lingkungan sekitar kamu.

Saat waktu kerja, kamu juga tidak membutuhkan banyak waktu istirahat lagi. Sekarang mungkin kamu sudah bisa merasa lebih energik dan bersemangat.

Jika kamu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, maka wajah kamu tidak akan terlihat pucat. Ada rona di wajah yang membuat kamu terlihat lebih segar.

Sekitar pipi dan dagu mungkin bertambah gemuk. Tapi tenang saja, ini tidak membuat kamu terlihat aneh, kamu tetap cantik dan aura kebahagiaan akan terpancar dari dalam diri kamu.

Lakukan dan Larangan

Jangan stres dengan setiap fase kehamilan yang sedang mama jalani. Kamu butuh menenangkan diri, semua akan baik-baik saja. Dengarkan lagu yang membuat kamu merasa relaks.

Lakukan minimal lima kali dalam sehari, tersenyulah mama. Ini akan membuat kamu merasakan kenikmatan dan kesenangan tersendiri. Mulailah untuk lebih sering merasa bersyukur. Tidak setiap perempuan seberuntung mama.

Lihat kondisi hari ini, kamu tetap terlihat baik-baik saja dan ada janin yang sedang bertumbuh di dalam perut kamu.

Editors' Picks

Bagaimana Jika Masih Merasa Mual Pada Kehamilan Minggu ke-21?

Segera konsultasikan ke dokter kandungan mama, biasanya dokter akan memberikan vitamin B6. Fungsinya agar membantu kamu meringankan mual. Jika kamu merasakan mual yang cukup hebat, biasanya dokter memberikan suplemen mengandung vitamin B6 dengan dosis lebih tinggi seperti PremesisRx, kandungannya sudah dikombinasikan dengan asam folat dan kalsium karbonat.

Jika mama membutuhkan vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual, bisa juga dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, bayam, dan kacang-kacangan.

Apa yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu ke-21?

Saat berjalan di mal, mungkin mama melihat toko pakaian bayi. Rasanya ingin membeli banyak untuk persiapan nanti setelah persalinan. Ingat, sebelum membelanjakan bermacam keperluan bayi mama lebih baik cari tahu terlebih dulu jenis kelamin bayi yang sedang dikandung.

Jika sudah mengetahui barulah mama bisa mempersiapkan pakaian, perlengkapan bayi dan interior kamar.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah tetap melakukan olahraga secara rutin. Kali ini mungkin mama akan mudah merasa haus, siapkan minuman elektrolit dan minumlah setiap 15 menit selama melakukan olahraga.

Indikator apakah kamu kekurangan cairan atau tidak adalah dilihat dari urin kamu, jika warnanya bening maka tubuh kamu cukup cairan, jika warnanya keruh dan agak gelap maka kamu perlu lebih banyak cairan. Minumlah lebih banyak jika urin kamu berwarna lebih gelap, jangan mengabaikan ini karena bisa membuat perut bagian bawah terasa sakit saat buang air kecil.

Hubungan Intim dengan Suami

Pada kehamilan minggu ke-21 libido kamu biasanya meningkat. Jika merasa tidak nyaman dengan posisi hubungan intim, itu mungkin karena perut kamu mulai menjadi penghambat dan membuat tidak nyaman.

Posisi misionaris kadang membuat perut kamu merasa ngilu seperti ada tekanan setiap suami melakukan dorongan.

Cobalah Posisi kamu yang berada di atas. Kamu bisa bergerak lebih leluasa dan bisa mengayunkan tubuh sesuai keinginan kamu. Kamu juga bisa mengukur sedalam apa yang kamu inginkan sehingga membuat kamu merasa lebih nyaman saat melakukan hubungan intim dengan suami.

Topic: