4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mengajak Bayi Keluar di Musim Hujan

Harus pergi ke luar rumah dengan si Kecil saat musim hujan? Perhatikan 4 hal berikut ini yuk, Ma!

23 Desember 2021

4 Hal Harus Diperhatikan saat Mengajak Bayi Keluar Musim Hujan
Freepik/senivpetro

Belakangan ini, kita masih dihadapi dengan cuaca yang tak menentu. Hujan masih saja sering turun mengguyur beberapa bagian di wilayah Indonesia.

Hal ini mungkin membuat Mama ragu untuk keluar rumah selama musim hujan, apalagi jika harus membawa si Kecil.

 Pasalnya, berbagai macam penyakit seperti pilek, flu, batuk, hidung tersumbat, dan diare sangat rentan menyerang tubuh bayi selama musim hujan.

Jika Mama memang diharuskan untuk keluar rumah dengan si Kecil, ada beberapa hal yang harus Mama perhatikan agar bayi tetap terhindar dari penyakit. Kira-kira apa saja ya, Ma?

Berikut Popmama.com rangkum 4 hal yang harus diperhatikan saat mengajak bayi keluar rumah di musim hujan.

Apakah Aman Membawa Bayi Keluar Rumah di Musim Hujan?

Apakah Aman Membawa Bayi Keluar Rumah Musim Hujan
Freepik/senivpetro

Mama pastinya sudah sering mendengar kalimat “jangan hujan-hujanan nanti masuk angin”. Lantas, benarkah keluar rumah saat hujan bisa menyebabkan anak jatuh sakit?

Suhu dingin saat hujan memang dapat membuat bayi lebih rentan mengalami pilek. Namun, jika daya tahan tubuh si Kecil baik dan ia tidak memiliki alergi dingin, Mama boleh saja membawa bayi keluar rumah.

Mengajak si Kecil keluar rumah saat hujan justru dapat memberikan pemandangan, suara, dan sensasi baru, serta memberinya udara segar.

Namun, pastikan Mama memakaikan bayi pakaian yang tepat agar bayi tetap merasa hangat. Selain itu, Mama bisa memerhatikan beberapa hal berikut sebagai langkah pencegahan agar bayi tidak mudah jatuh sakit.

Editors' Picks

1. Perhatikan kondisi kesehatan bayi

1. Perhatikan kondisi kesehatan bayi
Pexels/Sarah Chai

Saat berencana untuk mengajak bayi keluar di musim hujan, sebaiknya Mama periksa kondisi kesehatan si Kecil terlebih dahulu.

Jika bayi memiliki masalah kesehatan seperti gangguan sistem kekebalan tubuh atau sedang dalam kondisi sakit, sebaiknya bayi tetap di rumah hingga kondisinya membaik.

Jika Mama ragu, Mama bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kesehatan bayi. Jadi, pastikan kondisi bayi sedang sehat dan fit sebelum diajak keluar rumah di musim hujan.

2. Jaga tubuh bayi tetap hangat

2. Jaga tubuh bayi tetap hangat
Freepik/fabrikasimf

Si Kecil sangat rentan merasa kedinginan saat cuaca sedang mendung atau hujan. Jadi, pastikan Mama menjaga bayi agar tidak kedinginan dengan pakaian yang hangat.

Mama bisa menjaga bayi tetap hangat dengan memakaikan jaket dan celana panjang yang menutupi tubuhnya. Sebaiknya, Mama memilih baju yang terbuat dari bahan katun untuk mencegah kelembapan berlebih.

Selain itu, pakaikan juga kaus kaki untuk menjaga kaki bayi tetap hangat dan nyaman. Sebagai cadangan, jangan lupa bawa satu set pakaian ekstra jika pakaian si Kecil basah.

3. Jaga bayi tetap kering di dalam gendongan maupun stroller

3. Jaga bayi tetap kering dalam gendongan maupun stroller
Freepik/senivpetro

Sebagian stroller dilengkapi dengan cover pelindung hujan. Namun, jika tidak ada, Mama bisa menemukannya di e-commerce dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi.

Cover pelindung hujan ini sangat bermanfaat jika Mama ingin membawa bayi keluar rumah di musim hujan, karena dapat menjaga bayi tetap kering dan nyaman di dalam strollernya.

Namun, jika Mama lebih suka menggendong bayi dengan kain gendongan, pastikan Mama menggunakan payung saat gerimis atau turun hujan. Selain itu, pastikan payungnya cukup besar untuk menutupi tubuh Mama dan si Kecil.

4. Hindari bayi dari gigitan nyamuk

4. Hindari bayi dari gigitan nyamuk
Freepik/freepik

Musim hujan bisa membawa nyamuk demam berdarah kembali mewabah di beberapa daerah. Oleh karena itu, penting bagi Mama untuk menjaga si Kecil tetap terhindar dari penyakit yang dibawa oleh nyamuk demam berdarah.

Sebagai langkah pencegahan, Mama bisa memakaikan baju dan celana yang panjang agar menutupi kulit si Kecil. Selain itu, Mama juga bisa mengoleskan lotion anti nyamuk yang aman untuk kulit bayi.

Nah, itulah 4 hal yang harus diperhatikan saat mengajak bayi keluar di musim hujan. Jika tidak dalam kondisi yang mendesak, sebaiknya tetap di rumah saat turun hujan ya, Ma.

Jika sedang di luar rumah dan Mama mendengar gemuruh, bergegaslah kembali dan masuklah ke dalam rumah.

Namun, jika Mama jauh dari rumah, hindari tempat yang tinggi, kolam air, pohon tinggi, dan benda logam seperti tiang listrik atau pagar. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk