Potret Artis Mengubur Ari-Ari Bayi, Ikut Lestarikan Tradisi

Ari-ari dianggap sebagai 'saudara' sang Anak yang juga harus diperlakukan khusus

6 Agustus 2022

Potret Artis Mengubur Ari-Ari Bayi, Ikut Lestarikan Tradisi
Youtube.com/Rans Entertainment &Youtube.com/AH

Selama berada di dalam kandungan, ari-ari memiliki fungsi vital bagi janin, yaitu memberikan oksigen dan nutrisi dan membuang kotoran janin. Selain itu, fungsi ari-ari juga mengeluarkan hormon, dan melindungi si Kecil dari ancaman infeksi.

Sebagian masyarakat Indonesia memiliki kepercayaan bahwa ari-ari adalah 'saudara' bayi sehingga perlu diperlakukan dengan layak. Caranya, yaitu dengan menguburkan ari-ari sesaat setelah bayi dilahirkan.

Penguburan ari-ari jika dipandang dari sisi kebersihan dan kesehatan, agar proses pembusukannya tidak mengundang bakteri. Karena jika dibuang sembarangan, ari-ari berisiko dimakan oleh binatang atau menimbulkan kerusakan lingkungan karena ada kontaminasi darah.

Tradisi mengubur ari-ari ini terus dijalankan hingga sekarang. Tak hanya masyarakat biasa, para artis ini juga melakukan tradisi mengubur ari-ari bayi mereka.

Berikut Popmama.com rangkum potret artis mengubur ari-ari bayi, ikut lestarikan tradisi.

1. Hamish Daud mengubur ari-ari Zalina

1. Hamish Daud mengubur ari-ari Zalina
Instagram.com/hamishdw

Anak pertama Hamish Daud dan Raisa Adriana lahir pada 12 Februari 2019. Putri kecil mereka diberi nama Zalina Rayne Wyllie. Saat si Kecil lahir, Hamish menjadi orang pertama yang membagikan momen kelahiran anaknya.

Pemain film Trinity, The Nekad Traveler itu mengunggah momen kebersamaannya dengan sang Buah hati lewat foto hitam putih. Hamish Daud tampak mendekap putri kecilnya dengan penuh cinta.

Tak hanya itu, Hamish juga turut mengunggah video di InstaStory yang memperlihatkan dirinya hendak mengubur ari-ari sang Anak. Dari foto itu, Hamish mengenakan kemeja biru dongker dan celana panjang hitam sedang berlutut sambil memegang wadah dari tanah liat yang berisi ari-ari.

Di depannya ada lubang galian untuk mengubur kendi tersebut. Terlihat pula bunga kamboja berwarna ungu di atas wadah.

Editors' Picks

2. Raffi Ahmad mengubur ari-ari Rayyanza

2. Raffi Ahmad mengubur ari-ari Rayyanza
Youtube.com/Rans Entertainment

Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengumumkan kelahiran anak kedua mereka Rayyanza Malik Ahmad pada 26 November 2021. Anak kedua pasangan ini yang berjenis kelamin laki-laki lahir dengan berat 3.095 gram dan panjang 48 cm.

Setelah Nagita Slavina melahirkan, Raffi Ahmad langsung menguburkan ari-ari putra keduanya tersebut. Raffi mengubur ari-ari Rayyanza di belakang rumah mereka di Jalan Andara. Ia tampak ditemani oleh beberapa orang saat menguburkan ari-ari sang Anak.

3. Atta Halilintar mengubur ari-ari Ameena

3. Atta Halilintar mengubur ari-ari Ameena
Youtube.com/AH

Atta Halilintar saat Ameena Hanna Nur Atta lahir juga ikut menjalankan tradisi untuk mengubur ari-ari. Bahkan Atta melakukannya sendirian di pekarangan rumahnya sendiri.

Ia menggali tanah dan mengubur ari-ari putrinya itu di sana. Sembari mengubur ari-ari, Atta melantunkan doa dan salawat. 

Doa yang ucapkan Atta pernah dibaca Nabi Yunus saat berada di perut ikan paus selama 40 hari, seperti yang tercantum dalam Al-Quran pada surat Al Anbiya ayat 87. Arti doa tersebut sangat luar biasa, yaitu tentang mencari jalan keluar dari kesulitan dengan meminta kepada Allah.

"La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzdzolimin," ucap Atta Halilintar.

4. Teuku Ryan mengubur ari-ari anak pertamanya

4. Teuku Ryan mengubur ari-ari anak pertamanya
Youtube.com/Ricis Official

Suami Ria Ricis, Teuku Ryan juga ikut mengubur ari-ari anak pertama mereka sesaat setelah istrinya melahirkan. Untuk tempatnya, Teuku Ryan memilih menguburnya di sebuah pesantren seperti yang terlihat dalam vlog pasangan ini.

Ryan langsung turun tangan untuk mengubur ari-ari bayinya. Di pondok pesantren itu, tempat penguburan ari-ari anak Teuku Ryan sudah disiapkan. Ia juga tampak ditemani seorang ustaz saat proses penguburan ari-ari si Kecil di sana. Setelah proses penguburan, Ryan dan ustaz tersebut berdoa bersama.

5. Ibas Yudhoyono mengubur ari-ari Alisha 

5. Ibas Yudhoyono mengubur ari-ari Alisha 
Instagram.com/ruby_26

Selanjutnya ada Ibas Yudhoyono yang juga membagikan momen dirinya mengubur ari-ari anak keempat. Diungkapkan oleh akun Instagram sang Istri, Aliya Rajasa, kalau sang Suami mengubur ari-ari si Kecil dua hari pasca ia melahirkan.

Diungkapkan Aliya kalau ini sudah menjadi tradisi turun-temurun di keluarganya. Selain mengubur ari-ari, ada juga tradisi menanam pohon saat ada anggota keluarga baru dilahirkan di keluarga Yudhoyono.

"Hari kedua Alisha lahir, Pappie bersama Kakak-kakaknya Alisha meneruskan tradisi keluarga yang selalu Memo lakukan yaitu menanam ari-ari seraya berdoa mengucap syukur dan terima kasih kami atas kebesaran Allah SWT.  Dilanjut dengan menanam pohon sebagai tanda kelahiran anggota keluarga baru," tuturnya di Instagram, 31 Juli 2022.

Itulah tadi potret artis mengubur ari-ari bayi, ikut lestarikan tradisi. Mengubur ari-ari menjadi salah satu tradisi turun-temurun yang masih ada di Indonesia, kalau Mama dan Papa melakukan tradisi ini nggak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk