Balsam Bayi untuk Meredakan Batuk Pilek

Pilihlah balsam yang memang dikhususkan untuk bayi ya, Ma!

20 Oktober 2021

Balsam Bayi Meredakan Batuk Pilek
Freepik/freepik

Penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan balsam sebenarnya tidak berpengaruh pada hidung tersumbat, tetapi balsam dapat membuat penderita pilek merasa seperti bernapas lebih baik dengan adanya sensasi dingin di dalam hidung.

Balsam dapat membantu meredakan gejala batuk dan pilek serta membantu bayi tidur lebih nyenyak. Namun, perlu diingat bahwa bayi di bawah usia 2 tahun tidak boleh diberikan balsam sembarangan. Kulit bayi masih sensitif dan mudah iritasi sehingga Mama perlu berhati-hati dalam memilih balsam untuk bayi.

Nah kali ini Popmama.com akan mengulas beberapa produk balsam untuk batuk pilek pada bayi. Langsung saja simak informasinya ya, Ma.

1. Balsam Telon Tresnojoyo

1. Balsam Telon Tresnojoyo
Shopee.co.id

Balsam Telon Tresnojoyo adalah balsam untuk bayi yang mengandung Oleum Foeniculi, camphora, eucalyptus oil, dan menthol. Balsam ini memiliki klaim dapat mencegah dan mengobati masuk angin dan perut kembung pada bayi, serta dapat digunakan untuk ibu dan anak. Balsam ini juga dapat digunakan untuk Mama setelah melahirkan. 

Balsam ini juga dapat melegakan pernafasan karena hidung tersumbat, batuk, flu dan pilek. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan dengan lembut lembut pada dada dan punggung sebelum tidur. Balsam ini tersedia dalam ukuran 20 gr dengan harga kisaran Rp 10.000.

2. Bambi Baby Telon Balm

2. Bambi Baby Telon Balm
Shopee.co.id

Cuaca dingin dapat menyebabkan bayi mengalami pilek hingga kulit kering. Balsam ini memiliki klaim mengandung bahan aktif alami yang dapat membantu melembabkan dan melembutkan kulit bayi dari cuaca dingin. Balsam ini dilengkapi dengan formula anti-irritant complex yaitu Licorice, Chamomile Oil, dan Pro Vitamin B5 untuk mencegah iritasi ringan pada kulit bayi. Mama bisa mendapatkan balsam ini dengan kisaran harga Rp 76.300.

Editors' Picks

3. Calming Rub Cream

3. Calming Rub Cream
Shopee.co.id

Tubuh bayi masih sangat rentan terkena serangan flu ataupun penyakit masuk angin lainnya karena belim memiliki sistem imun yang sempurna. Bayi Buds Calming Tummy Rub Cream merupakan krim bayi dengan kandungan organik yang berfungsi untuk menghangatkan perut bayi saat terserang flu dan masuk angin.

Balsam ini mengandung minyak biji bunga matahari dan vitamin E untuk membantu menjaga kelambapan kulit. Selain itu, balsam ini mengandung lavender yang dapat mematikan bakteri dan menjaga kesehatan kulit. Mama bisa mendapatkan balsam ini dengan harga kisaran Rp 210.000.

4. Kinderen Baby Balsam

4. Kinderen Baby Balsam
Shopee.co.id

Kinderen Baby Balsam merupakan balsam bayi yang mengandung Eucalyptus Oil untuk membantu menghangatkan tubuh dan melegakan hidung tersumbat pada bayi. , meredakan gejala perut kembung dan mengurangi gatal karena gigitan serangga. 

Selain itu, balsam ini juga mengandung Chamomile (Matricaria chamomilla) yang dapat membantu dalam mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit akibat gigitan serangga. Balsam ini tersedia dalam ukuran 12 gr dengan kisaran harga Rp 30.000.

5. Transpulmin Baby Balsam

5. Transpulmin Baby Balsam
Shopee.co.id

Bayi yang sedang mengalami pilek tentunya akan merasa tidak nyaman karena hidungnya tersumbat dan pernapasan terganggu. Balsam Transpulmin mengandung Eucalyptol dan Chamomile Extract untuk meringankan hidung tersumbat dan melegakan pernapasan.

Balsam ini dapat digunakan untuk bayi usia 0-2 tahun. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan pada dada, punggung dan leher si Kecil secukupnya sebanyak 2 hingga 4 kali sehari. Mama bisa membeli balsam ini dengan kisaran harga Rp 84.500 dengan ukuran 20 gr.

6. Vicks Baby Balsam

6. Vicks Baby Balsam
Tokopedia.com

Bayi yang sedang mengalami batuk dan pilek akan merasa tidak nyaman sehingga sulit untuk tidur dengan nyenyak.

Vicks Baby Balsam diformulasikan khusus untuk bayi usia 3 bulan sampai 5 tahun dengan formula non-obat yang terbuat dari lidah buaya yang menyejukan serta aroma kayu putih, rosemary, dan lavender yang menenangkan sekaligus melembutkan. Mama bisa membeli Vicks Baby Balsam ini dengan kisaran harga sekitar Rp 60.000.

Nah itulah beberapa produk balsam untuk meredakan batuk pilek pada bayi. Pastikan baca instruksi penggunaan sebelum mengoleskan balsam pada bayi. Jangan mengoleskan balsam daerah wajah, termasuk mulut, hidung, di dalam lubang hidung atau di sekitar matanya. Oleskan hanya di bagian dada dan punggung. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.