6 Cara Alami Mengatasi Kelelahan yang Ekstrem saat Hamil Tua

Rasa lelah bisa diatasi dengan cara alami tanpa harus minum obat

31 Maret 2021

6 Cara Alami Mengatasi Kelelahan Ekstrem saat Hamil Tua
guiamamaybebe.com

Kehamilan di trimester tiga menjadi masa-masa yang sangat melelahkan untuk Mama. Pasalnya, di trimester ini perut Mama semakin membesar karena pertumbuhan janin. Belum lagi dengan meningkatnya frekuensi berkemih yang membuat Mama jadi kurang tidur.

Nah, Ma ternyata ada beberapa cara mudah dan alami untuk mengatasi rasa lelah tanpa harus menelan pil. Alasannya karena mengonsumsi obat-obatan tertentu dikhawatirkan bisa berdampak negatif bagi janin.

Untuk Mama yang ingin tahu tips mengatasi kelelahan saat kehamilan di trimester tiga. Yuk, simak rangkuman dari Popmama.com berikut ini!

1. Menjalani aktivitas fisik sederhana

1. Menjalani aktivitas fisik sederhana
Freepik

Meskipun tubuh Mama rasanya seperti kehabisan tenaga, namun melakukan beberapa aktivitas fisik sederhana bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa lelah

Berolahraga mampu melepaskan endorfin yang membuat tubuh energik, menurunkan tingkat stres dan dapat mengatasi rasa sakit dan nyeri yang sering terjadi selama kehamilan. Lakukan olahraga ringan seperti yoga atau senam hamil dengan gym ball. Pada dasarnya, tubuh Mama harus aktif bergerak agar tidak mudah lelah.

2. Konsumsi makanan bergizi seimbang

2. Konsumsi makanan bergizi seimbang
freepik.com/ronnachaipark

Pada trimester ketiga, tekanan darah dan kadar gula darah juga bisa turun sehingga membuat tubuh Mama semakin lelah. Sebaiknya Mama mengatur pola makan yang mencakup semua kelompok gizi.

Sebaiknya Mama mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan merupakan sumber energi, seperti polong-polongan, biji-bijian, kacang-kacangan secara teratur. Sediakan juga camilan ringan untuk mengatasi rasa lapar.

Editors' Picks

3. Lakukan perawatan diri

3. Lakukan perawatan diri
Freepik/freepic.diller

Manjakan diri Mama selama kehamilan dengan melakukan perawatan tubuh. Lakukan pijatan lembut, mandi yang menenangkan, membaca buku atau bermeditasi. Selain itu, Mama juga bisa mendengarkan musik. Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang ceria dapat berpengaruh untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Selama hehamilan di trimester tiga, prioritaskan kesehatan mental Mama. Hilangkan segala beban pikiran agar rasa penat dan lelah bisa hilang.

4. Tidur dengan nyaman

4. Tidur nyaman
Freepik/bearfotos

Tidur adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi kelelahan adalah dengan tidur yang cukup. Atur suasana kamar Mama dan buat senyaman mungkin untuk tidur nyenyak. Tidur siang yang rutin dapat membuat tubuh Mama segar kembali.

5. Mencukupi kebutuhan cairan

5. Mencukupi kebutuhan cairan
freepik.com/yanalya

Ibu hamil perlu banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Minumlah minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, Mama juga akan merasa lebih segar dan tubuh jadi tidak mudah lelah.

6. Jangan ragu untuk minta bantuan

6. Jangan ragu minta bantuan
Freepik

Jika tubuh Mama sudah merasakan kelelahan yang sangat ekstrem, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk beraktivitas. Cobalah bagi beban pekerjaan rumah Mama dengan suami, anggota keluarga atau teman.

Selain itu yang tak kalah penting, kehadiran orang-orang di sekitar Mama mampu memberikan dukungan emosional berupa motivasi agar Mama agar dapat melewati proses kehamilan sampai persalinan dengan sehat dan lancar.

Nah, itulah cara mengatasi kelelahan pada ibu hamil di trimester tiga. Semoga Mama sehat selalu menjelang proses persalinan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.