Seberapa Sering si Kecil Harus Tummy Time? Temukan Jawabannya di Sini

Sering tummy time ternyata punya manfaat bagi tumbuh kembang si Kecil, Ma

19 Mei 2020

Seberapa Sering si Kecil Harus Tummy Time Temukan Jawaban Sini
freepik.com/Isantilli

Waktu si Kecil banyak dihabiskan dengan posisi telentang, baik saat tidur, berada di kursi bayi, ayunan, atau saat digendong. Terlalu sering berada di posisi telentang ternyata juga tidak baik bagi bentuk kepala si Kecil, Ma. Bagian belakang kepala si Kecil bisa datar, atau sering kita sebut juga dengan peyang.

Inilah kenapa si Kecil butuh tummy time atau waktu tengkurap, yang ternyata punya manfaat lain selain menjaga bentuk kepala bayi dalam kondisi baik.

Menurut IDAI, bermain dalam posisi tengkurap atau tummy time dapat dilakukan setidaknya 30 menit sehari, dalam rentang waktu terbagi dan harus selalu diawasi oleh orang dewasa. Tummy time bisa dilakukan saat si Kecil berusia 3-4 bulan, yakni saat otot leher si Kecil sudah cukup kuat untuk mengendalikan gerakan leher dan kepalanya.

Berikut fakta penting tentang tummy time bagi si Kecilyang sudah Popmama.com rangkum untuk Mama!

Editors' Picks

Manfaat Tummy Time

Manfaat Tummy Time
freepik.com/yaoinlove

Dikutip dari Mayoclinic.org, tummy time atau waktu tengkurap bayi dapat membantu memperkuat otot leher dan bahu bayi, serta meningkatkan keterampilan motorik. Manfaatnya untuk perkembangan kemampuan motorik bayi yaitu merangsang kemampuan bayi untuk menjaga keseimbangan tubuh, melakukan koordinasi pada paha, dan mengontrol gerakan kepala. 

Tummy time juga dapat mencegah bagian belakang kepala bayi datar atau kepala bayi jadi peyang jika terlalu lama telentang. Posisi ini juga akan memberi kekuatan pada bayi untuk berlanjut ke posisi selanjutnya sesuai tumbuh kembangnya, yakni berguling, duduk, merangkak, dan berjalan.

Melatih si Kecil Tummy Time

Melatih si Kecil Tummy Time
freepik.com/user6014584

Pada awal mencoba tummy time, si Kecil bisa jadi rewel karena tidak suka ketika tubuhnya tengkurap. Untuk membiasakan si Kecil tengkurap, Mama bisa mulai dengan menelungkupkan si Kecil di atas kedua paha Mama dengan salah satu paha Mama sedikit dinaikkan. Selain itu Mama juga bisa menggendong si Kecil dengan posisi telungkup atau membiarkan si Kecil tengkurap di atas perut dan dada Mama.

Bermain dalam posisi tummy time bisa dilakukan dalam 30 menit sehari. Mama bisa membagi rentang waktu tersebut dalam sehari agar si Kecil tidak bosan dan rewel saat tummy time. Jika si Kecil rewel atau menangis setiap kali tummy time, Mama bisa jadwalkan tummy time si Kecil selama 5 menit, sebanyak 3-6 kali sehari.

Agar si Kecil Nyaman saat Tummy Time

Agar si Kecil Nyaman saat Tummy Time
freepik.com/yaoinlove

Supaya si Kecil betah melakukan tummy time, Mama bisa sambil mengajaknya ngobrol dan bercanda. Bernyanyi dengan nada dan gerak tubuh riang juga bisa Mama lakukan supaya si Kecil juga ikut gembira saat tummy time. Jangan lupa juga siapkan mainan kesukaan si Kecil dengan bentuk dan warna yang mencolok untuk menstimulasi perkembangannya.

Pastikan si Kecil tidak sedang lapar, lelah, atau sehabis makan dalam kondisi perutnya penuh saat melakukan tummy time ya, Ma. Mama bisa tunggu sekitar satu jam jika ingin melatih si Kecil tummy time sehabis makan. Selain itu, tummy time juga bisa dilakukan saat si Kecil ganti popok atau sehabis mandi. Mama bisa memijat punggung si Kecil setelah ia mandi sambil ia melakukan tummy time.

Tummy time harus dilakukan saat si Kecil dalam keadaan terbangun ya, Ma. Melakukan tummy time saat si Kecil tidur malah akan meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Pastikan juga Mama dan Papa mengawasi dan menemani tummy time si Kecil, supaya kegiatan tummy time lebih aman dan nyaman.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.