Ma, Begini Cara Tepat Membersihkan Mulut Bayi yang Belum Tumbuh Gigi

Meski bayi belum memiliki gigi, namun membersihkan mulut bayi tetaplah penting

5 April 2020

Ma, Begini Cara Tepat Membersihkan Mulut Bayi Belum Tumbuh Gigi
Bridgecreekdental

Yang namanya menjaga kebersihan diri memang harus dilakukan sejak dini. Selain memandikan bayi, Mama perlu merawat dan menjaga kebersihan mulut bayi. Meskipun belum tumbuh gigi, kebersihan rongga mulut harus dijaga agar bayi terhindar dari masalah-masalah kesehatan. 

Dan menjaga kesehatan mulut sebaiknya dilakukan sejak sedini mungkin ya, Ma.

Ini alasannya.

Membersihkan Mulut, Termasuk Lidah Mencegah Penyakit

Membersihkan Mulut, Termasuk Lidah Mencegah Penyakit
Foreo.com

Membersihkan mulut bayi penting dilakukan guna menjaga mulut bayi tetap bersih dan terhindar dari gangguan kesehatan.

Seperti kita ketahui, mulut merupakan salah jalur masuknya bakteri penyebab penyakit ke dalam tubuh. Karena itu, jika mulut tidak dibersihkan secara teratur, risiko infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan lebih besar.

Menjaga kebersihan mulut tidak hanya sekedar membersihkan gusi dan giginya saja, namun lidahnya pun harus tetap bersih.

Kenapa?

Karena pada lidah terdapat sisa-sisa makanan (ASI, susu dan asupan lainnya pada bayi lebih besar) yang dapat membuat bakteri tumbuh dan berkembang.

Selain itu, dengan menjaga kebersihan lidah, Mama bisa mengurangi bau mulut tidak sedap pada si Kecil dan mengajarkan buah hati mama untuk menjaga kebersihan mulutnya sedari dini.

Editors' Picks

Langkah-langkah Membersihkan Mulut Bayi

Langkah-langkah Membersihkan Mulut Bayi
It.dhgate.com

Berikut langkah-langkah membersihkan mulut bayi:

  1. Cuci tangan Mama sampai bersih sebelum mulai membersihkan mulut bayi.
  2. Gunakan kain kasa atau kain katun bersih yang telah dibasahi air hangat. Selain itu, Mama juga bisa menggunakan silicone finger toothbrush khusus untuk membersihkan mulut bayi
  3. Letakkan bayi dalam posisi berbaring untuk memudahkan Mama membersihkan mulutnya.
  4. Buka mulut bayi dengan cara menurunkan ujung bibir bayi.
  5. Bersihkan bagian mulut, gusi, dan lidah bayi dengan mengusapnya secara perlahan dan lembut.
  6. Lakukan ini secara rutin terutama setelah menyusui.

Tak hanya untuk menjaga kesehatan mulutnya, membersihkan mulut bayi juga dapat berguna untuk menghilangkan bakteri penyebab munculnya plak pada gigi yang nantinya akan tumbuh.

Bila Bayi Sudah Tumbuh Gigi

Bila Bayi Sudah Tumbuh Gigi
capitalwired.com

Ketika gigi bayi sudah mulai tumbuh, Mama tetap bisa menggunakan cara di atas. Namun, ketika gigi pertamanya mulai tumbuh sempurna, maka Mama bisa beralih menggunakan sikat gigi khusus anak.

Berikut caranya:

  • Pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, kepala yang kecil, namun memiliki pegangan yang besar. Biasakan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, pagi hari dan sebelum tidur.
  • Mama juga boleh lho menambahkan pasta gigi mengandung flouride sebesar biji jagung pada permukaan sikat gigi si Kecil, sejak awal tubuh gigi hingga usia 3 tahun.
  • Bila sisa makanan pada lidah sulit dihilangkan, Mama bisa menyeka lidah bayi dengan menggunakan kain katun bersih yang telah dibasahi air hangat, dan tambahkan pasta gigi berukuran  1 biji jagung untuk menghilangkannya. Sisa makanan ini harus dibersihkan, karena bila tidak bersih dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri di mulut bayi.
  • Cuci atau bilas mulut bayi dengan benar untuk membersihkan sisa pasta gigi di mulut sampai benar-benar bersih agar tidak tertelan.

ADA (American Dental Association) merekomendasikan penggunaan pasta gigi berfluoride seukuran kacang polong atau biji jagung pada sikat gigi bayi. Ini untuk memastikan gigi sensitif dan enamelnya tidak terlalu terbuka.

Ada beberapa merek pasta gigi yang tidak mengandung jumlah fluoride dan benar-benar herbal sehingga aman jika bayi menelannya. Selain itu, penggunaan pasta gigi khusus anak-anak dengan aneka rasa juga  dapat membuat si Kecil tertarik untuk disikat giginya.

Mama juga sangat disarankan agar membawa bayi ke dokter gigi sebelum hari ulang tahun pertamanya. Hal ini guna memastikan gigi dan gusinya dibersihkan dan dirawat dengan benar oleh sang dokter gigi.

Nanti, dengan mulut yang bersih, anak mama pasti punya senyum paling memikat!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.