5 Manfaat Minyak Esensial untuk Ibu Hamil

Ada beragam manfaat minyak esensial untuk perempuan hamil lho Ma!

26 November 2018

5 Manfaat Minyak Esensial Ibu Hamil
Pixabay/Ckahlon

Minyak atsiri atau dikenal dengan minyak esensial kini memang semakin populer Ma. Tak hanya digunakan sebagai wewangian atau bahan pelembap alami saja, minyak esensial juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Pada perempuan hamil, minyak esensial dapat dimanfaatkan sebagai “obat” alami untuk mengatasi berbagai macam keluhan yang dialami Mama yang sedang hamil.

Mama ingin tahu apa saja manfaat minyak esensial untuk perempuan hamil?  Dilansir dari laman Boldsky dan momtricks, berikut beberapa diantaranya:

1. Membantu meredakan heartburn

1. Membantu meredakan heartburn
clevelandclinic.org

Gangguan pencernaan dan sakit maag tak jarang diderita perempuan hamil. Sakit maag atau gangguan pencernaan yang Mama alami selama kehamilan bisa disebabkan karena perubahan hormon, hilangnya nafsu makan, dan kegelisahan berlebihan selama kehamilan.

Mama yang mengalami hal ini dapat memanfaatkan minyak esensial peppermint untuk meredakan gejala sakit maag ataupun gangguan pencernaan yang dirasakan. Caranya mudah, Mama bisa meneteskan 2-3 tetes minyak essensial tersebut ke dalam segelas susu yang biasa Mama minum.

Baca juga: 7 Cara Menghadapi Heartburn Selama Kehamilan

2. Meredakan sakit punggung dan kaki

2. Meredakan sakit punggung kaki
Freepik/Yanalya

Mama yang mengalami nyeri punggung dan kaki pegal saat hamil bisa memanfaatkan minyak esensial untuk meredakannya. Pemijatan menggunakan minyak esensial dapat membantu meredakan rasa sakit sekaligus memulihkan kinerja otot kaki dan tangan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Mama bisa meneteskan 2-3 tetes minyak esensial ke dalam air yang akan dipergunakan untuk mandi.

Campuran dari lima minyak esensial seperti wintergreen, helichrysum, basil, peppermint, grapefruit chamomile dapat mengobati nyeri tubuh dan nyeri kaki.

Baca juga: 7 Tips Mudah Mengatasi Nyeri Punggung di Kehamilan Trimester Ketiga

Editors' Picks

3. Membantu mengobati morning sickness

3. Membantu mengobati morning sickness
Freepik/Dragon Gordic

Morning sickness merupakan gangguan kehamilan yang kerap dialami perempuan hamil.  Untuk mengatasi morning sickness selama kehamilan, Mama dapat mencapurkan cendana, lavender, jahe minyak dengan air kelapa dan oleskan ke bagian perut.

Selain itu, Mama bisa pula mencampurkan dua tiga tetes air jahe atau lemon dengan madu untuk dioleskan pada kaki bagian bawah.

Baca juga: 7 Cara Tak Biasa yang Ampuh Atasi Morning Sickness

4. Meredakan ketidaknyamanan tubuh

4. Meredakan ketidaknyamanan tubuh
Freepik/Onlyyouqj

Mama dapat menggunakan minyak esensial untuk meredakan ketidaknyamanan yang Mama rasakan selama kehamilan sebagai kompres hangat.Caranya mudah Ma, cukup teteskan 6 tetes minyak esensial yang Mama miliki ke dalam 250 ml liter air hangat dan celupkan handuk hangat ke dalamnya. Kompres bagian tubuh yang terasa tidak nyaman seperti kepala atau dahi dengan kompres tersebut Ma.

5. Meringankan gejala insomnia

5. Meringankan gejala insomnia
Freepik/Bearfotos

Beberapa minyak esensial seperti lavender, kayu cedar, marjoram manis, chamomile roman, cendana dan kacang vanila dapat membantu mengembalikan tidur malam Mama yang kurang. Mama bahkan bisa menggunakan minyak esensial ini untuk mengobati insomnia.

Caranya mudah, cukup gosokkan setetes minyak esensial di bawah bantal atau gosokkan sedikit minyak di bagian bawah kaki. Dengan melakukan cara ini, Mama dapat tidur dengan nyenyak.

Minyak esensial di klaim aman digunakan perempuan hamil, namun tidak pada trimester pertama. Selama trimester pertama, Mama memang disarankan untuk menghindari penggunaan minyak esensial karena masa tersebut merupakan masa terpenting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Demi keamanan, Mama disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terkait penggunaan, banyaknya tetesan, dan jenis-jenis minyak esensial yang direkomendasikan agar kesehatan Mama dan janin tetap terjaga.

Topic: