Maag pada Masa Kehamilan? Jangan Panik, Konsumsi Makanan Ini, Ma

Cari tahu yuk Ma, makanan apa sih yang cocok untuk Mama saat mengalami maag pada masa kehamilan?

17 Februari 2020

Maag Masa Kehamilan Jangan Panik, Konsumsi Makanan Ini, Ma
Pexels/freestock

Jika Mama sebelumnya sudah memiliki riwayat maag sebelum hamil, maka ada kemungkinan Mama juga akan mengalaminya pada saat memasuki fase kehamilan, khususnya di kehamilan trisemester kedua.

Walaupun maag menyerang di saat hamil, namun Mama tidak perlu panik lho! Saat Mama panik dan stres, maka hal tersebut juga akan berdampak pada kesehatan janin Mama. 

Karena itu, akan lebih baik kalau Mama tenang dan mencari tahu bagaimana cara mengatasi maag yang Mama alami pada saat kehamilan.

Nah, berikut 7 rekomendasi makanan bagi ibu hamil yang mengalami sakit maag dari Popmama.com, semoga bisa membantu ya Ma.

1. Pisang

1. Pisang
Pexels/pixabay

Buah kuning yang satu ini, sangat digemari oleh setiap orang. Bukan hanya manis dan lembut, ternyata buah pisang juga dapat membantu Mama untuk mengatasi maag yang Mama alami lho!

Tekstur buah pisang yang lumat dapat dengan mudah dicerna oleh usus Mama yang sedang tidak dalam kondisi normal. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan anti-baceterial yang berfungsi mengatasi maag yang sedang Mama alami.

2. Almond

2. Almond
Pexels/mehran b

Salah satu jenis kacang-kacangan yang lezat ini, tenyata juga bermanfaat untuk mengatasi maag yang sedang mama alami. Mama bisa mengolah almond yang akan Mama konsumsi menjadi susu juga lho Ma!

Selain lezat dan mudah diolah, almond juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat membantu menguatkan lapisan perut Mama. Mama juga bisa merasa kenyang lebih lama.

Wah… hebat ya jenis kacang yang satu ini!

3. Mentimun

3. Mentimun
Pexels/angele j

Mungkin Mama biasanya hanya mengkonsumsi mentimun sebagai lalapan saat Mama makan. Namun ternyata mentimun tidak hanya segar dan renyah lho Ma! Mentimun juga efektif untuk mengatasi maag yang Mama alami pada saat kehamilan.

Kandungan cooling agent yang dimiliki oleh mentimun, dapat mendinginkan perut Mama yang melilit akibat maag yang Mama alami. Selain dapat mendinginkan, mentimun juga dapat membersihkan saluran pencernaan Mama.

Hhmm… lezat dan bermanfaat ya Ma!

Editors' Picks

4. Salmon

4. Salmon
Pexels/ oscar mikols

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memilki kandungan omega-3 yang cukup tinggi. Selain bermanfaat bagi janin yang Mama kandung, ikan salmon juga dapat mengatasi maag yang Mama alami.

Wah… dua manfaat sekaligus dalam satu makanan ya, Ma!

5. Bayam

5. Bayam
Pexels/ kaboompics

Sayuran kegemaran karakter Popaye yang satu ini mengandung banyak anti-oxidant yang bermanfaat melawan infeksi dan alergi yang bisa memicu gejala sakit maag. Mama bisa mengolah bayam menjadi sayur bening yang lezat dan hangat lho Ma!

Hhmm… bisa jadi pilihan menu sehari-hari. Tapi mungkin seminggu dua kali sudah cukup ya Ma. Terlalu sering makan bayam juga sebaiknyajangan. Segala yang berlebih kan kurang baik ya Ma.

6. Ubi

6. Ubi
Pexels/ ela haney

Sama halnya dengan bayam, ubi juga memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi. Mama bisa memilih ubi ungu ataupun ubi jalar untuk Mama konsumsi sebagai obat maag secara alami.

Selain dapat mengatasi maag secara alami, ubi juga bertekstur lembut sehingga dapat dengan mudah dicerna oleh pencernaan Mama yang sedang bermasalah.

7. Kacang-kacangan

7. Kacang-kacangan
Pexels/pixabay

Yang terakhir adalah kacang-kacangan. Semua jenis kacang-kacangan dapat sangat bermanfaat bagi pencernaan Mama apalagi jika Mama sedang mengalami maag yang cukup mengganggu masa kehamilan Mama.

Olahan kacang-kacangan juga dapat bervariasi, itu semua tergantung dari kreatifitas yang Mama miliki. Hhmm… kreasi masakan apa ya kira-kira yang cocok untuk hari ini?

Nah, Mama bisa lho menjadwalkan satu jenis makanan diatas untuk dikonsumsi selama 7 hari berturut-turut. Selain memiliki banyak manfaat dan dapat mengatasi masalah maag saat masa kehamilan, jenis makan diatas juga sangat mudah untuk dikreasikan menjadi santapan lezat lho, Ma!

Happy trying!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.