Arti Mimpi Air Ketuban Pecah, Benarkah Jadi Pertanda Buruk?

Mama akan sering bermimpi selama masa kehamilan

10 Oktober 2021

Arti Mimpi Air Ketuban Pecah, Benarkah Jadi Pertanda Buruk
Unsplash/Glenhodson

Mimpi dinilai sebagai komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa, terutama alam bawah sadar. Artinya, mimpi adalah perwujudan keinginan, kekhawatiran, atau kegelisahan di alam bawah sadar. 

Bagi sebagian orang, mimpi hanyalah bunga tidur saja. Sebaliknya, sebagian orang lainnya menilai mimpi sebagai sebuah pertanda, bisa pertanda positif dan negatif. 

Mama pun akan sering bermimpi selama masa kehamilan. Sebab, waktu tidur saat hamil lebih lama dibanding sebelum hamil. Itulah sebabnya, Mama akan sering bermimpi dibanding sebelumnya. Air ketuban pecah menjadi salah satu mimpi yang sering dialami oleh ibu hamil. 

Lantas, apa arti mimpi air ketuban pecah bagi ibu hamil atau Mama yang sedang tidak hamil? Berikut rangkuman ulasannya dari Popmama.com dilansir dari berbagai sumber. 

Mimpi Air Ketuban Pecah Padahal Tidak Hamil

Mimpi Air Ketuban Pecah Padahal Tidak Hamil
Unsplash/Guyyama

Ada dua makna mimpi air ketuban pecah bagi mama yang sedang tidak hamil. Pertama, hal itu bisa jadi pertanda akan terjadi kesialan dalam waktu dekat. Mimpi tersebut juga bisa menandakan Mama sedang stres atau cemas atas masalah hidup. 

Di sisi lain, dilansir dari laman Find Your Mom Tribe, mimpi air ketuban pecah justru memiliki makna positif. Air ketuban pecah berkaitan dengan waktu persalinan yang semakin dekat. Oleh karena itu, mimpi tersebut bermakna akan terjadi perubahan besar dalam hidup mama. 

Editors' Picks

Mimpi Air Ketuban Pecah Saat Hamil

Mimpi Air Ketuban Pecah Saat Hamil
Unsplash/Jonathanborba

Sebaliknya, mimpi air ketuban pecah saat sedang hamil menandakan kekhawatiran mama menghadapi proses persalinan. Selain itu, Mama sedang stres atau cemas tentang kondisi kehamilan. 

Mama tanpa sadar khawatir terhadap perkembangan janin atau kehidupan pasca melahirkan. Oleh karena itu, Mama sebaiknya mengkomunikasikannya dengan pasangan. Komunikasi akan membuat perasaan mama lebih lega sehingga kecemasan tidak akan terproyeksi dalam bentuk mimpi. 

Jangan Ceritakan Mimpi Buruk ke Orang Lain

Jangan Ceritakan Mimpi Buruk ke Orang Lain
Unsplash/Sharonmccutcheon

Meski Mama dianjurkan berdiskusi dengan pasangan, namun sebaiknya tidak menceritakan mimpi yang dialami. Mama sebaiknya menceritakan kecemasan dan kekhawatiran yang dirasakan saat ini saja. 

Menurut Hadits riwayat Al Bukhari, mimpi buruk sebaiknya tidak diceritakan ke orang lain bahkan keluarga. Mama dianjurkan langsung berdoa kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan dan pertolongan, terutama saat sedang hamil. 

“Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya.” - (HR. Al Bukhari)

Jangan Menafsirkan Mimpi dengan Pikiran Negatif

Jangan Menafsirkan Mimpi Pikiran Negatif
Unsplash/Kxvn_lx

Mimpi air ketuban pecah memang sering dikaitkan dengan hal-hal negatif, kecemasan, dan kekhawatiran. Namun, Mama sebaiknya tidak menafsirkannya secara mentah-mentah dengan pikiran negatif. Rasulullah SAW pernah bersabda, ada baiknya menafsirkan mimpi buruk dengan pikiran positif. 

Itulah sebabnya, segelintir orang percaya air ketuban pecah berkaitan dengan kelahiran. Artinya, mimpi air ketuban pecah bisa juga menjadi pertanda akan terjadinya perubahan positif dalam hidup mama. 

“Mimpi itu berada di kaki burung (mengambang) selama tidak di ta’birkan/ditafsirkan, jika dita’birkan bisa jadi mimpi itu akan terjadi.” (HR. Ibnu Majah; shahih).

Doa Ketika Mimpi Buruk

Doa Ketika Mimpi Buruk
Unsplash/Michiru

Apabila Mama masih ketakutan setelah mimpi air ketuban pecah, maka Mama sebaiknya segera meminta pertolongan Allah SWT. Mama bisa langsung meludah ke kiri tiga kali sambil membaca ta’awudz dan memohon perlindungan Allah SWT. 

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali…” (HR. Muslim).

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“a’udzu billahi minasy syaithanir rajim”

Artinya:

Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.

 “Mimpi buruk berasal dari setan, maka jika salah seorang diantara kalian bermimpi buruk, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah karenanya.” (HR. Al Bukhari).

Itulah tafsir mimpi tentang air ketuban pecah. Terpenting adalah Mama tetap berpikir positif meski merasa cemas dan khawatir. Jangan sampai penafsiran mimpi secara negatif mempengaruhi kehidupan mama. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.