Terbukti! Mengajak Bayi Keluar Rumah Akan Membuatnya Lebih Cerdas

Ketahui 6 manfaatnya ketika mengajak bayi keluar rumah!

24 Januari 2019

Terbukti Mengajak Bayi Keluar Rumah Akan Membuat Lebih Cerdas
Freepik/Prostooleh

Bolehkah mengajak bayi bepergian? 

Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan oleh banyak orangtua, khususnya orangtua baru. Beberapa dari mereka mengaku khawatir membawa bayinya pergi ke luar rumah.

Selain rewel, virus dan bakteri di luar sana juga dapat mengancam kesehatan anak. Meskipun begitu, namun sebenarnya tak ada aturan tertulis atau tinjauan secara medis untuk itu.

Jadi, boleh-boleh saja kok sesekali mengajak bayi berjalan-jalan, terutama bayi-bayi yang sudah agak besar yakni 6 bulan ke atas. 

Lagi pula, banyak manfaat yang bisa dipetik dengan mengajaknya keluar rumah. Bahkan menurut laman Parenthood and Passports, mengajak bayi bepergian dipercaya dapat membuatnya menjadi lebih cerdas.

Mengapa bisa demikian?

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa manfaatnya untuk anak!

1. Meningkatkan indera penglihatan

1. Meningkatkan indera penglihatan
Pixabay/neildodhia

Saat diajak keluar rumah, anak pasti akan melihat begitu banyak hal, mulai dari pepohonan, jalan, hingga hewan-hewan.

Hal tersebut diketahui dapat mengasah indera penglihatannya. Jika biasanya di rumah ia hanya melihat benda yang itu-itu saja, maka di luar rumah ia akan menemukan hal-hal baru yang lebih menarik dan dapat mengasah indera penglihatannya

2. Mendapatkan asupan vitamin D

2. Mendapatkan asupan vitamin D
pregnancyandbaby.com

Menurut Yael Wapinski, MD, dokter spesialis anak di Manhattan’s Upper East Side, berjalan-jalan dengan bayi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Berjalan-jalan khususnya pada pagi hari akan membuat bayi mendapat vitamin D tambahan dari sinar matahari. Vitamin ini dapat membantu pertumbuhan tulang bayi.

Selain menunjang pertumbuhan tulang, vitamin D juga membantu menjaga sistem pertahanan tubuh, kesehatan jantung, otak, dan organ-organ lain dalam tubuh.

Tak heran jika bayi yang sering diajak ke luar rumah memiliki otak yang lebih cerdas.

3. Terapi dan relaksasi

3. Terapi relaksasi
Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Jalan-jalan juga bermanfaat sebagai terapi. Bayi tertentu mungkin mengalami kecemasan saat berada di luar rumah. Terkadang bayi menjadi rewel.

Nah, dengan membiasakannya untuk berjalan-jalan, bayi akan belajar beradaptasi dengan dunia luar dan mengurangi ketakutannya.

Bertemu dengan banyak hal di luar sana juga dapat menjadi salah satu terapinya dalam menghadapi rasa takut. Dengan begitu, bayi juga jadi lebih percaya terhadap lingkungannya. 

Editors' Picks

4. Belajar berkomunikasi dan berinteraksi

4. Belajar berkomunikasi berinteraksi
Freepik/Freepic.diller

Saat berada di luar ruangan, ia akan bertemu denga begitu banyak orang.

Dengan begitu, bayi akan merasakan pengalaman pertama berinteraksi dengan alam sekitar serta belajar bersosialisasi atau bertemu dengan orang-orang baru yang belum ia jumpai sebelumnya.

Melalui hal tersebut, bayi juga akan belajar mengenai ekspresi wajah seseorang.

5. Beradaptasi dengan lingkungan

5. Beradaptasi lingkungan
Freepik/senivpetro

Saat berada di luar ruangan, ia tak hanya dapat beradaptasi dengan orang sekitar, namun ia juga akan beradaptasi dengan lingkungannya.

Indera perasanya akan di asah saat ia berada di luar ruangan. Di sana, bayi akan belajar beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitarnya, yang meliputi temperatur, udara, serta kelembapan udara di luar rumah.

6. Bonding antara orangtua dan bayi

6. Bonding antara orangtua bayi
livescience.com

Selain mengasah inderanya, mengajak bayi keluar rumah juga bermanfaat untuk menguatkan hubungan antara Mama dan anak.

Saat berjalan-jalan Mama bisa mengobrol dan melakukan banyak komunikasi sehingga terjalin hubungan yang semakin erat.

Jadi, tak ada alasan lagi jika Mama tidak ada waktu untuk melakukan bonding bersama anak. Hanya dengan mengajaknya keluar rumah dan berkeliling komplek saja sudah bisa dikatakan bonding lho.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan anak dapatkan ketika diajak pergi keluar rumah. Dari semua manfaat di atas, nantinya hal tersebut akan berdampak pada kecerdasannya di masa mendatang.

Tak hanya kecerdasan otak (IQ), namun juga kecerdasaan emosional (EQ). Maka dari itu, mulai sekarang, yuk ajak si Kecil berjalan-jalan keluar rumah!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;