Demi Kesehatan, Ini 7 Makanan Pereda Stres untuk Ibu Hamil

Tak perlu khawatir karena makanan pereda stres ini mudah ditemui!

5 Juni 2021

Demi Kesehatan, Ini 7 Makanan Pereda Stres Ibu Hamil
Unsplash/Anna Hecker

Selama menjalani masa-masa hamil tua, Mama sempat merasa stres nggak nih? 

Serangan stres memang sulit dihindari bagi ibu hamil, apalagi dengan banyaknya faktor perubahan yang dialami mulai dari trimester pertama hingga trimester ketiga. Ini meliputi seperti adanya perubahan fisik, perubahan hormonal hingga ketidakstabilan emosi yang mendadak. 

Khususnya bagi calon ibu yang sedang berada di trimester ketiga, karena pada trimester ketiga ini tanggal kelahiran semakin dekat sehingga membuat beberapa calon ibu memikirkan banyak hal.

Stres selama masa kehamilan memang tidak bisa dihindari, namun ternyata ada lho makanan dan minuman tertentu yang memiliki khasiat dapat meredakan stres. Selain itu, makanan dan minuman tersebut juga baik buat perkembangan janin di dalam kandungan.

Dilansir dari Healthline, berikut Popmama.com telah merangkumnya khusus buat Mama!

1. Telur memiliki kandungan untuk menurunkan stres

1. Telur memiliki kandungan menurunkan stres
Unsplash/Ismael Trevino

Telur sering disebut sebagai multivitamin alami karena segudang nutrisi yang mengesankan untuk ibu hamil. Makanan ini disebut dapat mengatasi kadar stres karena dikemas dengan vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan yang menyehatkan.

Telur juga terkenal kaya akan kolin, kolin telah terbukti memegang peran penting untuk perkembangan otak si Kecil, membantu terhindar dari cacat lahir dan dapat menurunkan stres.

Selain itu, suplemen kolin dapat membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik agar terlepas dari stres.

2. Fatty fish bisa meningkatkan suasana hati

2. Fatty fish bisa meningkatkan suasana hati
Unsplash/Christine Siracusa

Jenis fatty fish atau oily fish ini sangat kaya akan omega-3 serta vitamin D telah terbukti dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood yang rusak.

Jenis ikan ini mudah ditemukan baik di pasar sekitar rumah maupun supermarket karena salmon dan sarden yang banyak dijual di pasaran termasuk golongan fatty fish.

Rendahnya asupan omega-3 dapat menjadi salah satu faktor munculnya peningkatan kecemasan atau stres pada ibu hamil. Selain omega-3, terdapat kandungan vitamin D yang berperan penting untuk kesehatan mental dan mengendalikan stres.

Editors' Picks

3. Bawang putih mampu memberikan pertahanan bagi tubuh untuk melawan stres

3. Bawang putih mampu memberikan pertahanan bagi tubuh melawan stres
Pexels/Cats Coming

Bawang putih terbilang mempunyai banyak senyawa sulfur yang membantu meningkatkan kadar glutation. Perlu diketahui bahwa glutation adalah antioksidan kuat yang menjadi garis pertahanan pertama bagi tubuh untuk melawan stres.

Studi mengatakan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih dapat membantu memerangi stres dan depresi yang sering dialami ibu hamil.

Bawang putih pun terbukti dapat membantu meningkatkan berat lahir calon buah hati, sehingga kondisi ini dapat membantu janin terhindar dari lahirnya berat bayi kecil atau lahir prematur. 

4. Biji bunga matahari menjadi camilan dengan kandungan vitamin E

4. Biji bunga matahari menjadi camilan kandungan vitamin E
Pexels/Miguel Padrinan

Buat Mama senang makan kuaci pasti sudah tak asing lagi sama makanan yang satu ini.

Namun, tahukah Mama kalau biji bunga matahari ini berlimpah akan sumber vitamin E? Vitamin yang larut akan lemak ini berfungsi sebagai antioksidan kuat yang sangat penting untuk kesehatan mental.

Biji bunga matahari juga tinggi akan nutrisi pengurang stres lain, seperti magnesium, vitamin B, seng dan selenium. Untuk ibu hamil, seng dan selenium dapat berguna untuk menambah kekebalan tubuh agar terhindar dari virus.

5. Kimchi dapat mengurangi stres dan kecemasan

5. Kimchi dapat mengurangi stres kecemasan
Pexels/Portuguese Gravity

Mungkin Mama mempertanyakan apakah kimchi boleh dikonsumsi oleh ibu hamil? Jawabannya adalah boleh,

Hal ini dikarenakan kimchi terbilang aman untuk ibu hamil dengan tetap memperhatikan tidak mengonsumsi secara berlebih dan memastikan semua bahan yang digunakan higienis.

Makanan fermentasi ini disuguhkan dengan bakteri menguntungkan yang disebut dengan probiotik dan tinggi akan vitamin, mineral serta antioksidan. Selain itu, makanan fermentasi dapat mengurangi stres dan kecemasan.

Makanan yang kaya akan probiotik seperti kimchi ini pun memiliki efek menguntungkan karena dapat meningkatkan imun tubuh.

6. Teh chamomile

6. Teh chamomile
Unsplash/Vitolda Klein

Teh chamomile merupakan teh herbal yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Teh dan ekstrak chamomile telah terbukti dapat meningkatkan tidur nyenyak dan mengurangi gejala stres atau depresi.

Jadi jika Mama akhir akhir ini merasa susah tidur akibat cemas mendekati tanggal kelahiran, minum satu cangkir teh chamomile bisa jadi alternatif pilihan untuk menenangkan pikiran dan membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Walaupun begitu, perlu Mama perhatikan bahwa teh juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan gangguan kehamilan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Maka alangkah baiknya, jika Mama dapat mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu ke dokter kandungan. 

7. Blueberry dapat meningkatkan suasana hati saat hamil

7. Blueberry dapat meningkatkan suasana hati saat hamil
Unsplash/Joanna Kosinska

Jika berbicara tentang buah satu yang satu ini, blueberry kerap dikaitkan dengan penghasil sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan suasana hati. 

Buah beri ini diyakini kaya akan antioksidan flavonoid yang memiliki efek anti-inflamasi dan neuroprotektif kuat. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel akibat stres.

Terlebih, penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan kaya akan flavonoid seperti blueberry dapat terhindar dari stres dan meningkatkan suasana hati. 

Blueberry juga mengandung banyak vitamin dan mineral, salah satunya seperti vitamin K. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan pembekuan darah dan mencegah pendarahan yang berlebihan saat melahirkan nanti.

Nah, itulah beberapa rangkuman terkait makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan stres sekaligus memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil.

Walaupun begitu, biasakan sebelum makan harus tetap perhatikan kebersihan makanan dan minumannya ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.