Arti Mimpi Menggendong Bayi Laki-Laki saat Hamil, Baik atau Buruk Ya?

Kira-kira artinya apa ya, Ma?

25 Agustus 2021

Arti Mimpi Menggendong Bayi Laki-Laki saat Hamil, Baik atau Buruk Ya
Pexels/Laura Garcia

Ibu yang sedang mengandung umumnya merasa bahwa mereka bermimpi lebih sering dari sebelumnya. Kilasan yang mereka lihat dalam tidur pun biasanya terlihat lebih nyata daripada saat mereka sedang tidak hamil. Namun di antara sekian banyak gambaran yang muncul, salah satu yang paling jadi pertanyaan adalah arti mimpi menggendong bayi laki-laki saat hamil.

Para ahli sains mengungkapkan bahwa mimpi yang terlihat nyata dan membekas saat hamil adalah pengaruh perubahan hormon dan pola tidur. Meski demikian, masyarakat percaya bahwa mimpi ini bukan sekadar bunga tidur, melainkan memiliki arti tertentu. Berikut beberapa tafsiran arti mimpi menggendong bayi laki-laki saat hamil, yang berhasil dirangkum oleh Popmama.com.

1. Rezeki dan keberuntungan

1. Rezeki keberuntungan
Unsplash/Kelly Sikkema

Secara umum, mimpi menggendong bayi laki-laki memang diartikan sebagai pertanda baik. Jika Mama memimpikannya dalam kondisi hamil, kemungkinan akan ada kebahagiaan dan keberuntungan yang akan muncul terkait kelahiran sang Bayi.

Mama mungkin akan mendapatkan rezeki, kehormatan, atau hal menyenangkan lain terkait si Kecil. Namun mungkin juga hal menyenangkan itu tidak berkaitan dengan bayi. Tapi apapun itu, kehadiran si Kecil nanti pastinya memang menjadi hal yang luar biasa kan, Ma!

2. Petunjuk jenis kelamin

2. Petunjuk jenis kelamin
Unsplash/Adele Morris

Mimpi menggendong bayi laki-laki saat hamil bisa juga menjadi petunjuk bahwa janin di dalam perut mama adalah baby boy! Pendapat inilah yang paling populer di kalangan masyarakat dan dianggap memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Zaman dulu, sebelum USG menjadi hal lumrah, ibu hamil maupun keluarga lainnya merasa sering mendapat petunjuk tentang jenis kelamin bayi lewat mimpi. Apa yang mereka lihat itu konon hampir selalu tepat sehingga keluarga bisa mempersiapkan semuanya dengan baik sebelum kelahiran bayi.

Editors' Picks

3. Akan ada konflik dalam keluarga

3. Akan ada konflik dalam keluarga
Pexels/Anna Shvets

Mimpi bertemu atau menggendong bayi laki-laki bisa juga memiliki arti bahwa Mama akan mengalami konflik dengan pasangan. Kemungkinan akan ada perdebatan atau perbedaan pendapat yang akan Mama dan Papa hadapi terkait suatu hal.

Meski demikian, tak perlu menganggapnya sebagai firasat buruk atau ketakutan. Terlepas dari benar atau tidaknya arti tersebut, pada dasarnya pasangan yang sedang menantikan anak akan memiliki ego masing-masing terkait buah hati, mulai dari soal memilih nama, cara persalinan, bagaimana pola asuhnya nanti, serta masalah lainnya.

Perasaan ibu hamil yang cenderung sensitif juga akan memberikan kontribusi terkait konflik yang mungkin muncul. Karenanya, Mama jangan terlalu khawatir ya. Pahami setiap masalah dan bicarakan baik-baik dengan pasangan.

4. Adanya masalah kesehatan

4. Ada masalah kesehatan
Unsplash/Carolina Heza

Mimpi bertemu bayi memang tak selamanya memiliki arti baik. Ada beberapa tafsir yang menyebutkan bahwa pertemuan Mama dengan sosok bayi laki-laki mungkin adalah tanda bahwa tubuh mama sedang mengalami gangguan kesehatan. Mimpi ini muncul sebagai bentuk keluhan tubuh yang diam-diam sedang menahan sakit akibat organ yang tidak berfungsi dengan baik.

Namun hal ini cukup wajar, Ma. Selama kehamilan, ada berbagai proses berat yang akan Mama rasakan mulai dari morning sickness, tekanan darah yang naik turun, serta keluhan lainnya. Ditambah lagi, Mama sering mengalami kesulitan tidur sehingga perasaan tidak menyenangkan ini mungkin saja muncul di alam bawah sadar.

5. Petunjuk untuk mempersiapkan diri

5. Petunjuk mempersiapkan diri
Pexels/RODNAE Productions

Mimpi menggendong bayi laki-laki juga bisa memiliki arti bahwa Mama harus segera bersiap untuk menghadapi hal besar. Beberapa orang menganggap hal ini sebagai petunjuk tentang datangnya hal besar yang harus dihadapi sehingga membuat Mama perlu waspada baik secara fisik, mental, atau finansial.

Namun hal yang datang ini tidak selalu buruk, bahkan mungkin akan memberikan hikmah dan kebahagiaan. Faktanya, jika kita pikirkan lagi, arti mimpi ini memang sangat beralasan. Apapun yang terjadi di masa depan, kehadiran bayi adalah hal besar yang harus Mama persiapkan, bukan?

6. Bawaan emosi dan mental

6. Bawaan emosi mental
Pexels/Matilda Wormwood

Kehadiran mimpi dalam tidur pada dasarnya bisa dijelaskan secara ilmiah. Pada dasarnya apa yang terlihat adalah gambaran alam bawah sadar mama sendiri. Misalnya jika sebelum tidur Mama memikirkan tentang kehadiran seorang bayi laki-laki, maka hal itu bisa saja terbawa hingga alam mimpi.

Selain itu, kondisi emosi dan mental sebelum beranjak tidur juga bisa menjadi pemicu. Ada kemungkinan Mama mendapat stimulasi tentang sosok bayi laki-laki, namun tanpa sadar hal itu masuk ke alam bawah sadar sehingga muncul dalam mimpi. Intinya, kadang Mama memang tidak perlu terlalu risau dengan apa yang terlihat dalam mimpi.

7. Merasa ada beban

7. Merasa ada beban
Pexels/Andrea Piacquadio

Makna lain dari menggendong bayi laki-laki adalah Mama mungkin merasakan adanya beban yang harus ditangggung. Sebagian besar orang menganggap hal ini sebagai pertanda akan datangnya sebuah tanggung jawab besar yang harus dipikul. Namun para ahli sains mengungkapkan bahwa ini adalah representasi kegelisahan mama terkait sosok si Kecil yang akan hadir tak lama lagi.

Itulah beberapa arti mimpi menggendong bayi laki-laki saat hamil yang telah Popmama.com rangkum. Apapun artinya, Mama sebaiknya tidak menjadikan hal ini sebagai sumber kegelisahan. Terlepas dari percaya atau tidak, jangan lupa untuk terus berdoa kepada Tuhan ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk