Tak Perlu Takut Keramas Bayi Baru Lahir. Ini Tipsnya, Ma!

Bayi baru lahir masih begitu lemah, tapi ia perlu keramas, lho!

21 Januari 2019

Tak Perlu Takut Keramas Bayi Baru Lahir. Ini Tipsnya, Ma
Freepik/chainfoto24

Untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut bayi yang sehat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala.

Banyak sampo khusus untuk bayi yang lembut dan tidak mengiritasi kulit kepala sehingga Mama dapat membersihkan rambut bayi tanpa rasa khawatir.

Berikut ini adalah panduan praktis untuk mencuci rambut bayi tanpa rasa takut, seberapa sering, dan produk apa yang digunakan untuk membersihkan rambut bayi dengan benar.

1. Tidak perlu setiap hari

1. Tidak perlu setiap hari
pixabay.com/wsucht

Tidak perlu mencuci rambut bayi setiap hari, kecuali jika bayi sering berkeringat di sekitar kepalanya, yang umum terjadi pada bayi baru lahir.

Jika Mama memutuskan untuk tidak membersihkan rambutnya setiap hari dengan sampo, Mama bisa menggunakan handuk kecil basah untuk membersihkan kepalanya.

2. Cara membersihkan rambut bayi

2. Cara membersihkan rambut bayi
Freepik

Jika Mama menggunakan bak mandi bayi, Mama bisa membasahi rambut bayi. Kemudian dengan lembut membilasnya dengan air sedikit demi sedikit.

Jika tidak menggunakan bak mandi bayi, gendong bayi dengan nyaman di lekukan siku atau telapak tangan dan dengan lembut arahkan badannya ke air sehingga kepalanya bersentuhan dengan air di bak mandi.

Teteskan sampo di kepalanya dan pijat dengan lembut ke kepalanya. Bilas sampo dengan benar menggunakan gayung atau dengan menyandarkan kepalanya ke belakang ke dalam air lagi.

Untuk mengeringkan rambutnya, cukup tekan dengan lembut kepalanya dengan handuk lembut. Jika bayi memiliki rambut, Mama bisa menggunakan sikat berbulu lembut yang dirancang khusus untuk bayi untuk menyikat rambutnya.

Editors' Picks

3. Pilih sampo yang tepat

3. Pilih sampo tepat
pixabay/Gadini

Saat memilih sampo bayi, penting untuk memilih sampo yang lembut dan dirancang khusus untuk perawatan kulit dan rambut bayi yang baru lahir. Pilih sampo dengan pH netral (5,5), yang sangat cocok untuk bayi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Sampo Bayi

4. Atasi cradle cap atau kerak di kulit kepala

4. Atasi cradle cap atau kerak kulit kepala
youtube.com/HealthTube

Cradle cap pada bayi mirip kerak yang besar, berminyak, dan berwarna kuning atau kecokelatan yang menempel di kulit kepala. Seiring waktu berjalan, kerak akan rontok sedikit demi sedikit dan meninggalkan bekas kemerahan. Terkadang, rambut ikut rontok bersama serpihan kerak tersebut.  

Ini disebabkan oleh kelenjar sebaceous bayi yang distimulasi oleh hormon ibu selama kehamilan, sehingga mengakibatkan terlalu banyak sebum di kepala. Cradle cap mungkin tidak enak dipandang mata tapi ini tidak membahayakan bagi bayi.

Ketika mandi, bersihkan kulit kepala dengan shampo khusus bayi dalam gerakan memijat berputar secara lembut selama dua sampai tiga menit sebelum dibilas dengan air bersih. Sisa kulit yang menempel di rambut dapat disisir secara perlahan. Kerak dari cradle cap akan berangsur-angsur menghilang seiring dengan waktu.

Mama juga bisa menggunakan baby oil untuk memijat kepala bayi dengan lembut sehingga keraknya melunak dan lepas.

Dr. Fenny D'Silva dari IDAI memaparkan bahwa rambut yang sehat tidak terlepas dari pemenuhan nutrisi lengkap seimbang. Ketika bayi mulai diberi makanan pendamping ASI penting untuk memperhatikan kecukupan makro dan mikronutrien. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan perawatan kulit kepala yang baik, bayi dapat memiliki rambut yang sehat pula.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;