Karena Percaya, Claradevi Pilih Lizzie Parra Jadi Wali Baptis Bayinya

Seorang sahabat bukan sekadar penting untuk pergaulan di duniawi saja

21 Juni 2019

Karena Percaya, Claradevi Pilih Lizzie Parra Jadi Wali Baptis Bayinya
Instagram.com/lucedaleco

Influencer lifestyle dan fashion Claradevi Handriatmadja seringkali membagikan cerita serta pengalaman barunya menjadi seorang orangtua. Jika sebelumnya Clara sempat bercerita mengenai pengalaman dari kehamilan, proses persalinan, memahami tubuhnya sendiri pasca persalinan hingga produk-produk yang bisa digunakan untuk para Mama baru. 

Kali ini Clara kembali menceritakan proses pembaptisan yang dilakukan untuk anak pertamanya, Dia. Usai melakukan proses pendaftaran baptis mulai dari datang ke sekretariat paroki sampai menghadiri misa pembaptisan. 

Akhirnya Dia bisa melakukan prosesi pembaptisan di Gereja Katolik Kristus Raja Baciro, Yogyakarta.

Untuk Mama yang ingin mengetahui cerita menarik mengenai proses pembaptisan putri pertama dari Clara, kali ini Popmama.comtelah merangkumnya berdasarkan tulisan Clara di Instagram. 

Disimak yuk, Ma!

1. Sebagai seorang Katolik, Clara membaptis putrinya

1. Sebagai seorang Katolik, Clara membaptis putrinya
Instagram.com/lucedaleco

Sama seperti orangtua beragama Katolik lainnya, Clara mulai memperkenalkan iman dan ketakwaan anaknya mengenai Tuhan sejak usia kecil. Apalagi untuk menjadi seorang Katolik, seseorang perlu dibaptis terlebih dahulu oleh Romo dengan air, minyak suci dan dalam nama Tritunggal Maha Kudu melalui Sakramen Baptis.  

"Apakah bayi yang baru lahir wajib dibaptis? Sebenarnya pilihan pribadi orangtua ya. Tapi selain ingin, saya dan Gempa (suaminya -Red) kan sudah berjanji juga saat menerima sakramen pernikahan bahwa akan membesarkan anak-anak kami secara Katolik. Jadi bagi kami berdua dari awal memang sudah bulat keinginan untuk membaptis Dia," jelas Clara. Inilah yang menjadi salah satu alasan terbesar dirinya saat ingin membaptis Dia. 

Bahkan sejak masih hamil, Clara berusaha untuk mencari informasi mengenai persyaratan mendaftar untuk membaptis bayi. Hal ini dikarenakan Clara pun ingin kalau anaknya dibaptis langsung setelah lahir. Jadi, lokasinya masih di Yogyakarta agar sesuai dengan domisilinya. 

"Nama baptis Dia adalah Frances yang kami ambil dari kisah Santa Frances dari Roma. Selain milih nama yang 'bagus' menurut orangtua atau arti namanya, nama baptis emang sebaiknya dipilih sambil mempertimbangkan kisah Santa atau Santo juga. Karena bisa menjadi inspirasi buat si Anak," tambah Clara ketika menjelaskan nama baptis dari Dia. 

Bahkan nama baptis biasanya dipilih para orangtua supaya anak-anak mereka kelak dalam hidupnya bisa mencerminkan nilai-nilai yang dimiliki oleh Santa atau Santo dari pelindung anak tersebut. 

Baca juga: 

Editors' Pick

2. Lizzie Parra menjadi wali baptis untuk Dia

2. Lizzie Parra menjadi wali baptis Dia
Instagram.com/lucedaleco

Influencer fashion dan kecantikan, Elizabeth Christina atau Lizzie Parra, menjadi orang yang dipercayai oleh Clara sebagai wali baptis putri pertamanya. Sebagai seorang sahabat dekat, Lizzie orang terpercaya untuk Clara karena berbagai alasan. 

Melalui InstaStory pribadinya, Clara sempat menjelaskan bahwa wali baptis yang disarankan yaitu seseorang yang mampu memahami dan memiliki nilai-nilai serupa dengan orangtua calon baptis. Selain itu, wali baptis ialah seorang Katolik dan tentunya bisa menjadi pemandu iman si Anak ke arah yang lebih baik. 

"Sebisa mungkin, umurnya tidak terlalu jauh dengan si Anak supaya masih relatable. Memiliki hubungan yang tidak hanya baik, melainkan dekat dengan orangtua calon baptis," tulis Clara. 

Perlu diketahui juga bahwa wali baptis tidak harus seseorang yang sudah menikah. Wali baptis hanya satu saja yaitu bukan pasangan atau suami istri. Ibu baptis ditujukan untuk anak perempuan dan Bapak baptis ditujukan untuk anak laki-laki.

Semoga kelak Dia dapat meniru segala perilaku dari Lizzie, seperti selalu menebar kehangatan dan kebaikan. 

Baca juga: Tips Makeup Kilat ala Lizzie Parra, Cocok Buat Kamu yang Super Sibuk

3. Alasan terbesar Clara memilih Lizzie Parra sebagai wali baptis

3. Alasan terbesar Clara memilih Lizzie Parra sebagai wali baptis
Instagram.com/lucedaleco

Itulah alasan lain ketika Clara memilih Lizzie sebagai wali baptis putri pertamanya. Bagi Clara, Lizzie juga termasuk perempuan yang hebat dan pejuang apalagi selama ini dalam perjalanan hidupnya penuh berkat dan menjalani dengan iman. 

"That's one of the thing I mostly adore about her. And one thing she hopefully can inspire Dia to do one day. Untuk mencintai Tuhan dan bersahabat dengan ajaranNya dalam kehidupan. Dengan ala Ichil yang sederhana dan apa adanya nggak dibuat-buat, tetapi inspiring dan bermakna baik. Dengan lawaknya Ichil juga tentunya bisa hidupnya seger, nggak kaku kaya kanebo," jelas Clara. 

Sebagai seorang sahabat dekat, Clara tentu sudah cukup memahami Lizzie, bahkan iman Katolik dari Lizzie yang tidak lagi diragukan.

Untuk itu, ia mempercayakan kalau Lizzie bisa menjadi wali baptis untuk putri kecilnya, apalagi ada banyak proses hidup yang positif untuk diambil pembelajarannya.  

Kira-kira ketika si Kecil mau di baptis, Mama sudah ada wali baptis yang akan dipilih belum nih?

Baca juga: Resmi Menjadi Mama, Claradevi Berbagi Banyak Cerita Soal Persalinan

4. Baju baptis untuk Dia sudah dipersiapkan sejak lama

4. Baju baptis Dia sudah dipersiapkan sejak lama
Instagram.com/lucedaleco

Tak hanya membahas mengenai tata cara dan proses pembaptisan putri pertamanya saja. Clara juga berbagi mengenai pakaian yang dikenakan oleh Dia di hari indah tersebut. 

Jika Mama lihat, Dia menggunakan dress dan penutup kepala jenis bonnet dengan warna senada yaitu putih. 

Dress buat baptisan Dia dibikinin sama Omanya. Pakai bahan katun Jepang dengan aksen syelet. Pakai ukuran dress newborn Dia, terus minta bagian roknya dipanjangin sampai melebihi kaki. Penutup kepalanya, bonnet yang terbuat dari katun juga dengan aksen handmade bordir dan pita satin,” jelas Clara yang memberi penjelasan mengenai busana untuk Dia di hari pembaptisan. 

Dari penampilan Dia yang terkesan klasik, ini memang menjadi keinginan Clara. Bahkan dari awal sudah ingin mencari bonnet yang klasik serta bordiran seperti french bonnet dan Clara pun sudah memesannya jauh-jauh hari di bulan Januari.

Jika diperhatikan baju dari Dia benar-benar nuansa klasik ya, Ma?  

5. Doa untuk Dia yang sudah terbaptis secara Katolik

5. Doa Dia sudah terbaptis secara Katolik
Instagram.com/lucedaleco

Setiap orangtua yang anaknya sudah terbaptis secara Katolik tentu ingin keluarga kecilnya bisa terus berjalan dalam iman, begitu juga dengan Clara. 

"Sedari kecil, Yesus adalah sahabatku dalam suka duka. Semoga sejak hari ini dan selalu kamu akan mencintai-Nya dengan sepenuh hati. Percayalah, kamu tidak akan pernah berjalan sendirian dalam kasih-Nya. Semoga hidupmu senantiasa terisi penuh dengan karunia dan berkat Allah Bapa ya, Dia," tulis Clara sebagai doa untuk putri pertamanya yang telah terbaptis. 

Sebagai wali baptis, Lizzie juga bertugas untuk tetap mengarahkan Dia menjadi seorang perempuan yang tumbuh serta mengimani Tuhan.  

"Hey, lil Dia, may you always find confidence in God even when hard times come and you don't know what to do. Every time Jesus, whisper, "Follow me" you do so with great grace," tulis Lizzie. 

Semoga doa dari sang Mama dan wali baptisnya semakin membuat Dia penuh karunia serta iman kuat setiap kali melangkah atau memutuskan sesuatu. 

Baca juga: Jelang Persalinan, Maya Septha Menemani Anak Ikut Child Dedication

The Latest