15 Tips Membuat Foto Keren Si Newborn Tanpa Fotografer Profesional

Sebelum menyewa fotografer profesional, Mama mau mencobanya di rumah?

3 Maret 2019

15 Tips Membuat Foto Keren Si Newborn Tanpa Fotografer Profesional
pxhere

Si Newborn ibarat new star. Kehadirannya perlu diumumkan ke keluarga besar, teman-teman, dan semua teman Mama di media sosial. Nah, perlu dong, bikin foto keren buat ditampilkan di Instagram, Facebook, Path, dan lain-lain.

Memotret bayi baru lahir, gampang-gampang susah Ma. Namun dengan mengikuti saran Popmama.com ini, Mama bisa kok punya foto keren si Kecil. Yuk dicoba!

1. Siapkan alat memotret, kamera, dan perlengkapan tambahannya

1. Siapkan alat memotret, kamera, perlengkapan tambahannya
Pexels/Markus Spiske temporausch.com

Sudah ada niat membuat foto si Newborn, lalu pakai kamera apa nih? Jangan khawatir jika Mama hanya punya kamera di smartphone. Mama bisa mengunduh filter fotografi di toko aplikasi dan memanfaatkannya untuk membuat foto keren. 

Beberapa kamera smartphone, memang kurang tajam mengabadikan detil. Jangan khawatir, akali dengan membuat momen foto bagus saja daripada detil kecil, misalnya kerutan di jemari si Bayi. 

Nah, beruntung kalau Mama punya kamera digital tipe pocket atau lebih baik lagi, kamera DSLR. Tentu saja, Mama harus memilih lensa yang sesuai untuk kamera tipe DSLR ini. Pilih mode makro jika ingin memotret detil tubuh si Bayi. 

2. Siapkan properti foto sebelum memulai sesi

2. Siapkan properti foto sebelum memulai sesi
pixabay/publicdomainpictures
Tidur manis ya, Sayang.

Setelah menyiapkan kamera, Mama harus mengyiapkan properti memotret, termasuk perlengkapan, baju, dan aksesories lain yang mendukung foto menjadi keren.

Michelle Sulcov, fotografer freelance asal New York, di situs thebump.com bilang, bantal menyusui yang bentuknya setengah melingkar bisa menjadi properti bagus untuk foto si Newborn.

Bantal ini bisa menjadi penyangga untuk bayi agar posenya keren. Tutup bantal menyusui dengan kain polos atau bermotif lembut, kemudian tidurkan si Bayi di atasnya. Gunakan lekukan bantal sebagai peyangga leher bayi.

Klik! Snap! Foto keren pun hadir.

3. Pilih aksesoris lucu sebagai pemanis si Bayi

3. Pilih aksesoris lucu sebagai pemanis si Bayi
Pxhere
Bandonya gemas!

Beberapa orang akan kesulitan membedakan bayi laki-laki dan perempuan karena saat baru lahir mereka memang sulit dibedakan. Jadi, gunakan aksesoris lucu untuk menandakan jenis kelamin mereka.

Jangan pakai benda besar yang“menutupi” si Bayi, pilih saja benda kecil lucu, misalnya memakaikan bando untuk bayi perempuan atau hadirkan mobil-mobilan kecil untuk bayi laki-laki Mama.

4. Siapkan si Bayi untuk sesi foto ini

4. Siapkan si Bayi sesi foto ini
pixabay/cheryholt
Mama, foto aku dong!

Siapkan si Bayi sesuai konsep foto yang ingin dibuat. Mungkin, foto akan mengambil beberapa waktu sehingga ada baiknya, urusan si Bayi sudah selesai sebelum sesi dimulai. Misalnya, pastikan bayi sudah cukup kenyang, tidak mengantuk, atau tidak sakit.

Ada beberapa trik untuk mempersiapkan bayi, misalnya untuk foto bayi telanjang yang sungguh menggemaskan. Untuk bikin foto macam ini, Mama harus menyiapkan dulu semua perlengkapan, baru buka baju dan popok bayi. Mama bakal punya waktu hanya beberapa saat untuk mendapatkan foto bayi tanpa popok.

Hurry up, baby!

5. Ciptakan mood foto yang tenang dan nyaman

5. Ciptakan mood foto tenang nyaman
Pxhere
Kamar yang hangat untuk Si Bayi.

Agar si Bayi tenang saat pemotretan, Mama harus menciptakan suasana yang nyaman.

Udara di lokasi foto harus cukup hangat dan ini adalah tips paling jitu: gunakan musik lembut atau suara konstan mesin pendingin udara untuk menenangkan bayi. 

6. Pilih pencahayaan yang tepat, manfaatkan cahaya alami

6. Pilih pencahayaan tepat, manfaatkan cahaya alami
Pixabay/pexel
Buka dulu jendelanya.

Jika tidak punya kamera atau handphone keren untuk foto, pilih lokasi foto dengan pencahayaan alami.

Lakukan pemotretan di pagi hari, setelah bayi disusui dan mandi sehingga ia tenang. Lagipula cahaya matahari pagi yang lembut adalah pencahayaan paling baik untuk menghasilkan foto keren.

Editors' Picks

7. Manfaatkan waktu tidur

7. Manfaatkan waktu tidur
maxpixel.freegreatpicture.com
Jam berapa sekarang?

Foto bayi yang sedang tidur tentu sangat menggemaskan. Manfaatkan waktu itu untuk membuat foto keren.

Kenyangkan dahulu perut si Bayi dan ketika ia terlelap, tidurkan di setting foto. Dan siap-siaplah untuk klik the shutter.

8. Coba cari referensi pose keren

8. Coba cari referensi pose keren
maxpixel.freegreatpicture.com
Keren banget bisa begini.

Kalau Mama pernah melihat foto-foto newborn di Pinterest, keren kan?

Nah, Mama bisa juga bikin kayak begitu, tapi… ini mungkin rahasia yang harus Mama ketahui: foto-foto yang terpampang dan dibuat oleh fotografer profesional kebanyakan sudah melalui proses edit. Tapi, layak kok Mama mencoba.

Kalau hari ini gagal, besok coba lagi deh.

9. Minta bantuan Papa atau teman untuk bikin foto Mama dan bayi

9. Minta bantuan Papa atau teman bikin foto Mama bayi
Pixabay/Miapowter
Pah, bantuin dong.

Nah, ajak suami atau teman Mama jadi fotografer. Pakai baju berwarna netral dan gendong Si Kecil di pelukan atau lengan Mama.

Oh… pose keren adalah milik Mama!

10. Tentukan posisi kamera, vertikal atau horizontal?

10. Tentukan posisi kamera, vertikal atau horizontal
maxpixel.freegreatpicture.com
Posisinya bagaimana, nih?

Posisi foto boleh apa saja asalkan Mama menyediakan ruang untuk menuliskan teks dan memungkinkan foto untuk di-crop.

Yang perlu juga Mama perhitungkan adalah dimana rencananya foto-foto akan diposting atau dipajang. Setiap media sosial punya ukuran foto berbeda, pastikan nanti foto si Kecil tampil pas dan bagus. 

11. Ambil foto sebanyak-banyaknya

11. Ambil foto sebanyak-banyaknya
static.pexels.com
Sudah berapa klik ya?

Atur mode pengambilan foto di HP atau kamera ke continuous shoots.

Pastikan memori kamera atau HP cukup untuk ratusan foto Si Kecil. Popmama.com yakin kok, dari ratusan foto yang Mama jepret, pasti ada beberapa foto yang bagus.

12. Manfaatkan filter kamera

12. Manfaatkan filter kamera
Flickr/ Sergio Santos

Lumayan menyenangkan memakai aplikasi filter atau edit foto di smartphone. Aplikasi VSCO salah satu yang bisa Mama coba untuk membuat foto keren si Bayi. Masih banyak aplikasi seru lainnya yang bisa dicoba. Yuk disiapkan dulu. 

Nah, berbeda jika Mama memakai kamera DSLR. Filter harus disiapkan dan ditambahkan ke kamera. Jika ingin eksperimen, Mama bisa menyiapkan kain tule, lampu lilin, gabus papan untuk memberi efek-efek pencahayaan dan ilusi optik yang unik. 

13. Ya! Sewa fotografer profesional deh!

13. Ya Sewa fotografer profesional deh
Pixnio
Akhirnya hire dia deh.

Nah, ini langkah pamungkas untuk punya foto keren. Sewa fotografer profesional khusus foto newborn. Sebelum menyewa, teliti dulu hasil kerja mereka dan  rekomendasi dari pelanggannya.

Sampaikan juga foto impian Mama dan biarkan mereka mewujudkannya.