TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Baby Moana Disebut Kecil oleh Netizen, Ria Ricis: Ikhlas dan Bersyukur

Ria Ricis sempat menangis saat Baby Moana dibilang terlalu kecil oleh warganet

20 Agustus 2022

Baby Moana Disebut Kecil oleh Netizen, Ria Ricis Ikhlas Bersyukur
Instagram.com/riaricis1795

Ria Ricis kini tengah menikmati perannya sebagai seorang mama usai melahirkan putrinya pada 26 Juli 2022. Anak pertamanya tersebut diberi nama Cut Raifa Aramoana.

Namun, di tengah kebahagiaannya, Ria Ricis juga merasakan sedih atas komentar warganet di media sosial. Pasalnya, tak sedikit warganet yang menggunjing soal berat badan Baby Moana yang disebut terlalu kecil.

Tak tinggal diam saat buah hatinya digunjing oleh warganet, Ria Ricis akhirnya memberikan tanggapan terhadap komentar dari warganet. Lewat Instagram Story-nya, istri dari Teuku Ryan ini curhat mengenai perasaannya saat menghadapi komentar menohok dari warganet. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut Popmama.com rangkum tanggapan Ria Ricis mengenai Baby Moana yang disebut kecil oleh netizen.

1. Banyak warganet yang berkomentar bahwa berat badan Baby Moana terlalu kecil

1. Banyak warganet berkomentar bahwa berat badan Baby Moana terlalu kecil
Instagram.com/riaricis1795

Beberapa waktu lalu, Ria Ricis mengunggah Instagram Story dengan membuka fitur question and answer sehingga warganet bisa menuliskan pertanyaan untuknya. Dari unggahan tersebut, sejumlah warganet melontarkan komentar yang menyebut bahwa tubuh Moana terlalu kecil.

Sebagai seorang ibu, tentu ada perasaan sedih yang dirasakan Ria Ricis saat menghadapi berbagai komentar warganet tentang putrinya. Apalagi, Ricis baru saja melahirkan sehingga rentan mengalami baby blues.

2. Tanggapan Ria Ricis kepada warganet yang menyebut Baby Moana terlalu kecil

2. Tanggapan Ria Ricis kepada warganet menyebut Baby Moana terlalu kecil
Instagram.com/real_bucinricistr

Tak tinggal diam saat putrinya dibilang terlalu kecil, Ria Ricis memberi tanggapan kepada warganet lewat unggahan di Instagram Story-nya. Ia mengaku sempat sedih saat berat badan Baby Moana dikomentari terlalu kecil.

Bahkan, Ricis mengaku sempat berusaha memberi Moana banyak asupan ASI agar putrinya tersebut cepat tumbuh besar. Namun, cara tersebut justru membuat Baby Moana gumoh karena kekenyangan.

“Yup. Awalnya sedih banget denger pernyataan ini. Bahkan sampai ada dititik nyusuin Moana secara (maaf) paksa minum yang banyak biar cepet besar, karena ibunya ngebatin kalau Moana dibilang kecil (tadinya). Tapi sekarang jadi lebih ikhlas, bersyukur,” tulis Ria Ricis.

Editors' Picks

3. Lahir dengan berat 2,5 kg, Moana tetap sehat dan aktif

3. Lahir berat 2,5 kg, Moana tetap sehat aktif
Instagram.com/real_bucinricistr

Pada unggahan Instagram Story selanjutnya, salah satu warganet bertanya mengenai berapa berat badan Moana saat dilahirkan. 

“2.5 waktu lahir. Iya, memang kecil dan dokter juga bilang 2.5 itu kecil moms. Tapi bersyukur banget Moana sehat dan aktif. Insyaallah kuat ya Mon,” tulis Ria Ricis menjawab pertanyaan warganet.

Menurut WHO sendiri, berat lahir rata-rata bayi usia 0 bulan adalah sekitar 2,5 kg hingga 4,3 kg untuk bayi laki-laki. Sedangkan untuk bayi perempuan, lebih ringan, yaitu 2,4 kg hingga 4,2 kg.

Jadi, jika merujuk hal itu, sebenarnya berat lahir Baby Moana masih terhitung normal dan akan terus bertambah seiring dengan pertambahan usianya.

4. Ria Ricis kini lebih tegar karena banyak support yang datang untuknya

4. Ria Ricis kini lebih tegar karena banyak support datang untuknya
Instagram.com/real_bucinricistr

Berkat banyaknya dukungan yang datang untuknya, Ria Ricis mengaku kini merasa lebih ikhlas dan tegar saat menghadapi komentar mengenai putrinya.

Banyak orang disekeliling Ricis yang mengatakan kepadanya bahwa tubuh Baby Moana normal dan tidak terlalu kecil. Yang terpenting dan harus diutamakan adalah kesehatan Baby Moana.

Akhirnya, Ricis pun mencium Baby Moana sambil meminta maaf karena gen orangtuanya yang memang kecil.

5. Salah satu warganet menuding bahwa Baby Moana kecil karena Ricis melakukan diet

5. Salah satu warganet menuding bahwa Baby Moana kecil karena Ricis melakukan diet
Instagram.com/real_bucinricistr

Bahkan, ada pula warganet yang menuding bahwa Ria Ricis melakukan diet saat mengandung Moana. Alhasil, Baby Moana lahir dengan bobot yang kecil karena dianggap kekurangan nutrisi saat masih di dalam kandungan.

Melihat komentar tersebut, Ria Ricis langsung membantahnya. Adik dari Oki Setiana Dewi ini menegaskan bahwa ia tak pernah melakukan diet saat sedang hamil Moana.

“Diet terakhir aku sebelum menikah bahkan sebelum ketemu sama suami dulu, Selebihnya makan makanan sehat. Inget ya, makan makanan sehat sama DIET itu BEDA," tegas Ricis.

Selain itu, Ria Ricis juga mengungkapkan bahwa ia selalu mengikuti anjuran dokter kandungan mengenai asupan nutrisi apa saja yang perlu dikonsumsi saat hamil. Jadi, berat badan Baby Moana tidak ada hubungannya dengan program diet saat hamil.

"Selama hamil, aku makan semua yang dianjurin sama dokter. Sayur, protein, vitamin, dan lain-lain. Bahkan makan bisa Iebih dari 5x sehari. Sejak hamil, porsi makan meningkat. Makin berlebih, jadi ga ada kaitan sama diet ya moms,” jelas Ria Ricis.

6. Disuruh makan es krim agar berat badan naik

6. Disuruh makan es krim agar berat badan naik
Instagram.com/real_bucinricistr

Ada juga salah satu warganet yang bertanya apakah Ria Ricis tidak mencoba makan es krim agar berat badan bayinya bertambah. 

Menjawab pertanyaan tersebut, Ria Ricis meluruskan bahwa ia memang mengonsumsi es krim saat sedang hamil. Namun, ia tidak mengonsumsi es krim yang berlebihan karena gula yang berlebihan justru membahayakan.

Mengonsumsi gula berlebih selama hamil memang dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional. Penyakit diabetes saat hamil ini tidak boleh diremehkan karena dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi, yang bisa membahayakan janin dan ibu hamil.

Demikianlah tanggapan Ria Ricis mengenai Baby Moana yang disebut kecil oleh netizen.

Pada dasarnya, banyak sekali faktor yang bisa memengaruhi berat badan bayi, mulai dari jenis kelamin, usia bayi, hingga faktor genetik. Yang terpenting dan perlu diutamakan adalah kesehatan dan kebahagiaan sang ibu dan bayinya.

Tetap semangat untuk Ria Ricis dan para Mama lain yang baru melahirkan dan sedang mengasuh bayinya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk