Ma, Ini Dia 6 Cara Mudah Mengatasi Rambut Pitak pada Bayi!

Pitak pada bayi bisa diatasi sedini mungkin Ma!

15 November 2018

Ma, Ini Dia 6 Cara Mudah Mengatasi Rambut Pitak Bayi
Freepik/Phduet

Rambut rontok ternyata tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, bayi juga bisa mengalaminya. Beberapa faktor memang bisa menyebabkan rambut bayi rontok seperti efek pencukuran rambut yang sering atau berlebihan, kepala sering tertekan di tempat tidur, hingga penyakit genetik atau autoimun yang diderita bayi.

Apabila bayi Mama termasuk yang mengalami rambut pitak, ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi rambut pitak pada bayi Mama.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Beri si Kecil asupan makanan yang bergizi

1. Beri si Kecil asupan makanan bergizi
Freepik/Dragana_Gordic

Cara paling mudah yang bisa Mama lakukan jika melihat adanya tanda-tanda bayi mengalami pitak pada kepala adalah memberikannya asupan makanan bergizi seperti makanan yang mengandung zat besi, protein, dan zinc.

Tentu karena si Bayi masih minum ASI, maka ia bisa memperoleh kandungan tersebut dari aneka jenis sayuran, buah-buahan, susu dan daging rendah lemak yang mama konsumsi. Mama juga bisa meminta suplemen vitamin kepada dokter si Kecil jika itu diperlukan. 

Apabila cara ini telah dilakukan namun tidak ada perubahan, sebaiknya segera konsultasikan masalah ini pada dokter anak.

Mama harus tahu: Tahapan tumbuh rambut si Bayi

2. Minyak kemiri

2. Minyak kemiri
ayushology.com

Sejak lama minyak kemiri telah dipercaya mampu mengatasi masalah rambut rontok. Nah, Mama bisa memanfaatkan bumbu dapur ini untuk mengatasi pitak pada bayi. Caranya juga sangat mudah, Mama cukup membakar beberapa butir kemiri, kemudian hancurkan hingga kemiri mengeluarkan minyak.

Nah, minyak inilah yang bisa Mama bubuhkan pada rambut si Kecil. Agar hasilnya dapat maksimal, Mama bisa melakukan cara ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

3. Minyak kelapa

3. Minyak kelapa
Unsplash/Kelly Sikkema

Mama juga bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai bahan dasar untuk menumbuhkan rambut pada bayi. Sebab, sejak zaman dulu kala, minyak kelapa juga dipercaya ampuh dalam mengatasi permasalahan rambut rontok.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi rambut yang pitak cukup mudah, lho Ma. Mama hanya perlu menghangatkan minyak kelapa murni menggunakan microwave selama 15 detik saja.

Lalu, bubuhkan pada rambut bayi dan pijat dengan lembut hingga bayi merasa nyaman. Biarkan selama 10 menit hingga minyak kelapa meresap pada kulit kepala, kemudian bilas rambut bayi dengan menggunakan air hangat.

Editors' Picks

4. Lidah buaya

4. Lidah buaya
Freepik/Daviles

Untuk mengatasi rambut pitak pada bayi bayi, Mama bisa memanfaatkan gel lidah buaya. Caranya juga sangat mudah, Mama hanya tinggal menyiapkan lidah buaya, membuka kulit kasarnya dan mengambil daging buahnya yang bertekstur lembut. Cuci bagian lunak itu hingga getahnya sudah hilang untuk meminimalisir risiko kulit kepala bayi alami iritasi atau gatal.

Aplikasikan pada rambut atau kepala yang mengalami pitak, kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat. Nah, dalam mengaplikasikan lidah buaya ke kepala bayi, disarankan untuk mengoleskannya sedikit terlebih dahulu untuk melihat kemungkinan adanya reaksi alergi.

5, Daun seledri

5, Daun seledri
Freepik

Perawatan rambut alami lainnya untuk menumbuhkan rambut bayi yang pitak adalah dengan cara memanfaatkan daun seledri. Caranya juga snagat mudah lho, Ma!

Pertama-tama, siapkan daun seledri yang sudah dibersihkan, kemudian hancurkan hingga halus. Oleskah remahan daun seledri tersebut pada kepala bayi, kemudian diamkan selama 30 menit. Jika sudah didiamkan, bilas dengan air hangat hingga bersih. 

6. Losion rambut bayi

6. Losion rambut bayi
wearegurgaon.com

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan rutin dengan menggunakan losion rambut bayi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Cara ini bisa Mama lakukan usai si Kecil keramas.

Aplikasikan losion bayi ke kulit kepala kemudian pijat dengan lembut selama beberapa menit. Untuk menghindari kerontokan rambut bayi, gunakan sisir lembut yang bergigi jarang.

Itulah cara mengatasi pitak pada bayi Ma. Jika pertumbuhan rambut bayi tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter. 

Baca juga: Ini cara membuat rambut bayi sehat dan kuat