Wajib Diingat! Begini Cara Pijat I Love You pada Bayi yang Benar

Sudah pernah melakukan pijat I Love You untuk si Kecil?

19 September 2019

Wajib Diingat Begini Cara Pijat I Love You Bayi Benar
Freepik/a3pfamily

Perut kembung menjadi salah satu perhatian khusus apalagi bila terjadi pada bayi karena membuatnya rewel dan tidak nyaman. 

Perut bayi yang kembung dapat terjadi karena adanya gas menumpuk di dalam lambung dan usus, sehingga menyebabkan perutnya terkesan sangat penuh dan kurang nyaman. 

Untuk mengeluarkan gas di dalam perut si Kecil, Mama bisa menggunakan pijatan dengan teknik I Love You dapat membantunya mengeluarkan angin yang berada di dalam perut. 

Dilansir dari Independent.id Style teknik pijatan I Love You tak hanya meningkatkan kesehatan bayi saja, namun bisa membantu proses ikatan hubungan antara orangtua dengan anaknya. Apalagi sebuah pijatan yang dilakukan secara intens antara Mama dan si Kecil dapat mempererat ikatan apalagi akan ada kontak mata, kulit, suara hingga meningkatkan interaksi satu sama lain.

Jika ingin mengetahui penerapan pijat dengan teknik I Love You, kali ini Popmama.com telah merangkum informasinya. 

Semoga bisa membantu ya, Ma!

Editors' Picks

1. Pijatan membentuk huruf I

1. Pijatan membentuk huruf I
Popmama.com/Astika Alivia

Di huruf yang pertama, Mama akan melakukan sebuah pijatan dengan gerakan yang membentuk huruf I. Pertama lumuri bagian tangan dengan baby oil atau krim khusus yang membantu selama proses pemijatan agar nyaman sesuai dengan kulit bayi. 

Proses pemijatan di bagian perut ini perlu dilakukan dengan cara yang lembut agar membuat si Kecil menjadi lebih nyaman. Pertama lakukan pijatan lembut pada perut di bagian sebelah kiri menggunakan ibu jari. 

Lalu bentuklah garis vertikal seperti huruf I dari bagian atas ke bawah, dari bagian dada ke arah perut bawah, secara perlahan-lahan. Ulangi gerakan yang membentuk huruf I ini hingga sebanyak 10 kali. 

Baca juga: Ma, Selain Beri Rasa Nyaman, Pijat Bayi Juga Meningkatkan Sistem Imun

2. Pijatan membentuk huruf L

2. Pijatan membentuk huruf L
Popmama.com/Astika Alivia

Setelah selesai dengan membentuk huruf I, Mama bisa melanjutkannya dengan gerakan pijatan yang dapat membentuk huruf L. Demi membantu si Kecil lebih rileks, cobalah memutarkan musik-musik yang menenangkan sekaligus meredupkan lampu ruangan selama proses pemijatan berlangsung. 

Mulailah memijat pada bagian perut secara perlahan-lahan mulai dari sudut kiri atas menuju ke arah bawah sampai membentuk huruf L terbalik. Ulangi gerakan yang membentuk huruf Lterbalik  ini hingga sebanyak 10 kali. 

Perlu Mama ketahui bahwa penerapan pijat dengan teknik I Love You dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bayi seperti: 

  • Mengurangi intensitas cegukan, 
  • mengatasi bayi dengan gangguan konstipasi,
  • membantu potensi bayi tidur menjadi lebih nyenyak, 
  • mampu menurunkan risiko batuk, sehingga tak perlu diobati menggunakan obat-obatan kimia.

3. Pijatan membentuk huruf U

3. Pijatan membentuk huruf U
Popmama.com/Astika Alivia

Pijatan I Love You bisa dilakukan sehabis bayi mandi pada pagi atau sore hari, bahkan dapat juga diterapkan 30 menit setelah si Kecil menyusu. 

Ketika Mama sudah masuk ke gerakan pijatan untuk membentuk huruf U terbalik, maka ibu jari perlu diarahkan dari perut kiri bawah ke atas. Kemudian sebaliknya dari arah kanan atas ke bagian bawah dan pastikan gerakan yang membentuk huruf U terbalik sebanyak 10 kali. 

Penerapan pijatan I Love You cocok dilakukan untuk anak-anak di usia 0 hingga 1 tahun, teknik ini aman asalkan dilakukan dengan cara yang tepat. 

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan hingga pijatan benar-benar bisa membentuk I Love You. Bila pijatan ini diterapkan dengan baik, maka tanpa disadari mampu meningkatkan kesehatan bayi menjadi lebih optimal.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.