TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Selain Susu, 7 Makanan Ini Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

Daftar makanan ini bisa dijadikan referensi menu makanan sehat selama hamil

15 Juli 2022

Selain Susu, 7 Makanan Ini Mengandung Kalsium Ibu Hamil
Freepik/Jcomp

Asupan kalsium selama kehamilan terbilang cukup penting demi memastikan pertumbuhan tulang dan otot janin di kandungan berkembang dengan semestinya. Kekurangan asupan kalsium justru dapat meningkatkan risiko ibu hamil terkena osteoporosis.

Maka dari itu, semua ibu hamil wajib menjaga pola makan dengan baik dan meningkatkan cadangan kalsium di tubuh. Ini demi kesehatan tulang dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Jika berbicara tentang sumber kalsium, pasti yang langsung muncul di benak Mama adalah susu, benar begitu? Namun ternyata tanpa kita sadari, di luar sana banyak lho berbagai makanan yang memiliki sumber kalsium yang tinggi selain susu.

Kira kira apa saja ya? Dikutip dari berbagai sumber, kali ini Popmama.com telah merangkum informasinya.

1. Kurma dapat dijadikan sebagai camilan sehat selama kehamilan

1. Kurma dapat dijadikan sebagai camilan sehat selama kehamilan
Unsplash/engin akyurt

Sering dijadikan hidangan untuk berbuka puasa, ternyata buah kurma menyimpan banyak energi dan nutrisi untuk kesehatan ibu hamil.

Buah dengan rasa manis ini juga kaya akan kalsium, sehingga dapat menjaga kesehatan tulang serta gigi ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Mangonsumsi 100 gram kurma setara dengan 39 mg kalsium. Kabar baiknya, kurma termasuk makanan yang mudah ditemui di sekitar kita. Dengan begitu, kurma bisa dijadikan camilan sehat harian Mama selama hamil.

2. Jeruk dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh

2. Jeruk dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh
Pixabay/pixel2013

Ketika berbicara mengenai makanan yang tinggi akan kalsium, maka jeruk bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi saat hamil.

Tak hanya itu, buah jeruk juga dikenal kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu, Mama bisa mendapatkan kehamilan yang lebih sehat.

Editors' Picks

3. Pakcoy membantu melawan serangan virus

3. Pakcoy membantu melawan serangan virus
Unsplash/David Todd

Sayuran berdaun hijau ini termasuk kategori keluarga kubis. Pakcoy sering disajikan dalam masakan khas Tiongkok.

Bagi Mama yang tidak bisa mentoleransi laktosa atau tidak menyukai susu, maka bisa menambahkan pakcoy ke dalam daftar menu selama menjalani masa-masa kehamilan.

Selain mendapatkan asupan kalsium untuk memperkuat tulang, Mama juga akan mendapatkan manfaat lainnya. Pakcoy bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker, melawan serangan virus, menjaga kesehatan mata, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Oatmeal menjadi menu sarapan sehat untuk ibu hamil

4. Oatmeal menjadi menu sarapan sehat ibu hamil
Unsplash/Olga Kudriavtseva

Kebanyakan ibu hamil di luar sana menjadikan oatmeal sebagai olahan bubur untuk menu sarapan bernutrisi mereka.

Menjadikan oatmeal sebagai sarapan harian adalah pilihan yang tepat, karena mengandung berbagai nutrisi sehat seperti kalsium, karbohidrat, asam folat, kalium, dan banyak lagi.

Oatmeal merupakan menu sarapan sehat yang akan membuat perut Mama merasa kenyang dan menjaga kesehatan pencernaan.

5. Kacang almond kaya akan kalsium dan vitamin E

5. Kacang almond kaya akan kalsium vitamin E
Unsplash/Nacho Fernández

Dikategorikan sebagai salah satu kacang sehat, almond mengandung kebaikan nutrisi yang diperlukan ibu hamil. Ini mencakup kalsium dan vitamin E.

Di dalam 15 gram kacang almond memiliki 40 mg kalsium yang bisa didapatkan. Tidak ada salahnya untuk menjadikan kacang yang satu ini sebagai camilan sehat sehari-hari.

Manfaat yang akan Mama dapatkan pun beragam, seperti mencegah anemia, melancarkan pencernaan serta menjaga berat badan selama hamil.

6. Brokoli memberikan asupan kalsium untuk ibu hamil

6. Brokoli memberikan asupan kalsium ibu hamil
Pexels/Castorly Stock

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang memiliki asupan kalsium yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Mengonsumsi 50 gram brokoli, Mama akan mendapatkan 30 mg asupan kalsium.

Mama dapat menambahkan sayuran ini ke dalam menu makanan harian, sehingga makanan pun menjadi lebih bernutrisi.

Tapi perlu diingat, untuk tidak merebus brokoli dengan lama ya, Ma. Hal tersebut justru dapat mengurangi kadar vitamin dan mineral di dalamnya.

7. Tahu mengandung 832 mg kalsium dalam satu mangkuk kecil

7. Tahu mengandung 832 mg kalsium dalam satu mangkuk kecil
Pixabay/hanul choi

Tahu merupakan paket makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi lengkap, sehingga popularitasnya kerap meningkat di kalangan orang-orang penggemar aktivitas fisik (fitness).

Faktanya, dalam satu buah tahu mengandung kalsium, magnesim, protein, zat besi dan nutrisi lainnya. Dengan nutrisi tersebut, maka makanan yang satu ini sebagai asupan wajib selama hamil.

Mengonsumsi satu mangkuk kecil atau 260 gram tahu, maka memberikan 832 mg kalsium untuk tubuh Mama.

Nah jadi itulah beberapa jenis makanan yang kaya akan kalsium selain susu. Dilihat dari daftar makanannya, ternyata makanan-makanan tersebut cukup mudah ditemui ya, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk