Tips dan Trik Tummy Time untuk Bayi Menurut Dokter Anak

Ini dia tips tummy time bayi menurut dokter spesialis anak

25 Oktober 2021

Tips Trik Tummy Time Bayi Menurut Dokter Anak
Pexels/Pixabay

Memasuki usia 2 bulan, akan ada banyak perubahan baru yang mulai diperlihatkan oleh bayi mama. Mulai dari lebih banyak mengoceh, hingga tengkurap atau sering disebut tummy time.

Tummy time menjadi salah satu tahap penting untuk melatih perkembangan motorik dan kognitif buah hati mama. Caranya pun dengan membiarkan si Kecil dalam posisi tengkurap selama beberapa saat.

Meski terlihat sederhana, tetapi proses mengkurap pertama bayi ini juga memiliki manfaat, Ma. Di antaranya adalah untuk melatih otot, mencegah kepala peyang, membuat si Kecil belajar mengontrol gerakan leher dan kepalanya, serta yang terpenting membantu memperkuat bonding antara Mama dan si Kecil.

Masih banyak orangtua yang bertanya bagaimana cara mengajarkan tummy time pada bayi mereka. Itulah yang kemudian mendasari dr. Citra, SpA, IBCLC, MKes selaku dokter spesialis anak membagikan unggahan terkait proses tummy time bayi melalui Instagram pribadinya.

Menjadi salah satu dokter anak yang aktif berbagi informasi di media sosial, kali ini Popmama.com telah merangkum tips dan trik tummy time pada bayi menurut yang disampaikan oleh dr. Citra.

Disimak baik-baik yuk, Ma!

1. Jika bayi diasuh oleh beberapa orang

1. Jika bayi diasuh oleh beberapa orang
Freepik/user18526052

Maksudnya adalah ketika bayi mama tak hanya diasuh oleh Mama dan Papa saja, tetapi juga ada bantuan pengasuh lain seperti babysitter atau keluarga terdekat yang turut membantu.

Menurut dr. Citra, jika seperti ini maka pastikan terlebih dulu bahwa orang yang ikut membantu mengasuh si Kecil paham dan melakukan kegiatan tummy time sebagai rutinitas setiap hari bayi mama.

Editors' Picks

2. Jika bayi menolak tummy time

2. Jika bayi menolak tummy time
Freepik.com/pch-vector

Meski terdengar sederhana, namun masih banyak orangtua yang mengalami kesulitan saat melakukan tummy time pada bayi mereka. Terlebih saat bayi mulai menolak melakukannya, sebaiknya tidak dipaksakan ya.

Alih-alih memaksa, cara yang bisa Mama lakukan adalah dengan rutin melakukan kegiatan tummy time saat menggantikan popok atau setelah mandi. Dengan begitu, bayi pun lambat laun akan terbiasa melakukannya, Ma.

3. Lakukan saat bayi sedang dalam keadaan bahagia

3. Lakukan saat bayi sedang dalam keadaan bahagia
Pexels/Victoria Borodinova

Dalam unggahannya, dr. Citra juga melarang keras kegiatan tummy time dilakukan sesaat bayi mama diberikan makan. Sebaiknya dilakukan dalam keadaan si Kecil sedang bahagia dan tidak mudah rewel ya, Ma.

dr. Citra juga memberikan beberapa tips saat melakukan tummy time agar bayi tetap dalam kondisi suasana hati yang baik. Di antaranya adalah menyanyikan bayi untuk menenangkannya saat melakukan tummy time.

Mama juga bisa menggunaka kerincingan atau mainan lain yang dapat menyita perhatian bayi. Selain itu, pastikan posisi tubuh Mama setinggi dengan mata si Kecil agar ia bisa dengan mudah melihat wajah Mama.

4. Jika bayi tertidur saat tummy time

4. Jika bayi tertidur saat tummy time
Freepik/freepik

Meski sebelumnya bayi mama terlihat aktif, namun bukan tidak mungkin beberapa saat kemudian ia tertidur karena terlalu lelah dengan kegiatannya tersebut.

Saat bayi mama tertidur di tengah-tengah kegiatan tummy time, yang bisa Mama lakukan adalah mengembalikan posisinya menjadi telentang dan membiarkannya tidur dengan nyaman.

dr. Citra membagikan bahwa posisi tengkurap bayi ketika tidur sebaiknya dihindari. Sebagaimana direkomendasikan juga oleh American Academy of Pediatrics (AAP) bahwa bayi selalu tidur dalam posisi telentang.

5. Cara melatih bayi tummy time

5. Cara melatih bayi tummy time
Pexels/kseniachernaya

Adapun cara yang bisa Mama lakukan untuk melatih bayi memulai tummy time adalah sebagai berikut:

  1. Pilih waktu yang tepat
  2. Letakkan bayi pada posisi yang nyaman
  3. Berikan ganjalan jika perlu
  4. Letakkan mainan atau benda yang menarik perhatiannya
  5. Pastikan untuk terus berinteraksi dengan Mama
  6. Memperpanjang durasi secara berkala

Itu dia tips dan trik tummy time pada bayi menurut dokter spesialis anak. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa Mama terapkan untuk melatih si Kecil di rumah. Tetap semangat dan terus dampingi bayi mama saat melakukan kegiatan tummy time ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.