Kehamilan Minggu Ke-36

Seperti inilah perkembangan janin yang terjadi pada kehamilan Mama minggu ini

24 April 2018

Kehamilan Minggu Ke-36
Unsplash/Heather Mount

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu Ke-36

Minggu ini beratnya bisa mencapai 2.700 gram, dengan ukuran sekitar 47 cm dari kepala hingga ke kaki. Tubuhnya semakin berisi karena lemaknya menebal.

Mekonium atau gumpalan kotoran hitam mulai membuat ususnya penuh, ini bisa melatih gerakan usus pertamanya. Mekonium akan dikeluarkan sebagai kotoran pertama bayi setelah dilahirkan.

Bagaimana Kehamilan Minggu Ke-36 Mengubah Kehidupan Mama?

Di dalam perut ada lendir tebal di serviks mama yang menjadi pelindung selama kehamilan, biasanya ini menjaga bayi dalam kandungan saat mama berhubungan intim dengan pasangan.

Pada kehamilan 36 minggu, mukut atau lendir tebal tidak lagi menjadi penyumbat dan leher rahim mama akan melunak kemudian melebar.

Kepala bayi semakin masuk ke bawah, ini akan memberikan sensasi panas di perut bagian bawah. Sesekali terasa nyeri dan pegal. Jika bayi posisinya semakin lama semakin turun, mama akan merasa tekanan yang semakin kuat di perut bagian bawah.

Mungkin ini membuat berjalan kaki menjadi tidak nyaman. Sesekali vagina juga terasa tidak nyaman, dan sebagian ibu hamil bilang seperti membawa melon di antara dua paha mereka.

Tidur malam semakin sulit karena harus berkali-kali ke kamar mandi. Minumlah secukupnya setelah lewat dari jam 8 malam, agar mama tidak terlalu sering buang air kecil. Kontraksi palsu akan semakin sering kamu alami, jangan buru-buru berangkat ke rumah sakit.

Waktu kelahiran kamu masih beberapa minggu lagi, bersabarlah.

Editors' Picks

Ini yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu Ke-36

Bagaimana dengan adanya varises saat hamil?

Menurut American Collage of Plepology, 55 persen perempuan pernah mengalami varises dalam hidupnya. Ibu hamil adalah kategori perempuan yang rentan terkena varises. Jika di kaki kamu mulai terlihat varises jangan panik. Ini tidak berbahaya, hanya mengganggu penampilan saja.

Kehamilan menjadi faktor terbesar yang mempercepat pembentukan pembuluh darah. Kenaikan volume darah dan tekanan dari rahim oleh janin yang tumbuh kepada pembuluh vena sebelah kanan bisa menekan pembuluh darah bagian kaki.

Saat hamil hormon progesteron meningkat, menyebabkan dinding pembuluh darah kendur. Volume darah yang bertambah dan tekanan yang semakin menjadi membuat pembuluh nampak ke permukaan kulit, sedikit terasa sakit, membengkak dan membuat kamu tidak nyaman. Setelah semua kembali normal, varises ini bisa menghilang.

Olahraga

Kalau kamu mulai kesulitan untuk pergi ke tempat latihan yoga, kamu bisa lakukan di rumah. Jika kamu merasa butuh pendamping, sebaiknya panggil instruktur ke rumah. Instruktur tentu akan memberikan gerakan yang aman bagi kamu yang sedang hamil tua.

Kartu ucapan untuk orang penting

Siapa orang penting yang dimaksud? Dialah dokter dan suster yang membantu persalinan mama nanti. Mintalah kepada suami untuk menyiapkan kartu ucapan yang sesuai. Tidak masalah untuk menulis ucapan dari sekarang, jadi saat dibutuhkan nanti kartu ucapannya sudah tersedia.

Kehamilan Kembar

Banyak bayi kembar dilahirkan dengan jalan operasi caecar, padahal jika tidak ada kendala pada kesehatan mama tetap bisa melakukannya dengan metode persalinan normal. Segera tanyakan ke dokter kandungan, apakah kamu memiliki peluang melahirkan normal meski ini adalah kehamilan kembar.

Demikianlah ringkasan perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-36. Waktu kelahiran sebenarnya bisa maju dari waktu prediksi. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan mama.

Topic: