5 Cara Membuat Bayi Mudah Tersenyum

Senyum si Bayi pasti akan membuat hari Mama dan Papa cerah dan bahagia

16 September 2021

5 Cara Membuat Bayi Mudah Tersenyum
Pixabay/Victoria_Borodinova

Senyuman buah hati adalah penawar lelah dan penyejuk batin yang luar biasa bagi setiap orangtua. Namun tahukah Mama, bayi baru lahir hingga setidaknya usia satu bulan tidak mengerti konsep senyuman dan hanya tersenyum karena refleks?

Bayi akan mulai tersenyum karena stimulasi lingkungan pada usia 6-10 minggu dan mulai tersenyum karena dipicu perasaan senang pada usia 2-3 bulan. Setelahnya bayi sudah lebih pandai menempatkan diri untuk tersenyum mengikuti situasi dan suasana hatinya.

Tapi, apakah ada yang bisa Mama lakukan untuk membuat bayi mudah tersenyum? Tentu ada! Yuk, simak tips lengkapnya dalam artikel Popmama.com berikut ini!

1. Bertingkah konyol

1. Bertingkah konyol
www.freepik.com

Ini adalah cara termudah dan terampuh untuk membuat bayi mudah tertawa! Indera bayi sangat tanggap merespon suara atau wajah yang lucu. Jadi jika Mama ingin membuat bayi tersenyum dan tertawa dengan cepat, memasang ekspresi wajah konyol yang menarik perhatian hampir selalu berhasil.

Selain itu Mama perlu memperhatikan bahwa terkadang ada suara tertentu yang terdengar sangat lucu bagi bayi. Mungkin suara binatang, tokoh animasi tertentu, bahkan nada suara Mama saat mengatakan kalimat tertentu. Perhatikan dan tiru suara ini jika ingin membuat bayi tersenyum!

Editors' Picks

2. Bermain cilukba

2. Bermain cilukba
Unsplash/BaptistaImeJames
peek a boo

Metode klasik cilukba ini sudah dilakukan sejak sangat lama untuk menghibur si Kecil. Mama hanya perlu menutup wajah dengan kedua telapak tangan sambil mengatakan  ‘ciluk’ lalu membuka kedua tangan dan mengatakan ‘ba’ dengan wajah senang.

Selain membuat tertawa, permainan ini juga mengajarkan si Kecil konsep keberadaan dan melatih otot mata serta konsentrasinya, lho! Menarik kan, Ma?

3. Memainkan mulut

3. Memainkan mulut
Freepik/cookie_studio

Pada awal usianya, bayi memiliki rentang fokus yang cukup rendah dan relatif sebentar. Untuk dapat membuat bayi tersenyum, Mama bisa menarik perhatiannya dengan mengatup-ngatupkan bibir, mendecakkan lidah, atau menggetarkan bibir atas dan bawah bersamaan (lip trill).

Melakukan pergerakan dengan suara hanya di satu area wajah dapat menarik perhatian bayi dan membuatnya lebih mudah fokus. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi bayi untuk tersenyum dan tertawa melihat gestur Mama yang aneh dan lucu.

4. Gelitiki bayi

4. Gelitiki bayi
Unsplash/GabePierce
mom tickle baby

Cara lain yang dapat membuat bayi tersenyum dengan mudah adalah dengan menggelitikinya, baik di area badan bagian atas, kaki, atau wajahnya. Mama bisa menggelitikinya dengan tangan langsung atau menggunakan media seperti kain halus atau bahan berbulu.

Perlu diingat untuk jangan menggelitiki terlalu intens, terutama saat bayi baru selesai makan atau menyusu agar ia tidak muntah. Jika Mama ingin menggunakan media gelitik seperti kain atau bahan lainnya, pastikan benda tersebut steril dan tidak melukai si Kecil, ya.

5. Memainkan hidung bayi

5. Memainkan hidung bayi
Freepik/jcomp

Menyentuh hidung bayi hampir selalu berhasil membuatnya tersenyum dan tertawa. Mama bisa mengusap-usapkan hidung Mama ke hidung bayi sambil bercanda atau mengusapkan boneka mainan ke hidungnya sambil menirukan suara-suara menarik.

Tentu saja hal ini harus dilakukan dengan memperhatikan kebersihan dan keamanan bayi ya, Ma. Jangan sampai hidung bayi tertekan terlalu keras hingga ia sulit bernafas atau terluka.

Mama bisa juga mengombinasikan dua cara atau lebih agar lebih maksimal, lho! Nah, dari kelima cara di atas, mana nih yang sudah sukses Mama terapkan untuk membuat si Kecil tersenyum?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.