Kenali Kandungan dan Manfaat dari Suplemen Folamil Genio

Benarkah suplemen ini bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil?

7 Maret 2019

Kenali Kandungan Manfaat dari Suplemen Folamil Genio
Bukalapak

Saat hamil, memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral menjadi hal penting, terutama untuk membantu menunjang tumbuh kembang janin.

Berbagai cara pun bisa dilakukan oleh ibu hamil, termasuk salah satunya dengan mengonsumsi suplemen prenatal yang diresepkan oleh dokter. Ingat ya, Ma, penting untuk selalu berkonsultasi dan mematuhi anjuran dokter saat ingin mengonsumsi suplemen prenatal.

Salah satu suplemen yang banyak dikonsumsi oleh ibu hamil adalah Folamil Genio. Suplemen berisi 30 kapsul dalam setiap kemasannya ini diklaim memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, terutama untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Berikut informasi tentang Folamil Genio yang perlu Mama ketahui seperti dirangkum oleh Popmama.com:

1. Apa itu Folamil Genio?

1. Apa itu Folamil Genio
Freepik/Yanalya

Folamil Genio adalah salah satu jenis suplemen multivitamin dan mineral untuk ibu hamil dan juga ibu menyusui. Konsumsi suplemen ini dianggap baik untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Kandungan vitamin dan mineral sesuai kebutuhan Mama.

Diproduksi oleh PT Dexa Medica, dalam setiap kemasannya suplemen ini berisi 30 kapsul. Memiliki kemasan berwarna putih dan pink, Folamil Genio menjadi salah satu jenis suplemen yang banyak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Produk ini dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 135.000, Ma.

Pada dasarnya, konsumsi suplemen diberikan oleh dokter untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi penting Mama. Terutama jika Mama sehari-harinya sulit untuk mengonsumsi makanan atau minuman bergizi untuk mendapatkan cukup vitamin dan mineral. Dari situlah, Mama dianggap perlu untuk rutin minum suplemen tambahan.

2. Manfaat dan penggunaan

2. Manfaat penggunaan
Freepik/Whatwolf

Seperti disebutkan sebelumnya, suplemen Folamil Genio digunakan untuk membantu mengatasi masalah kekurangan nutrisi pada ibu hamil. Berbagai kandungan vitamin dan mineral penting dalam suplemen ini dianggap bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil.

Mulai dari asam folat, betakaroten, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, kalsium, vitamin B12, vitamin D3, vitamin K1, biotin, iron polymaltose complex (IPC), DHA (docahexaenoic acid) dare algae, dan ARA (arachidonic acid).

Agar kandungan vitamin dan mineral di dalam Folamil Genio ini bisa terjaga dengan baik, perhatikan juga cara penyimpanannya ya, Ma.

Simpan suplemen ini di dalam suhu ruangan, hindari dari paparan cahaya matahari secara langsung karena bisa merusak komposisi vitamin dan mineral di dalamnya. Hindari juga menyimpannya di tempat yang lembab.

Jika ragu, Mama bisa bertanya pada apoteker saat membelinya. Jangan lupa juga untuk memerhatikan tanggal kedaluwarsa untuk menjaga mutu dari suplemen ini.

Baca juga: Ini yang terjadi pada Ibu Hamil ketika Mengonsumsi Vitamin Prenatal

Editors' Picks

3. Dosis dan aturan minum

3. Dosis aturan minum
Freepik/phduet

Untuk mendapatkan manfaat dari Folamil Genio, Mama bisa mengonsumsinya cukup satu kapsul per hari.

Namun apabila dokter memberikan dosis lain, Mama bisa berkonsultasi terlebih dahulu dan ikuti anjuran dari dokter, ya. Yang terpenting, ingatlah bahwa konsumsi suplemen ini sebaiknya tidak dibarengi dengan obat lain, apalagi tanpa resep dokter.

Konsumsi sembarang obat dengan suplemen berisiko menimbulkan interaksi tertentu dalam tubuh.

Akan lebih baik juga jika Mama mengonsumsinya setelah makan, terutama jika Mama punya riwayat masalah pencernaan.

Konsumsi suplemen setelah makan juga diyakini mampu meningkatkan penyerapan dari vitamin dan mineral yang dimilikinya. Karena berbentuk kapsul lunak, suplemen ini bisa diminum langsung dengan air putih.

4. Efek samping

4. Efek samping
Freepik/Pressfoto

Segala sesuatu yang dikonsumsi saat hamil harus memerhatikan anjuran dan dosis dari dokter, ini untuk mencegah terjadinya efek samping atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika suplemen dikonsumsi sesuai dengan aturan dari dokter, efek samping yang terjadi biasanya tidak ada. Namun jika ada beberapa kondisi lain, ada kemungkinan terjadi efek samping.

Hal-hal yang perlu diwaspadai misalnya saat feses berubah menjadi warna kehitaman. Ada kemungkinan tubuh Mama sensitif terhadap beberapa kandungan dalam Folamil Genio ini.

Hindari juga mengonsumsi suplemen ini secara berlebihan atau melebihi dosis dari dokter, ya. Ini juga bisa berisiko membuat kesehatan pencernaan Mama terganggu.

5. Kandungan nutrisi dan mineral

5. Kandungan nutrisi mineral
Freepik/Yanalya

Di dalam Folamil Genio, terdapat beberapa kandungan nutrisi dan mineral yang penting bagi ibu hamil. Ya, setiap vitamin dan mineral tersebut masing-masing memiliki manfaat tersendiri.

Namun selain dari suplemen Folamil Genio, berbagai jenis vitamin dan mineral ini secara alami juga bisa Mama dapatkan dari sumber makanan dan minuman lainnya, lho.

  • DHA (docasahexaenoic acid

DHA sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil untuk menunjang tumbuh dan kembang sistem saraf pusat, otak serta mata janin. Ikan berlemak seperti ikan salmon, tuna dan sarden diketahui mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA. Namun konsumsi ikan jenis ini sebaiknya dibatasi ibu hamil karena kandungan merkurinya yang tinggi.

  • Beta karoten

Vitamin A dalam bentuk beta karoten juga baik untuk ibu hamil, terutama untuk mendukung perkembangan sistem penglihatan janin. Selain itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk memperbaiki sistem imun tubuh Ibu. Vitamin ini banyak terdapat pada sayur dan buah seperti wortel, bayam, brokoli, mangga, dan ubi.

  • Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12 yang masing-masingnya memiliki manfaat penting tersendiri untuk ibu hamil. Mulai dari mengatur sistem saraf, menjaga kesehatan kulit, membantu proses pembentukan sel darah merah, hingga berperan penting dalam sintesis DNA dan mencegah bayi cacat lahir. Vitamin B kompleks ini banyak terdapat pada sayur, buah, telur, ikan, dan gandum.

  • Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terutama untuk proses pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Untuk membantu memenuhi kebutuhan harian kalsium, Mama bisa mengonsumsi susu dan produk olahannya, termasuk yoghurt dan keju.

Nah, ingat ya, Ma, untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral saat hamil. Bisa dari berbagai sumber alami seperti makanan dan minuman sehari-hari, bisa juga dari suplemen prental seperti Folamil Genio. Yang terpenting, ikuti dosis dan anjuran minum dari dokter.