Bolehkah Ibu Hamil Pakai Skincare yang Mengandung Niacinamide?

Niacinamide sering ditemukan pada banyak produk skincare, tapi amankan untuk ibu hamil?

16 April 2024

Bolehkah Ibu Hamil Pakai Skincare Mengandung Niacinamide
Freepik

Selama kehamilan, tubuh menjadi lebih sensitif, termasuk wajah. Hal itulah yang menyebabkan penggunaan skincare yang sebelumnya dapat dipakai mungkin menjadi tidak lagi digunakan ketika hamil.

Ibu hamil mulai menyeleksi skincare berdasarkan keamanan kandungannya untuk dikenakan. Dengan begitu, risiko dari kandungan berbahaya pada skincare tidak akan dialami oleh ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Namun, salah satu kandungan yang sering ditemukan dalam skincare adalah niacinamide. Banyaknya skincare yang mengandung zat ini menimbulkan pertanyaan, seperti bolehkah ibu hamil pakai skincare yang mengandung niacinamide?

Berikut telah Popmama.com ulas jawabannya untuk membantu Mama dalam menyeleksi skincare yang aman digunakan saat hamil. Yuk, disimak, Ma!

Bolehkah Ibu Hamil Pakai Skincare yang Mengandung Niacinamide?

Bolehkah Ibu Hamil Pakai Skincare Mengandung Niacinamide
Freepik

Diketahuinya niacinamide sebagai zat turunan dari vitamin B3 kiranya telah memberikan indikasi mengenai keamanan kandungannya dalam skincare, ya, Ma.

Niacinamide merupakan kandungan skincare yang aman digunakan saat hamil, sehingga boleh dipakai oleh ibu hamil. Kandungan ini dapat menjadi pengganti retinol dalam meringankan bintik-bintik gelap yang kerap muncul apabila Mama memiliki melasma yang berhubungan dengan kehamilan.

Apa Itu Sebenarnya Niacinamide?

Apa Itu Sebenar Niacinamide
Freepik

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin yang sering ditemukan dalam skincare. Kandungan ini diturunkan dari vitamin B3 yang disebut juga dengan niacin.

Dalam dunia dermatologi, niacinamide ditujukan penggunaannya untuk menenangkan dan mencerahkan kulit, serta mengatasi jerawat dan bekasnya.

Apa Manfaat dari Skincare yang Mengandung Niacinamide?

Apa Manfaat dari Skincare Mengandung Niacinamide
Freepik

Dilansir dari Romper, niacinamide dapat membantu memperbaiki struktur permukaan wajah sekaligus menghaluskan kerutan. Bahkan, kandungan antioksidan yang dimilikinya dapat mendukung pembentukan sel kulit yang lebih sehat.

Namun, tidak hanya itu, niacinamide juga dapat membantu meredakan efek inflamasi yang kerap terjadi saat hamil. Dengan kandungan antiinflamasi yang dimilikinya, niacinamide dari skincare mama dapat membantu kulit lebih bersih dari kemerahan peradangan.

Jadi, ibu hamil boleh pakai skincare yang mengandung niacinamide, ya, Ma.Semoga informasi di atas membantu!

Baca juga:

The Latest