Mama, Yuk Coba 8 Tempat Prenatal Yoga di Jakarta Ini agar Tetap Fit

Siapa bilang ibu hamil tak bisa yoga?

29 Agustus 2019

Mama, Yuk Coba 8 Tempat Prenatal Yoga Jakarta Ini agar Tetap Fit
Freepik/vgstockstudio

Saat hamil, olahraga menjadi salah satu aktivitas penting yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Namun demikian, Mama perlu memilih jenis olahraga yang tidak terlalu berat dan sesuai dengan kondisi kesehatan, ya.

Salah satu jenis olahraga dan latihan fisik yang bisa Mama lakukan selama hamil adalah yoga atau yang lebih dikenal sebagai prenatal yoga.

Pada yoga jenis ini, gerakan-gerakannya akan disesuaikan dengan kondisi tubuh ibu hamil. Dengan demikian, Mama pun bisa melakukannya tanpa perlu khawatir dengan kondisi janin.

Selain itu, pada prenatal yoga, biasanya instruktur yang akan membimbing Mama sudah lebih berpengalaman melatih ibu hamil. Mama pun bisa lebih leluasa dalam melakukan yoga.

Bagi Mama yang berada di area Jakarta dan ingin mencoba prenatal yoga, berikut Popmama.com rangkum 8 tempat pilihannya:

1. Nujuh Bulan Studio

1. Nujuh Bulan Studio
Instagram.com/nujuhbulanstudio

Alamat: Ruko Kebayoran Arcade 2 Blok B1/10, Jalan Boulevard Raya, Bintaro Jaya Sektor 7

No. telepon: 0878 8918 2939

Sesuai dengan namanya, Nujuh Bulan Studio menyediakan aktivitas khusus untuk ibu hamil. Mulai dari prenatal yoga serta couple yoga.

Jika prenatal yoga biasanya hanya dilakukan oleh ibu hamil, couple yoga dilakukan juga dengan suami. Ikatan batin dan kerjasama pasangan suami istri menjelang persalinan pun akan semakin dekat.

Selain prenatal yoga dan couple yoga, ada pula kelas hatha yoga dan postnatal yoga.

Di Nujuh Bulan Studio juga terdapat doula alias pendamping persalinan. Ada pula komunitas parenting yang bisa menjadi wadah berbagi informasi tentang kehamilan, persalinan dan menyusui.

Melalui akun Instagram-nya, @nujuhbulanstudio, studio yoga ini juga kerap memberikan edukasi khusus ibu seperti workshop dan kelas edukasi.

Untuk harga kelas prenatal yoga per kedatangan, Mama akan dikenakan biaya sekitar Rp 225 ribu.

2. Rumah Yoga Kemang

2. Rumah Yoga Kemang
www.rumahyoga.com

Alamat: Jalan Bangka Raya No. 115, Kemang, Jakarta Selatan

No. telepon: 021 7192573, 021 71792440

Memiliki banyak fasilitas lengkap untuk yoga dan spa, salah satu pelayanan yang diberikan oleh Rumah Yoga adalah prenatal yoga khusus untuk Mama yang sedang hamil.

Ibu hamil dengan usia kandungan berapa pun boleh mencoba datang dan melakukan sesi yoga, yang nantinya akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan Mama. Bukan cuma melatih fisik, tapi nanti akan diajarkan pula melatih mental jelang persalinan.

Selain prenatal yoga, Rumah Yoga juga melayani kids yoga, hatha yoga, power yoga dan vinyasa flow.

Tingkat kesulitan untuk yoga di sini pun akan disesuaikan dengan kemampuan peserta, dimulai dari level gentle, beginners, general dan intermediate.

Untuk kelas prenatal yoga, Mama akan dikenakan biaya per kedatangan sekitar Rp 200 ribu.

3. Union Yoga Dharmawangsa

3. Union Yoga Dharmawangsa
www.unionyoga.id

Alamat: Jalan Wijaya II No. 73, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

No. telepon: 021 7220146

Dalam prenatal yoga yang disediakan oleh Union Yoga Dharmawangsa, ditekankan latihan yoga untuk melatih stamina, kekuatan fisik, dan keseimbangan pada ibu hamil.

Selain itu, prenatal yoga di sini juga akan melatih kesehatan tubuh Mama. Terutama pada punggung, dada, leher, bahu dan juga melancarkan sistem saraf serta aliran darah.

Khusus kelas prenatal yoga, per kedatangan Mama akan dikenakan biaya Rp 150 ribu.

Editors' Picks

4. Gudang-Gudang Yoga Studio

4. Gudang-Gudang Yoga Studio
www.home.co.id

Alamat: Jalan Kemang Timur No. 88, Bangka, Jakarta Selatan

No. telepon: 021 7180173

Jika Mama ingin yoga sekaligus menikmati pemandangan kelas yoga yang unik, Mama bisa coba mengunjungi Gudang-Gudang Yoga Studio. Di sini kelas yoga akan dihadirkan dengan suasana interior yang industrial.

Selain itu, di luar gedung studio juga ada banyak pepohonan yang akan membuat udara terasa sangat sejuk.Perlengkapan yang dimiliki oleh studio yoga ini juga termasuk lengkap.

Apabila sebelumnya Mama belum pernah melakukan prenatal yoga, jangan khawatir karena instruktur yang ada nantinya akan membantu Mama.

Untuk melakukan prenatal yoga di Gudang-Gudang Yoga Studio, Mama memerlukan biaya per kedatangan sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.

5. Pro V Clinic Holistic Health Care

5. Pro V Clinic Holistic Health Care
Instagram.com/provclinic

Alamat: Jalan Permata Safir 1/W5, Permata Hijau, Jakarta Selatan

No. telepon: 021 53674555

Meski bukan khusus studio yoga, tetapi Pro V Clinic menyediakan kelas khusus yoga yang sangat nyaman untuk ibu hamil. Beralaskan karpet, sejuk dan tertutup, Mama tetap akan bisa melakukan yoga dengan leluasa.

Selain dilatih gerakan-gerakan yoga, nantinya Mama juga akan diajarkan untuk melatih pernapasan yang efektif. Tentunya ini akan sangat diperlukan saat persalinan nanti ya, Ma.

Di Pro V Clinic ini juga terdapat beberapa kelas hypnobirthing, serta kelas mini postpartum, seperti untuk hypno-breastfeeding dan newborn care.

Berhubung kelas untuk prenatal yoga di Pro V Clinic berganti-ganti dan disesuaikan dengan seat yang ada, jangan lupa pantau jadwal rutinnya di akun Instagram-nya, @provclinic ya, Ma.

Rata-rata per kedatangan prenatal yoga Mama akan dikenakan biaya Rp 150 ribu.

6. Sana Kith & Kin

6. Sana Kith & Kin
Instagram.com/sanakithnkin

Alamat: Jalan Kemang Timur No. 72, Bangka, Jakarta Selatan

No. telepon:  0821 1222 9012

Salah satu kelas terkenal di Sana Kith & Kin khusus untuk ibu hamil adalah baby bump power yoga dan baby bump class, Ma. Nantinya selain berlatih gerakan yoga, Mama juga bisa berkonsultasi tentang melatih napas efektif untuk membantu proses persalinan.

Fasilitas yang terdapat dalam studio Sana Kith & Kin tak kalah lengkap, Ma. Studio ini dilengkapi dengan 2 area studio, yang berukuran besar dan kecil.

Ada pula shower room, ruang menyusui, meja ganti popok dan bahkan sudut playground untuk Mama jika membawa anak.

Mama bisa mengunjungi akun Instagram-nya, @sanakithnkin untuk melihat jadwal yoga. Per kedatangan untuk sesi yoga di Sana Kith & Kin berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.

7. Jakarta Do Yoga

7. Jakarta Do Yoga
www.jktgo.com

Alamat: Sunda Studio, Enkadeli Square Lantai 3, Jalan Sunda No. 7, Menteng, Jakarta Pusat

No. telepon: 021 3100071

Lokasi yang strategi tak cuma menjadi daya tarik satu-satunya dari Jakarta Do Yoga, Ma. Berbagai teknik pelatihan yang unik juga membuat sesi prenatal yoga di sini patut dicoba.

Selain melatih gerakan yoga khusus ibu hamil, nantinya Mama juga akan diajarkan cara untuk melatih pernapasan yang efektif melatih kelenturan tubuh jelang persalinan.

Tak cuma prenatal yoga, Jakarta Do Yoga juga menyediakan kelas lainnya seperti hatha yoga, vinyasa yoga, ashtanga yoga, iyengar yoga dan yin yoga.

Per kedatangan kelas yoga di Jakarta Do Yoga, Mama akan dikenakan biaya sekitar Rp 180 ribu.

8. Colour Yoga

8. Colour Yoga
Instagram.com/colouryoga

Alamat: Jalan RP Soeroso 25, lantai 5, Menteng, Jakarta Pusat

No. telepon:  0812 10000 956

Studi prenatal yoga lainnya yang berada di wilayah Menteng yakni Colour Yoga. Di sini tersedia kelas yoga khusus ibu hamil yang juga tak kalah menarik.

Selain membantu melatih otot-otot tubuh jelang persalinan, teknik prenatal yoga di Colour Yoga juga menekankan pada teknik menenangkan diri, mengatur pernapasan, meredakan nyeri dan menguatkan tubuh.

Ruangan kelas di studio Colour Yoga cukup nyaman, Ma. Mama pun bisa rileks sekaligus melatih fisik agar lebih siap jelang persalinan. Mama bisa memantau jadwal prenatal yoga di akun Instagram-nya, @colouryoga.

Khusus prenatal yoga, per kedatangan Mama akan dikenakan biaya Rp 250 ribu.

Demikian informasi tentang tempat prenatal yoga di kawasan Jakarta. Jangan lupa konsultasi juga dengan dokter kandungan sebelum dan jika ada keluhan setelah yoga ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.