Nggak Hanya Terlihat Bergaya, Baju Bayi Juga Harus Nyaman dan Aman

Berbeda dengan orang dewasa, Mama harus memerhatikan ini saat beli baju bayi ya

10 Februari 2021

Nggak Ha Terlihat Bergaya, Baju Bayi Juga Harus Nyaman Aman
Dok. Kalale

Saat Mama membeli pakaian bayi, Mama ingin memastikan bahwa bayi akan nyaman dan aman dalam pakaian tersebut. Kamu juga ingin bayimu bisa tampil bergaya dengan baju mungilnya. 

Dengan begitu banyak gaya, merek, dan bahan dari pakaian bayi di pasaran, sangat sulit untuk memilih yang sesuai untuk bayi laki-laki atau perempuan. 

Agar pembelian pakaian bayi ini lebih menyenangkan, berikut 6 faktor terpenting yang harus diperhatikan saat membeli pakaian bayi.

Popmama.com berharap dapat membantu kamu ya dalam membuat keputusan yang cerdas dan tepat dalam membuat lemari pakaian bayi pertama kamu. 

1. Sebelum membeli, kain adalah hal penting yang harus diperhatikan

1. Sebelum membeli, kain adalah hal penting harus diperhatikan
Pexels/JonathanBorba

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Jadi, saat membeli pakaian bayi, kebanyakan orangtua tidak akan memilih baju berbahan dasar katun. 

Kamu bisa mempertimbangkan membeli baju dengan kain seperti kapas dan rayon dari bambu. Kain ini berasal dari alam atau berasal dari sumber daya alam dan memiliki khasiat yang baik sehingga cocok untuk pakaian bayi. 

Hindari warna-warna cerah karena mungkin mengandung zat fluoresen. Pakaian bayi yang terbuat dari bahan seperti nilon dan poliester dapat menyebabkan kulit sensitif dan tidak nyaman karena ketidakmampuannya menyerap kelembaban dan mengatur suhu tubuh bayi sehingga harus dihindari.

2. Keamanan kadang sering terlupakan

2. Keamanan kadang sering terlupakan
Freepik/User6014584

Saat membeli pakaian bayi, keamanan sangat penting dan terkadang diabaikan oleh orangtua. Setiap tahun, jutaan pakaian bayi ditarik kembali karena gagal memenuhi standar keamanan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membeli pakaian bayi yang tidak menimbulkan masalah keamanan. Jangan membeli pakaian bayi dengan hiasan seperti busur, kancing, bunga, dan kait karena dapat menyebabkan bahaya tersedak. 

Jika Mama ingin memberikan pakaian pada bayi dengan berbagai ornamen, benda-benda itu harus terpasang dengan kuat. Selain itu, hindari memilih pakaian dengan tali serut dan ikat pinggang karena dapat menimbulkan bahaya tercekik. Duh!

Saat Mama membeli pakaian tidur bayi, pilih yang terbuat dari kain tahan api ya (diolah secara kimiawi) atau yang pas untuk melindungi bayi dari luka bakar. Faktor ini berlaku untuk pakaian tidur bayi ukuran 9-14 bulan, bayi sangat lincah saat usia tersebut.

3. Ukuran jangan terlalu besar

3. Ukuran jangan terlalu besar
Freepik/user13216326

Ini penting juga saat Mama ingin membeli baju bayi, jangan kekecilan dan pastikan muat ya!

Pastikan kamu membeli pakaian yang pas untuk bayi. Ukuran yang sesuai tidak hanya nyaman tetapi juga memudahkan bayi bergerak. Bayi tumbuh dengan sangat cepat, pastikan untuk memperhitungkan tingkat pertumbuhan saat Mama melakukan pembelian.

Kebanyakan pakaian memiliki ukuran standar yang bisa jadi panduan. Pedoman umum yang bisa membantu kamu dalam memilih pakaian bayi adalah bedasarkan ukuran usia (misalnya, tinggi badan 3-6 bulan dan berat 6-9 bulan).

Jika kamu tidak dapat memutuskan ukuran, rekomendasinya adalah selalu membeli ukuran yang lebih besar untuk mengimbangi percepatan pertumbuhan. 

Selain itu, pastikan pakaian bayi mudah dipasang dan dilepas. Antara penggantian popok, menyusui, dan bersendawa. Jangan pilih pakaian yang ribet saat memasang dan menggantinya.

Pilih pakaian dengan kancing dan / atau ritsleting daripada kancing. Sekali lagi, hindari kemewahan dan pertimbangkan kepraktisan. Jika berada di toko, cobalah kancing dan ritsleting untuk memastikannya mudah dipasang dan dilepas atau dipasang dan dilepas.

Editors' Picks

4. Gaya & fungsi saat membeli baju bayi

4. Gaya & fungsi saat membeli baju bayi
Freepik/pch.vector

Saat membeli pakaian bayi, kamu harus mempertimbangkan fungsinya.

Untuk bayi yang baru lahir, si Kecil akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, jadi pilihlah sesuatu yang nyaman, seperti kimono bodysuit, onesies, sleep sack, baby footies, atau gaun. 

Sekali lagi, saat ingin memilih gaya dari pakaiannya, lihat yang mudah dipasang dan dilepas.

5. Jangan lupa perhatikan biayanya

5. Jangan lupa perhatikan biayanya
Freepik

Saat membeli pakaian bayi, jangan fokus dengan harga terendah atas nama berhemat. 

Jangan pernah kompromi kualitas untuk harga. Perhatikan kalau bayi itu cepat tumbuh dan seberapa sensitif kulit mereka, membeli pakaian berkualitas tinggi yang dirancang dengan baik akan memberi ketenangan pikiran serta menciptakan banyak foto kenangan abadi. 

Pilih kualitas daripada kuantitas. Ada banyak baju bayi rancangan orangtua, dibuat dengan cermat, dan terjangkau, baik online maupun offline. 

Rekomendasi Merek Baju Bayi dengan Kualitas Baik

Rekomendasi Merek Baju Bayi Kualitas Baik
Freepik/bristekjegor

1. Bird & Bees

1. Bird & Bees
Dok. Bird & Bees

Birdsnbees(dot)com merupakan salah satu toko baju bayi yang kerap diincar Mama baru. Memiliki slogan "bayi senang dan sehat", birdsnbees(dot)com berusaha memenuhi segala kebutuhan anak.

Kamu bisa menemukan beragam baju bayi dari baju tidur hingga baju renang. Harganya pun beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Kalale

2. Kalale
Dok. Kalale

Kalale, merupakan brand baju bayi lokal dan kekinian. Brand ini didirikan oleh Febrina Oktaviani dan Rosiana Ayu. Kalale merupakan singkatan dari Kal dan Ale ini fokus menawarkan baju bayi yang instan, fungsional, dan aman untuk bayi serta tentunya dengan harga yang terjangkau. 

Meskipun dapat dibeli dengan harga terjangkau, kualitas bahan Kalale tidak perlu diragukan lagi lho. Pakaian bayi ini menggunakan kain natural cotton dan natural bamboo cotton,  semua baju kalale sangat nyaman dan aman untuk digunakan oleh si Kecil. 

“Ciri khas dari Kalale, kami selalu ingin memberikan solusi di setiap produk yang kami luncurkan. Produk sleepsuit dan playsuit kami memiliki kancing di pundak yang berfungsi untuk memasangkan aksesoris kami seperti celemek dan juga penutup kepala. Jadi para orang tua tidak perlu beli banyak baju karena produk kami dapat dikombinasikan den juga multi-guna sesuai dengan kebutuhan”, kata Rosiana Ayu. 

Bagi Mama yang tertarik untuk mendapatkan pemasukan tambahan, Mama bisa menjadi reseller dari Kalale lho. Info tentang produk dan pendaftaran bisa dicek di www.kalaleofficial.com. Kamu juga bisa membeli produk di e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee, dan juga instagram @kalale.official. 

Di bulan Maret Kalale akan berencana launching produk yang nggak kalah menarik dari sebelumnya. Ditunggu ya Ma.

3. Mothercare

3. Mothercare
Dok. Mothercare

Mothercare juga menjadi salah satu toko andalan banyak Mama baru dalam mencari pakaian bayi. 

Mothercare menghadirkan produk esensial untuk anak yaitu sleepsuit, romper, bodysuit dan piyama yang terbuat dari 100% cotton yang lembut dan tahan lama.

Koleksi ini dirancang untuk kegiatan dirumah bagi si Kecil. Kami menggunakan kancing bebas nikel dan tanpa label di bagian leher, sehingga si Kecil tidak akan merasa terganggu atau gatal karenanya. Model dan warna yang bervariasi akan membuat keseharian si Kecil semakin ceria. 

Rangkaian baju bayi ini hadir untuk usia anak 0-24 bulan ya, Ma!

Itu dia informasi mengenai faktor utama yang harus diperhatikan ketika Mama mau membeli baju bayi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.