Tidur yang Cukup Ma, Ini 5 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi 3 Bulan

Rasa khawatir karena berat badan bayi mama belum ideal bisa diatasi dengan kelima cara ini

31 Juli 2021

Tidur Cukup Ma, Ini 5 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi 3 Bulan
Pexels/Pixabay

Berat badan bayi memiliki acuan ideal setiap bulannya. Dalam hal ini, semakin bertambahnya usia bayi maka berat badan bayi pun diharapkan juga ikut bertambah. 

Semakin bertambah berat badan bayi, berarti si Kecil sudah mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai sehingga dapat berkembang dengan baik. Karena nutrisi yang cukup menjadi kunci agar bayi memiliki tumbuh kembang yang baik.

Menurut panduan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk bayi usia tiga bulan berat badan idealnya 4.8-6.4 kilogram untuk laki-laki, sementara untuk perempuan 4.4-6.0 kilogram. 

Apakah bayi mama yang berusia tiga bulan berat badannya sudah sesuai? Jika belum, Mama jangan khawatir, ada berbagai cara menaikkan berat badan bayi si Kecil.

Kali ini, Popmama.com akan memberikan cara menaikkan berat badan bayi tiga bulan. Apa saja kira-kira ya, Ma? Simak yuk!

1. Memberikan ASI Eksklusif

1. Memberikan ASI Eksklusif
Pexels/MART PRODUCTION

Cara pertama menaikkan berat badan bayi tiga bulan adalah dengan memberikan ASI eksklusif. Sebagaimana Mama mungkin tahu, ASI eksklusif adalah pemberian ASI hingga berusia enam bulan sebagai pengganti makanan atau minuman yang belum bisa dikonsumsinya. 

Pemberian ASI merangsang produksi insulin, dalam hal ini hormon insulin dapat memicu pembentukan lemak. 

Selain itu, ASI juga memiliki kadar leptin lebih tinggi. Leptin adalah hormon yang dapat menimbulkan rasa kenyang.

Adapun manfaat lain dari pemberian ASI eksklusif adalah memberikan sistem kekebalan tubuh bayi agar lebih kuat berkat kandungan zat antibodi di dalam ASI, yang mampu mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), dan memperkuat tulang leher dan tulang belakang. 
 

Editors' Picks

2. Posisi menyusui dengan cradle position

2. Posisi menyusui cradle position
Pexels/Dalila Dalprat

Selain pemberian ASI eksklusif, ternyata posisi menyusui juga memengaruhi berat badan si Kecil lho, Ma. 

Salah satu posisi menyusui yang baik untuk dicoba  adalah dengan cradle position. Posisi ini dilakukan dengan lengan Mama yang menopang bayi di payudara. Kemudian, kepala bayi diletakkan di dekat siku, dan lengan mama menopang tubuh bayi di sepanjang punggung dan leher.

Untuk posisi cradle, duduklah di kursi yang nyaman dengan sandaran tangan, atau tempat tidur dengan bantal atau bantal yang ada di sekitar.
 

3. Berkonsultasi ke dokter

3. Berkonsultasi ke dokter
Pexels/Keira Burton

Saat Mama merasa sudah memberikan ASI dengan cukup namun berat badan bayi tiga bulan tidak sesuai yang seharusnya, Mama sebaiknya berkonsultasi ke dokter. 

Kelak dokter akan mengevaluasi cara pemberian ASI yang sudah Mama lakukan. Bisa jadi dokter menyarankan untuk memperbaiki posisi menyusui dan menambah durasi menyusui. Namun bila masalahnya ada di produksi ASI yang tidak mencukupi, dokter bisa saja menyarankan untuk memberikan susu formula.

Yang perlu Mama pastikan adalah Mama hanya boleh memberikan susu formula sesuai dengan saran dokter.

4. Mendapatkan tidur yang cukup

4. Mendapatkan tidur cukup
Pexels/William Fortunato

Cara lain agar berat badan bayi bertambah, Mama dapat memberikan waktu tidur yang cukup untuk si Kecil. 

Bayi yang terlalu aktif dan memiliki kurang waktu untuk tidur akan membuatnya mengalami penurunan berat badan. Maka dari itu, Mama tidak perlu membangunkan si Kecil hanya untuk bermain ataupun melakukan hal lainnya. 

Berikan ASI pada malam hari agar membantu menaikkan berat badan sekaligus membuat bayi tidur lebih nyenyak. 
 

5. Memperbanyak kontak kulit dengan menggendong bayi

5. Memperbanyak kontak kulit menggendong bayi
Pexels/Polina Tankilevitch

Perlunya ada skin-to-skin contact atau kontak kulit antara Mama dengan si Kecil. Selain memperkuat ikatan atau bonding antara Mama dengan bayi, juga dapat meningkatkan frekuensi menyusui bayi. Kontak kulit ini juga bisa membantu produksi ASI menjadi lebih baik.

Mungkin Mama tahu bahwa bayi sangat membutuhkan kehangatan dan kenyamanan, salah satu caranya dengan menggendong bayi. Ternyata, menggendong bayi juga dapat menaikkan berat badan si Kecil.

Itulah lima cara menaikkan berat badan bayi tiga bulan yang bisa Mama terapkan pada si Kecil. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter agar mengetahui perkembangannya setiap bulan. Semoga si Kecil sehat selalu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.