5 Tips Belanja Perlengkapan Bayi Murah saat Harbolnas

Hari ini tepat tanggal 11 November adalah Hari Belanja Online Nasional atau disingkat Harbolnas

11 November 2020

5 Tips Belanja Perlengkapan Bayi Murah saat Harbolnas
Freepik

Bagi Mama yang gemar belanja online, pasti sudah menunggu hari ini sejak lama. Hari ini tepat tanggal 11 November adalah Hari Belanja Online Nasional atau sering disingkat Harbolnas. Berbagai macam e-commerce pun menawarkan berbagai macam diskon dan cashback hingga 100 persen. 

Jadi, hari ini cocok untuk Mama yang ingin berburu peralatan bayi murah seperti tempat makan, mainan, maupun baju untuk si Kecil. Seperti Mama ketahui, perlengkapan bayi memang cukup beragam macamnya, tapi membutuhkan biaya tidak sedikit untuk mendapatkannya. 

Walaupun e-commerce menawarkan berbagai macam diskon, Mama harus tetap cermat saat memilih perlengkapan bayi agar pengeluaran tidak membengkak. Oleh karena itu, Popmama.com akan memberikan lima tips belanja perlengkapan bayi murah saat Harbolnas

1. Membuat daftar belanjaan

1. Membuat daftar belanjaan
Unsplash/Piscea

Perlengkapan bayi memang tampak lucu dan menarik sehingga Mama ingin membeli semua yang ada di e-commerce. Saat Harbolnas, Mama sering kali “lapar mata” ketika melihat perlengkapan bayi dengan penawaran diskon yang tinggi. Oleh karena itu, Mama perlu membuat daftar perlengkapan bayi yang dibutuhkan. 

Buatlah daftar perlengkapan bayi secara rinci, mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, dan barang-barang untuk MPASI atau menyusui. Daftar belanjaan tersebut bisa membantu menahan keinginan mama untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Selain itu, menyusun daftar perlengkapan bayi juga mencegah pengeluaran menjadi lebih besar dibanding pemasukan. 

Editors' Picks

2. Menyiapkan pengeluaran sesuai kebutuhan

2. Menyiapkan pengeluaran sesuai kebutuhan
sitadance.com

Tips lainnya yang juga penting dilakukan adalah menyiapkan jumlah pengeluaran sesuai kebutuhan. Tentukan budget pengeluaran untuk perlengkapan bayi saat harbolnas secara bijak. 

Selanjutnya, tentukan jumlah barang yang dibutuhkan. Misalnya, dalam sebulan Mama membutuhkan dua botol susu, maka Mama menentukan budget pengeluaran untuk membeli dua buah botol susu. Perencanaan seperti itu bisa membantu Mama memilih perlengkapan bayi murah dan sesuai kebutuhan si Kecil. 

3. Membandingkan harga antar merchant e-commerce

3. Membandingkan harga antar merchant e-commerce
Unsplash/Baby Natur

Setelah membuat daftar belanjaan dan jumlah pengeluaran, tips selanjutnya adalah berburu diskon di berbagai merchant e-commerce. Langkah ini memang membutuhkan kejelian karena Mama harus membandingkan harga masing-masing perlengkapan bayi pada setiap merchant. 

Jangan terjebak pada harga murah yang ditawarkan e-commerce ya, Ma. Pasalnya, Mama tetap harus mengutamakan kualitas agar perlengkapan bayi yang dibeli bisa bertahan lama. Selain itu, pastikan merchant merupakan merchant terpercaya sehingga barang yang dibeli bukan barang palsu serta mencegah Mama menjadi korban penipuan. 

4. Membeli baju bayi dengan ukuran 1 nomor lebih besar

4. Membeli baju bayi ukuran 1 nomor lebih besar
Unsplash/Baby Natur

Khusus untuk pakaian bayi, Mama sebaiknya memilih pakaian bayi dengan ukuran satu nomor lebih besar karena bayi yang baru lahir cepat bertumbuh. Terkadang pakaian yang dibeli sesuai dengan ukuran badannya saat ini hanya mampu bertahan selama satu bulan. Oleh karena itu, Mama harus menyiapkan biaya lagi untuk membeli pakaian pada bulan berikutnya. Tentu saja barang murah yang dibeli berkali-kali tetap akan membuat pengeluaran membengkak. 

Perlu diingat juga bahwa setiap merk pakaian memiliki ukuran yang berbeda-beda. Jadi, jangan terlalu terpaku pada petunjuk umur yang dicantumkan pada label pakaian. Mama tetap harus jeli pada ukuran pakaian yang ditampilkan.

5. Membeli dalam jumlah besar

5. Membeli dalam jumlah besar
babycenter.com

Membeli perlengkapan bayi dalam jumlah besar tentunya lebih murah dibanding membeli dalam jumlah satuan. Perlengkapan bayi yang bisa dibeli dalam jumlah besar di antaranya kaos kaki, sarung tangan, perlengkapan bayi, dan perlengkapan menyusui atau MPASI. 

Nah itu dia tips belanja perlengkapan bayi murah saat Harbolnas. Manfaatkan Harbolnas untuk berburu perlengkapan bayi dengan harga murah ya, Ma. Namun tetap dengan memprioritaskan kebutuhan dan kondisi keuangan keluarga. 

Selamat berbelanja, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.