6 Manfaat Tersembunyi Daun Pandan untuk Ibu Hamil

Wanginya yang harum dapat membantu meredakan stres selama kehamilan lho, Ma!

10 Januari 2022

6 Manfaat Tersembunyi Daun Pandan Ibu Hamil
Freepik/Jcomp

Daun pandan adalah tanaman yang banyak ditemukan di wilayah Asia dan biasanya tumbuh secara liar di perkebunan. Di beberapa negara seperti di Indonesia, pandan merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan tradisional agar rasanya lebih enak. Wanginya juga harum dan dipercaya dapat menambah nafsu makan.

Khasiat daun pandan untuk alternatif pengobatan sangat ampuh. Perlu diketahui bahwa daun pandan memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk ibu hamil. Selain itu, daun pandan bisa menjadi obat tradisonal alami yang aman.

Kira-kira manfaat kesehatan apa saja yang bisa didapatkan ibu hamil setelah mengonsumsi daun pandan?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Popmama.com telah menyiapkan ulasannya.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Freepik/rawpixel.com

Pusing dan lelah yang dialami ibu hamil bisa saja menjadi gejala umum dari tekanan darah tinggi. Ini dapat mendorong terjadinya stroke. Jangan abaikan gejala ini, apabila Mama tidak ingin menyesal di kemudian hari.

Untuk mencegah efeknya, ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi harus menjaga pola makan dari beberapa makanan penambah tekanan darah. Selain itu, daun pandan juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

2. Meningkatkan nafsu makan

2. Meningkatkan nafsu makan
Freepik/gpointstudio

Siapa di antara dari Mama yang mengalami penurunan nafsu makan sejak hamil? Hal seperti ini jangan sampai dibiarkan saja lho, Ma!

Janin di dalam kandungan bisa kekurangan nutrisi, apalagi saat ibu hamil enggan memperbaiki pola makannya.

Daun pandan hadir untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Banyak cara untuk mengolah daun pandan menjadi hidangan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun bila Mama membutuhkan cara sederhana, daun pandan bisa diminum sebagai air rebusan.

Caranya rebus 10 gram daun pandan ke dalam tiga gelas air. Tunggu hingga tersisa satu cangkir. Bagi menjadi dua porsi untuk diminum pagi dan sore hari.

Editors' Picks

3. Pereda rasa sakit

3. Pereda rasa sakit
Pexels/Jonathan Borba

Pegal menjadi salah satu keluhan umum yang diderita banyak ibu hamil. Rasa pegal yang dirasakan pun beragam, ada yang merasakan hanya pada satu bagian tubuh saja, namun ada juga yang merasakan pegal di sekujur tubuh.

Masalah pegal-pegal yang diderita ibu hamil ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya seperti perubahan hormon. Daun pandan bisa digunakan untuk kesehatan yang sangat ampuh dalam menghilangkan rasa sakit.

Daun pandan mengandung sifat pencahar yang dapat bertindak sebagai pereda nyeri untuk sakit kepala, sakit telinga, nyeri dada, radang sendi, bahkan pegal-pegal.

4. Mengurangi kram yang kerap diderita ibu hamil

4. Mengurangi kram kerap diderita ibu hamil
Freepik/Nestea06

Seiring dengan bertumbuhnya janin dalam kandungan, ibu hamil mengalami berbagai perubahan tak terduga salah satunya kram perut. Kram perut saat hamil merupakan hal yang wajar karena dapat disebabkan akibat dari pertambahan ukuran rahim.

Jika merasa kondisi kram ini membuat tubuh tidak nyaman, Mama bisa menggunakan daun pandan sebagai obat tradisional untuk membantu mengurangi kram. Selain kram perut, daun pandan dapat membantu ibu hamil saat sedang mengatasi kram saluran pencernaan.

Sebagai rekomendasinya, Mama bisa membuat teh daun pandan dan meminumnya untuk membantu mengurangi kram.

5. Membantu mengontrol gula darah

5. Membantu mengontrol gula darah
Freepik/xb100

Mengonsumsi pandan dapat membantu ibu hamil lebih mengontrol gula darah mereka setelah makan.

Meski tetap diperlukan lebih banyak penelitian lanjutan, tetapi beberapa penelitian awal telah menunjukkan bahwa orang yang minum teh pandan setelah makan cenderung memiliki gula darah lebih rendah. Ini dibandingkan bagi mereka yang tidak meminumnya.

6. Mengurangi kecemasan selama masa kehamilan

6. Mengurangi kecemasan selama masa kehamilan
Freepik/tirachardz

Memasuki trimester ketiga, banyak ibu hamil mengalami kecemasan dan bahkan cenderung stres mengingat hanya butuh waktu beberapa minggu untuk bertemu tanggal persalinan. Daun pandan dapat diberikan kepada ibu hamil sebagai relaksan.

Daun pandan memiliki sifat penenang, sehingga dapat membantu mengurangi masalah stres serta kecemasan yang dialami ibu hamil.

Nah, jadi itulah beberapa manfaat yang akan Mama dapatkan setelah mengonsumsi daun pandan. Sebagai informasi tambahan, beberapa dokter mengatakan mengonsumsi daun ini sebanyak dua kali sehari masih tergolong diperbolehkan.

Sebelum mengolahnya, jangan lupa untuk mencuci bersih terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri berbahaya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.