Sempat 3 Kali Gagal Bayi Tabung, Anisa Rahma Terharu Hamil Anak Kembar

Tangis haru Anisa Rahma pecah saat melihat hasil test pack dua garis biru untuk pertama kalinya

23 Mei 2022

Sempat 3 Kali Gagal Bayi Tabung, Anisa Rahma Terharu Hamil Anak Kembar
Popmama.com/Sania Chandra

Mantan personel Cherrybelle, Anisa Rahma, kini sedang diselimuti rasa bahagia. Karena bagaimana tidak? Setelah menanti kehadiran momongan selama empat tahun lamanya bersama Anandito Dwis, kini ia dikabarkan tengah mengandung bayi kembar.

Perlu proses panjang yang dilalui keduanya untuk berada di tahap ini. Apalagi setelah konsultasi ke dokter, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Anisa mengalami penyumbatan pada tuba falopinya. Sehingga ia berpikir bahwa kesempatan untuk mendapatkan kehamilan alami berkurang.

“Jadi benar-benar yang saluran dari sperma menuju telurnya itu tersumbat, jadi kalau misalnya untuk alami sangat sulit sekali,” kata Anisa Rahma dalam acara Press Conference di kawasan Tangerang, Minggu (23/5/2022).

Dari kondisi itu, dokter menyarankan Anisa untuk menjalani bayi tabung. Namun, keduanya sempat dua kali gagal program bayi tabung.

Kegagalan tersebut cukup mengguncang Anisa dan Anandito Dwis. Apalagi mereka dikelilingi orang-orang yang sebagian besar sudah berumah tangga dan telah mempunyai anak.

“Kita dikelilingi orang-orang yang sudah punya anak. Keluarga juga suka nanyain dan itu dirasa cukup berat. Ini sempat membuat kita istirahat dulu nggak mau ketemu siapa-siapa,” kata Anandito Dwis.

Penuh perjuangan yang mengharukan, berikut Popmama.com telah siapkan ulasan selengkapnya terkait kehamilan Anisa Rahma.

1. Anisa Rahma ceritakan momen haru saat pertama kali tahu dirinya hamil

1. Anisa Rahma ceritakan momen haru saat pertama kali tahu diri hamil
Popmama.com/Sania Chandra

Tidak menyerah untuk mempunyai momongan, Anisa dan Anandito kembali mencoba program bayi tabung untuk ke-4 kalinya.

Dengan diiringi ikhtiar dan menyerahkan semuanya kepada yang maha kuasa, akhirnya Anisa dinyatakan positif hamil pada bulan Maret 2022.

“Alhamdulillah di tahun 2022 di bulan Maret, kita baru pertama melihat dua garis itu terharu banget. Selama ini cuma ngeliat satu garis doang. Awalnya sempat ngira ini pasti garis satu lagi. Sudah pasrah. Pas dilihat ternyata ada garis samar,” ungkap Anisa Rahma.

Merasa tidak yakin dengan apa yang ia lihat, Anisa akhirnya mencoba tes lagi dengan test pack kedua, dan ternyata hasilnya sama. Sambil menangis penuh haru, ia langsung mengabari suaminya.

“Dicoba test pack yang keduanya. Aku langsung nangis dan bilang ke Abi ini dua garis. Doa kita akhirnya terjawab oleh Allah,” lanjutnya.  

Editors' Picks

2. Anisa Rahma ngidam cimol saat hamil

2. Anisa Rahma ngidam cimol saat hamil
Popmama.com/Sania Chandra

Momen mual akibat hamil ternyata menjadi salah satu hal yang paling ditunggu Anisa. Ia pun sudah mulai merasakan mual-mual itu sejak kandunganya memasuki tiga bulan. 

“Sebenarnya dari dulu pengen banget merasakan mual mual itu. Dan aku bi bulan ketiga baru merasakan mual kayak nyium bau lebih menyengat. Atau baunya kayak nggak enak jadi aku jarang pakai parfum kalau ke mana-mana,” tutur Anisa Rahma.

Selain itu, Anisa juga sudah merasakan tahap ngidam nih, Ma. Menariknya, makanan yang diidamkan oleh perempuan kelahiran 12 Oktober 1990 ini adalah cimol.

Namun tidak cimol sembarangan, Anisa meminta Anandito untuk membelikan cimol langganannya yang berada di salah satu kawasan tempat wisata di bandung.

“Kemarin sempat ngidam cimol. Bahkan mintanya cukup detail. Anisa maunya khusus yang ada di tempat wisata. Karena belum sempat ke sana akhirnya nyoba yang dekat rumah tapi karena rasanya beda jadi akhirnya nggak dihabisin sama dia,” jelas Anandito Dwis.

3. Anandito Dwis masih tidak menyangka akan dikaruniai anak kembar

3. Anandito Dwis masih tidak menyangka akan dikaruniai anak kembar
Popmama.com/Sania Chandra

Anandito mengaku dirinya tidak menduga akan dikaruniai anak kembar sekaligus. Menurutnya, mengetahui kabar istrinya hamil saja sudah dirasa sangat cukup. Namun memang Tuhan selalu mempunyai rencana terbaik bagi setiap umatnya.

“Kehamilan kembar ini beneran nggak expect. Sudah diberi hasil positif itu saja sudah Alhamdulillah ya Allah. Sudah segala perjuangan, segala penantian terbayarkan. Sekarang Alhamdulillah kita diberi kesempatan untuk menjadi orangtua,” ujar Anandito Dwis.

Dalam mengandung bayi kembar ini, Anisa sudah merasakan perubahan-perubahan yang dialami tubuhnya. Baby bump miliknya dari hari ke hari semakin terasa membesar, apalagi di dalamnya ada dua bayi sekaligus.

Ia juga sudah tidak bisa makan banyak karena perutnya mudah sekali penuh. Anisa pernah makan satu porsi makanan, namun ia tidak sanggup menghabiskannya, dan malahan berujung memuntahkannya.

“Jadi sekarang sudah mau empat bulan, perutnya sudah keliatan gitu karena ada dua bayinya. Dan akhir-akhir ini kalau makan itu nggak bisa makan banyak karena perutnya kayak cepat penuh. Pernah makan satu porsi itu langsung kayak muntah gitu, karena nggak muat kali ya sempit, tapi itu lucu aja sih pengalaman baru,” ucap Anisa Rahma.

4. Mulai membatasi kegiatan Anisa Rahma demi menjaga kesehatan kehamilannya

4. Mulai membatasi kegiatan Anisa Rahma demi menjaga kesehatan kehamilannya
Popmama.com/Sania Chandra

Seperti suami kebanyakan, Anandito menunjukkan sisi protektifnya di kehamilan istrinya ini. Ia sebisa mungkin membatasi kegiatan yang dilakukan Anisa, baik untuk urusan pekerjaan maupun kumpul bersama teman dan keluarga.

“Kalau ada kegiatan kayak pekerjaan cukup dibatasin. Kalau ada acara kumpul atau acara lain, kalau dirasa nggak penting mending di rumah aja,” kata Anandito Dwis.

Tak hanya membatasi kegiatan Anisa demi menjaga kehamilannya tetap sehat, Anandito juga melarang Anisa sering naik-turun tangga di rumah. Karena lokasi kamar mereka yang berada di lantai dua, Anandito tanpa ragu rela naik-turun tangga demi memenuhi kebutuhan sang Istri.

“Sampai di rumah pun kan kamarnya di lantai dua, sudah aku yang bawain makanan. Biar piring kotornya aku bawa ke bawah. Saking protektifnya,” cerita Anandito Dwis.

“Dia (suaminya) larang larang juga buat aku bawa barang berat. Jadi kalau bawa barang suka dibantuin. Jadi beneran dijaga banget,” tambah Anisa Rahma.

Sampai saat ini, Anisa dan Anandito masih belum mengungkapkan jenis kelamin anak kembar mereka. Nantinya, mereka akan segera reveal ke publik saat hasilnya sudah 99 persen akurat.

“Kemarin kita lihat di minggu ke-15 jadinya masih belum jelas gendernya cewek atau cowok. Itu mungkin yang sampai saat ini kita nantikan dan diketahui secepatnya,” pungkas Anandito Dwis.

Wah, sekali lagi selamat ya atas kehamilannya Mama Anisa! Mari kita doakan kesehatan Mama Anisa dan bayi kembar di kandungannya ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk