5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Gigitan nyamuk membuat anak gatal dan kulitnya bisa luka, nih!

17 Agustus 2018

5 Bahan Alami Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Bayi
Pixabay/Esudroff

Luka bekas gigitan nyamuk pada anak bayi tidak bisa dianggap sepele. Sebab selain menimbulkan rasa gatal yang membuat bayi merasa tidak nyaman, bekas gigitan nyamuk juga akan meninggalkan bentol atau bintik merah pada kulit bayi yang lembut dan sensitif.

Mama tidak perlu khawatir, bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi tidaklah berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya selama tidak digaruk. Hal ini dikarenakan kulit bayi terus mengalami regenerasi sel yang akan mengembalikan kondisi kulit seperti semula.

Untuk menghilangkan luka bekas gigitan nyamuk pada bayi, Mama bisa menggunakan sejumlah bahan alami yang tentu saja jauh lebih aman dibandingkan obat-obatan atau bahan kimia.

1. Kentang

1. Kentang
Pixabay/PublicDomainPictures

Kentang mengandung potassium dan vitamin C yang ampuh untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Oleskan kulit bagian dalam kentang yang sudah dikupas pada kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk.

Bintik merah atau luka bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam sekalipun akan hilang dalam beberapa hari.

Editors' Picks

2. Lemon

2. Lemon
Pixabay/Meditations

Mama juga bisa menggunakan air perasan lemon untuk menghilangkan luka bekas gigitan nyamuk pada bayi. Gunakan kapas untuk mengoleskan air perasan lemon ke kulit bayi.

3. Gel lidah buaya

3. Gel lidah buaya
Pixabay/Casellesingold

Umumnya, dokter akan meresepkan gel atau krim yang mengandung lidah buaya atau aloe vera untuk mengobati luka pada kulit bayi, termasuk luka bekas gigitan nyamuk. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki aloesin yang bersifat anti radang yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka pada kulit.

4. Kulit pisang

4. Kulit pisang
Pixabay/Stevepb

Selain enak dan bergizi, pisang ternyata memiliki manfaat lain, lho! Sama halnya dengan kentang, kulit pisang berguna menyembuhkan bentol dan luka akibat gigitan nyamuk pada kulit bayi. Cukup dengan mengoleskan bagian dalam kulit pisang pada kulit bayi.

5. Bawang merah dan bawang putih

5. Bawang merah bawang putih
Pixabay/Meditations

Bawang merah dan bawang putih memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Diantaranya adalah menyembuhkan luka pada kulit. Mama bisa mengoleskan potongan bawang merah atau bawang putih pada kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk untuk menghilangkan bentol dan bintik merahnya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.