Mama Bisa Menenangkan Tangisan Si Kecil dengan 7 Cara Efektif Ini

Mama pernah melakukan yang mana, nih?

26 Juni 2018

Mama Bisa Menenangkan Tangisan Si Kecil 7 Cara Efektif Ini
upload.wikimedia.org
Bayi menangis tanpa air mata, lho.

Anak kecil itu memang menggemaskan. Mulai dari penampilan fisiknya yang masih mungil dan “bulat” seperti boneka hingga gerak-gerik tubuhnya yang mudah untuk mencuri hati siapa pun.

Namun, bagaimana jika bayi mama sering menangis? Don’t worry! Dilansir dari laman babygaga, berikut adalah 7 cara efektif untuk menenangkan bayi.

1. Berikan pijatan yang lembut

1. Berikan pijatan lembut
kusiwawa.com

Bayi menangis dapat disebabkan karena Si Kecil merasa tidak nyaman karena sesuatu. Hal inilah yang mendorong kami untuk menyarankan supaya Mama memastikan kenyamanan tersebut dengan cara memberi pijatan kecil yang lembut.

Hal ini akan membuatnya fokus pada rasa nyaman yang dihasilkan sehingga perlahan bayi mama yang mungil berhenti menangis.

Baca Juga: Jerawat Hingga Kolik, Ketahui Masalah Bayi Umur 2 Minggu

2. Gendong dan hadapkan pada cermin

2. Gendong hadapkan cermin
howwemontessori.com

Bayi terus menangis tanpa berhenti pastilah karena Si Kecil masih fokus pada sesuatu yang membuatnya merasa tidak baik. Coba Mama alihkan perhatiannya tersebut dengan cara menggendongnya kemudian menghadapkan pada cermin.

Anak mama akan dibuat bingung melihat pantulan dirinya hingga ia berhenti menangis dan foksu pada hal tersebut. Gemas!

Baca Juga: Menurut Mama, Haruskah Bayi Selalu Digendong Saat Menangis?

3. Ajak Si Kecil jalan-jalan

3. Ajak Si Kecil jalan-jalan
frasersrewards.com

Berbicara mengenai cara terbaik untuk mengalihkan perhatian Si Kecil, Mama dapat melakukannya dengan cara membawanya untuk berjalan-jalan. Mama bisa sekedar menggendongnya dan memutari rumah maupun membawanya keluar ke taman rumah mama. Anak mama akan teralihkan perhatiannya pada hal-hal yang tahu-tahu tampil di sekitarnya.

Editors' Picks

4. Biarkan Si Kecil melihat air

4. Biarkan Si Kecil melihat air
momjunction.com

Sadarkah Mama, saat anak mama diajak mandi, ia pasti diam atau tertawa karena senang. Hal tersebut dikarenakan anak bayi cenderung menyukai air.

Itu kenapa, saat bayi mama menangis, Mama sebaiknya membawanya ke kamar mandi kemudian nyalakan air dari wastafel dan biarkan ia melihatnya seperti ia sedang melihat air terjun Niagara. Hihihi….

5. Ajak main dengan benda lucu

5. Ajak main benda lucu
Pixabay.com/publicdomainpictures

Cara yang satu ini pasti menjadi cara yang paling umum dan sering dilakukan oleh Mama. Tentu, hal itu dikarenakan mengajak Si Kecil bermain dengan benda-benda yang lucu dan penuh warna memang sangat efektif untuk membuatnya berhenti menangis. Sebagai rekomendasi, lakukan dengan menghasilkan aneka efek suara yang lucu, Ma!

6. Lampu mati-nyala

6. Lampu mati-nyala
nameberry.com

Membuat anak bayi tersenyum memang tidak sulit, Mama cukup memberikan kejutan yang membuatnya seperti masuk ke dalam dunia fantasi. Sebagai contoh, coba Mama bawa Si Kecil ke hadapan sebuah lampu kemudian mati-nyalakanlah dengan rentang waktu yang tidak lama. Sambil melakukannya, coba katakan “Ciluk, Ba!” dan Si Kecil pasti akan tertawa.

7. Tonton video musik

7. Tonton video musik
kidmunicate.com

Terakhir, Mama dapat memanfaatkan keuntungan dari era Millenial sekarang ini yang didominasi dengan penggunaan gadgets. Secara perlahan saat Si Kecil sedang menangis, Mama perlihatkanlah sebuah musik video anak-anak yang menggemaskan, seperti Baby Shark! atau video klip Kpop yang penuh warna dan layak untuk ditonton Si Kecil. Musik dan warna-warna yang menggemaskan akan membuatnya berhenti menangis dan mood-nya pun membaik.

Semua cara-cara di atas sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Namun, pastikan Si Kecil menangis bukan karena sakit karena jika ya, upaya yang harus Mama lakukan adalah membawanya ke rumah sakit untuk diperiksakan oleh dokter. Have a good day!