4 Tips Mengetahui Produk Bayi Asli atau Palsu Saat Belanja Online

Tetap waspada dan perhatikan tips ini ya, Ma

15 Agustus 2019

4 Tips Mengetahui Produk Bayi Asli atau Palsu Saat Belanja Online
Freepik/ibravery

Jual beli online melalui platform online atau E-Commerce saat ini sudah menjadi budaya baru di Indonesia. Bertransaksi secara online seperti sudah menjadi bagian dari perilaku berbelanja sehari-hari, khususnya konsumen milenial.

Belanja online memang menjadi pilihan bagi orang yang sibuk, khususnya orangtua yang bekerja namun tetap harus memenuhi kebutuhan keluarganya. Bagi orangtua yang sibuk bekerja dan memiliki bayi, adanya E-Commerce sangat membantu mereka mencari produk kebutuhan bayi secara online seperti popok, makanan bayi, gendongan, bedak bayi, susu formula, dan masih banyak lagi.

Namun, maraknya penjualan online membuat munculnya penjual tidak bertanggung jawab dengan memalsukan produk-produk yang dapat membahayakan penggunanya.

Apabila Mama berniat membelikan produk untuk si Kecil melalui online, sebelum menyelesaikan pembelian, berikut adalah beberapa hal yang dapat Mama lakukan untuk memastikan apakah produk yang ingin dibeli asli atau tidak. Disimak ya, Mama!

1. Ketahui produk yang dicari

1. Ketahui produk dicari
Freepik

Saat ini sangat sulit membedakan produk asli dan palsu, karena keduanya dapat terlihat sangat mirip. Bahkan sudah banyak produk palsu yang dijual secara online dengan tingkat kemiripan yang sama dengan produk aslinya.

Mengetahui produk apa yang mau dibeli adalah salah satu tips beberlanja online yang efektif untuk menghindari penipuan. Sebelum Mama memutuskan membeli produk bayi secara online, Mama perlu mempelajari detail produk tersebut melalui situs web dari produk yang akan Mama beli. 

Saat ini banyak web perusahaan yang memiliki situs berbelanja sendiri sehingga lebih memudahkan dan terpercaya. Beberapa situs web perusahaan juga biasanya mencantumkan pengecer mana saja yang secara resmi menjual produk-produk mereka.

Editors' Picks

2. Periksa penjual, terpercaya atau tidak

2. Periksa penjual, terpercaya atau tidak
Pexels/PhotoMIX Ltd

Setelah Mama sudah menemukan produk apa yang dicari, langkah selanjutnya perhatikan dari mana produk itu berasal. Membeli dari pengecer di situs E-Commerce semakin meningkatkan kemungkinan produk yang dibeli palsu.

Mama harus cermat dalam memilih toko online yang terpercaya. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah cek apakah toko atau penjual tersebut sudah cukup meyakinkan atau belum. Cara mudahnya, Mama bisa melihat reputasi toko, ulasan, dan informasi lainnya. Toko atau penjual yang terpercaya biasanya akan menampilkan hal-hal itu di halaman pertama situsnya.

3. Perhatikan harga produk, jangan tergiur harga murah

3. Perhatikan harga produk, jangan tergiur harga murah
Pexels/Negative Space

Banyak orang tergiur berbelanja online karena harga yang jauh lebih murah dibandingkan pasaran. Namun, perlu Mama ketahui bahwa produk asli tidak akan dijual dengan harga murah, karena semurah-murahnya pasti masih dalam batasan harga di atas standar.

Kecuali jika produk tersebut sudah terlalu lama modelnya, second hand atau bekas pakai, biasanya banyak penjual yang tentu menjual produk dengan harga murah. Namun, tak jarang juga beberapa penjual atau toko online bekerjasama dengan merek terkenal untuk menjual produk mereka dengan harga eksklusif dari pasarannya.

Meskipun seperti itu, ternyata masih ada beberapa toko online yang tidak jujur dan menjual barang yang tidak sesuai dengan deskripsi pada websitenya. Saat membeli produk bayi, diperlukan ketelitian yang lebih agar tidak berisiko pada si Kecil nantinya. Perhatikan kembali kualitas produk tersebut, jangan tergiur dengan harga yang murah ya, Ma. 

4. Lihat ulasan pembeli

4. Lihat ulasan pembeli
Popmama.com/Ninda Anisya

Ketika berbelanja secara online, biasanya penjual akan membagikan testimoni atau ulasan yang diberikan pembeli lain pada produk yang sudah terjual.

Namun jangan terlalu percaya dengan ulasan pembeli, perhatikan username penulisan pembeli dan baca ulasan-ulasannya pada toko online tersebut. Jika pembeli puas, maka mereka akan kembali membeli barang pada toko yang sama, namun jika ulasan yang diberikan terlihat seragam dengan beberapa ulasan lain, kemungkinan itu hanya permainan penjual saja.

Tetapi perlu diingat, saat membaca ulasan produk harus dengan teliti ya, Ma. Hal ini untuk membedakan mana pembeli yang nyata dan pembeli yang hanya memalsukan rating untuk kepentingan toko.

Membaca ulasan memang tidak menjamin keaslian produk, namun dengan membaca ulasan yang diberikan pembeli lain bisa menjadi hal penting untuk mempertimbangkan Mama membeli sesuatu di toko online.

Itulah tips yang bisa Mama pertimbangkan sebelum membeli produk si Kecil secara online. Tetap waspada dan teliti ya, Ma. Jika tidak, produk palsu yang Mama beli mungkin akan membahayakan kesehatan si Kecil saat menggunakannya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk