Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ria Ricis Dikomentari karena Bikin Moana Ngakak, Benarkah Berbahaya?

Benarkah bayi tertawa terbahak-bahak bisa menyebabkan rewel di malam hari? Yuk, simak jawabannya!

25 November 2022

Ria Ricis Dikomentari karena Bikin Moana Ngakak, Benarkah Berbahaya
YouTube.com/Ricis Official

Ria Ricis kini sedang menjalani perannya sebagai orangtua dari anak pertamanya dengan Teuku Ryan. Putrinya yang diberi nama Cut Raifa Ara Moana kini telah berusia 4 bulan dan menjadi salah satu bayi artis kesayangan netizen. 

Sebagai seorang content creator, Ria Ricis kerap membagikan momen kebersamaannya dengan Baby Moana di media sosial. Gaya pengasuhan Ria Ricis kepada Baby Moana pun kerap menjadi sorotan netizen. 

Belum lama ini, Ria Ricis kembali mendapat komentar dari netizen setelah membuat Baby Moana tertawa ngakak. Netizen menyebut bahwa membuat bayi tertawa kencang bisa membuatnya rewel di malam hari.  

Benarkah demikian? Untuk informasi lebih lanjut, berikut Popmama.com telah merangkum kabar Ria Ricis dikomentari karena bikin Moana ngakak, benarkah berbahaya?

1. Moana tertawa terbahak-bahak saat bercanda dengan sang Mama

Belum lama ini Ria Ricis mengunggah cuplikan video di Instagram yang menampilkan momen saat ia bercanda dengan Baby Moana. 

Ricis tampak mencoret mukanya dengan lipstik merah, lalu menakuti-nakuti Moana dengan suara yang diberat-beratkan dan mata melotot. Bahkan, adik dari Oki Setiana Dewi ini juga melakukan atraksi bergoyang dan melompati kursi.  

Bukan berniat menakut-nakuti sungguhan, Ria Ricis hanya mencoba menggoda Baby Moana dan mengajaknya bercanda. Betul saja, Baby Moana langsung tertawa terbahak-bahak melihat aksi Mamanya tersebut. 

Editors' Picks

2. Banyak netizen yang dibuat gemas dengan tawa Baby Moana

2. Banyak netizen dibuat gemas tawa Baby Moana
Instagram.com/riaricis1795

Dengan tawanya yang lepas saat bercanda dengan sang Mama, Baby tampak semakin imut dan menggemaskan. Tak heran jika banyak netizen yang juga dibuat gemas dengan bayi yang satu ini. 

  • “Mba Moana cute bangetttt. Masyaallah sekarang pipinya udah chubby,” tulis pemilik akun @shafna_sn16.

  • “Lucu banget gemes Moana pengen cubit pipi Moana,” tulis pemilik akun @tia_ajh_27.

  • “Mashaallah Mon, ketawanya bikin candu,” tulis pemilik akun @ryanricisjourney.

3. Namun, ada juga netizen mengomentari aksi Ria Ricis tersebut

3. Namun, ada juga netizen mengomentari aksi Ria Ricis tersebut
Instagram.com/riaricis1795

Meskipun banyak netizen yang gemas dan kagum dengan aksi totalitas Ricis saat menghibur Moana, namun ada juga netizen yang mengomentari cara Ricis tersebut. Banyak yang berpendapat bahwa membuat bayi tertawa terbahak-bahak bisa membuatnya rewel dan berbahaya.

  • “Masyaallah, jangan digituin terus ka Icis. Nanti malam nggak bisa tidur,” tulis pemilik akun @bungasailan.
  • “Biasanya anak kecil kalau habis ketawa geli gitu malemnya suka rewel,” tulis pemilik akun @susidamayanti51.
  • "Tidak boleh digituin mbak Ricis, dulu anakku pernah begitu nggak bisa diam ketawa terus, malah jadi ngeri,” tulis pemilik akun @ernidarwisah.

Namun, ada juga yang membela Ria Ricis dari kritikan netizen yang mengomentari cara asuhnya kepada Moana. 

  • “Apapun yang dilakukan Ricis ke anaknya SALAH? Berenang ga boleh, Tummy time ga boleh. Sekarang bikin ketawa anaknya dibilang kasihan, anaknya nanti rewel,” tulis pemilik akun @driwlnnn.
  • “Ini komentarnya kenapa sih? Icis salah mulu kenapa heh? Icis tuh seneng loh anaknya ketawa gitu, wajar itu namanya bayi kalo ketawa kek gitu,” tulis pemilik akun @riri_aja24.

4. Benarkah berbahaya jika bayi tertawa terbahak-bahak?

4. Benarkah berbahaya jika bayi tertawa terbahak-bahak
Freepik/zurijeta

Hingga saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa membuat bayi terbahak-bahak bisa membuat ia rewel di malam hari. Kalaupun si Kecil rewel di malam hari, itu merupakan proses tumbuh kembang yang normal, di mana ia merasa lelah dengan ‘pelajaran’ barunya.

Namun, beda halnya jika kita ‘memaksa’ bayi untuk tertawa, misalnya menggelitik tubuhnya hingga ia tertawa kencang. Bayi yang menangis usai tertawa saat digelitik merupakan tanda bahwa ia merasa tidak nyaman terhadap gelitikan tersebut. 

Seperti yang kita tahu, bayi belum bisa mengomunikasikan apa yang mereka rasakan. Jadi, meskipun mereka tidak menyukai sensasinya, bayi hanya bisa tertawa sebagai bentuk refleks atas stimulasi yang diberikan. 

Selain itu, bayi yang digelitik hingga tertawa berlebihan bisa mengalami tersedak air liurnya sendiri. Untuk bayi yang masih berusia di bawah satu tahun, kondisi ini bisa membahayakan sistem pernapasannya. 

5. Manfaat tertawa untuk tumbuh kembang bayi

5. Manfaat tertawa tumbuh kembang bayi
Freepik/maybeyesstudio

Jika melihat dari cara Ria Ricis bercanda dengan Moana, tawa Moana yang tidak dipaksakan justru bisa bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Dilansir dari Little Cedars, berikut adalah beberapa manfaat tertawa untuk perkembangan bayi:

  • Membangun ikatan yang baik antara orangtua dan bayi.

  • Melatih keterampilan sosial dan empati sejak dini.

  • Meningkatkan kesehatan mental.

  • Melepaskan endorfin (hormon yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh).

  • Memicu bagian otak yang meningkatkan suasana hati.

  • Menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar gula darah.

  • Melancarkan sistem pencernaan dan penyerapan gizi makanan.

  • Membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Demikianlah informasi mengenai Ria Ricis dikomentari karena bikin Moana ngakak. Jadi, mengajak bayi bercanda hingga tertawa justru memberikan manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil, ya, Ma. 

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk